Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Gile Bener, Ilmuwan Dari Cina Berhasil Buat Tikus Jantan Melahirkan Anak
Foto ilustrasi tikus jantan melahirkan | bobo.grid.id


Para ilmuwan dari Naval Medical University (NMU) di Shanghai, Cina dikabarkan berhasil melakukan eksperimen menakjubkan, di mana seekor tikus jantan bisa hamil dan melahirkan anak layaknya tikus betina. Namun, untuk mengeluarkan anak tikus harus menggunakan metode operasi caesar.

Selama masa percobaan, para ilmuwan NMU mengoperasi tikus jantan dan betina menjadi satu tubuh, dimana diantaranya menyatukan sistem peredaran darah mereka. Sebelum itu, tikus jantan ditransplantasikan rahim dari tikus betina lain, dan kemudian tikus jantan dan betina yang melekat tersebut ditanamkan sebuah embrio tikus.

Ilmuwan Cina beramsusi bahwa darah wanita hamil yang disatukan pada pria, akan dapat membantu pria untuk melahirkan keturunan. Dan hasilnya, asumsi tersebut terbukti dengan ditemukan sebuah embrio yang berkembang secara normal pada parabion jantan. Hal tersebut terjadi saat setelah darah parabion betina hamil disatukan ke darah tikus jantan.

Foto penyatuan tubuh tikus jantan dan betina | biorxiv.org


Para ilmuwan megatakan untuk melakukan operasi caesar harus dilakukan pada hari ke-21 saat perkembangan embrio. Tingkat keberhasilan metode ini adalah 3,68%. Hasil penelitian ini menunjukkan potensi perkembangan embrio tikus pada parabion jantan bisa berhasil.

Secara keseluruhan eksperimen, selama masa percobaan ilmiah ini, para ilmuwan mengatakan jika mereka menanamkan 842 embrio diantaranya adalah 562 embrio untuk ditanam pada parabion betina, dan sebanyak 280 embrio ditanam untuk tikus jantan.





gambar sketsa pengoperasian dan transpalasi janin tikus betina ke tikus jantan | biorxiv.org


Pemasangan embrio ini hanya kepada tikus eksperimen saja, dimana tikus tersebut sudah dioperasi untuk proses penyatuan tubuh sebelumnya. Pasangan tikus yang disatukan kemudian ditanam embrio tersebut dapat hidup normal, Dari 280 embrio yang ditanamkan pada laki-laki parabion, hanya 10 embrio yang dapat berkembang secara normal pada kesehatannya.

Sebuah pencapaian luar biasa bagi para ilmuwan NMU, namun para ilmuwan masih mengembangkan metode ini hingga mencapai finalnya.

Kalau menurut Agan dan Sista sekalian, apakah metode ini dapat diterapkan pada manusia? Atau justru menjadi bumerang bagi dampak kehidupan, dimana para lelaki bisa hamil.




Referensi: biorxiv.org - A rat model of pregnancy in the male parabiont
Diubah oleh Sambelterasi052 21-07-2021 06:02
m4ntanqvalifrian.anton2019827
anton2019827 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.3K
141
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.