deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
DIBACA DULU YUK, SUPAYA GAK KETIPU PAS ISI BENSIN

Agan-agan yang sering berkendara pasti udah akrab dengan rutinitas ngisi bensin, yaa walaupun kadang malas tapi mau gimana lagi, kendaraan agan pasti gamau jalan tuh kalo belum diisi bensinnya. Tapi tau ga sih, ternyata ada loh trik-trik unik dalam mengisi bensin yang masih belum tau ini bener atau hoax. Misalnya, ada anggapan kalau kita melihat ada truk tangki BBM disuatu pom bensin itu berarti truk tersebut bisa jadi baru saja melakukan pengisian tangki timbun disana. Katanya sih, sesaat setelah tangki diisi endapan dari kotoran tangi truk akan naik sehingga bensin yang masuk ke kendaraan jadi kotor. Tapi, wakil presiden komunikasi Pertamina yaitu Adiatma Sadrjito telah memastikan bahwasanya hal seperti itu tidak benardan menjamin tidak akan ada kotoran karena tangki penyimpanan pun dalam keadaan bersih.


Lalu, saat isi bensin mungkin pernah ngeliat orang-orang yang goyang-goyangin kendaraannya yang katanya biar aliran bensin lancar dan dapat menutup semua celah dalam tangka. Hm, aneh sih karena kan bensin adalah benda cair yang menurut hukum fisika akan mengisi penuh wadahnya. Ada juga nih trik yang bilang kalau lebih baik isi bensin saat malam atau pagi hari karena katanya bisa dapat lebih banyak. Ahli Konversi dari ITB yaitu Bapak Tri Yuswidjajanto menjelaskan memang cairan akan menyusut dan lebih padat disuhu udara yang rendah sehingga memang pada malam hari kita bisa mendapat bensin sedikit lebih banyaktapi sih itu tidak terlalu pengaruh karena misal kita ambil saja sampel di Jakarta yang pada siang hari suhu nya bisa mencapai 33 derajat sedangkan malam hari 29 derajat yang artinya penurunan suhu nya tidak terlalu drastis.

Disetiap SPBU pasti akan ditemukan berbagai macam bahan bakar, biasanya berdasarkannilai oktan yang terkandung didalamnya. Misalnya di SPBU Pertamina ada Pertalite yang nilai oktannya 90, Pertamax dengan oktan 92 dan Pertamax Turbo yang beroktan 98. Nah, banyak nih yang beranggapan kalau semakin tinggi oktannya akan membuat performa kendaraannya semakin baik, padahal gak gitu.. nilai oktan bahan bakar kendaraan harus disesuaikan dengan Compression ratio dari kendaraan tersebut, misal bahan bakar Pertalite cocok untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai 10:1, sementara jenis Pertamax untuk kendaraan denga kompresi 10:1 sampai 11:1, nah kalau Pertamax Turbo untuk kendaraan dengan kompresi mesin 11:1 sampai 13:1. So, mending cari info berapa rasio kompresi kendaraan agar bisa menggunakan bahan bakar yang pas.

Sumber Referensi:


https://www.liputan6.com/otomotif/read/4037675/isi-bensin-malam-hari-dapat-takaran-lebih-banyak-mitos-atau-fakta

https://www.merdeka.com/uang/begini-cara-agar-tak-tertipu-saat-mengisi-bahan-bakar-di-spbu.html

https://otomotif.bisnis.com/read/20180803/428/823896/fact-or-fake-pertalite-membuat-mesin-lebih-cepat-rusak-ketimbang-premium

danielpurnama
mollyeva
davecchio
davecchio dan 31 lainnya memberi reputasi
32
12.6K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.