anggorofffAvatar border
TS
anggorofff
Ulang Tahun: Sebuah Refleksi Kehidupan
source: pexels.com

Hai Useless People, sama seperti thread sebelumnya. Saya akan kembali berceloteh tentang ulang tahun. Sebenarnya saya ingin berceloteh tentang ini dari tahun lalu. Tapi karena sibuk, moncat-mancit, ngalor-ngidul, ngetan-ngulon, mrono-mrene, gedebak-gedebuk mencari uang, akhirnya saya urungkan.

Eh, ternyata tahun di depannya saya masih diberi kesempatan hidup oleh Gusti Allah. Jadilah saya terpicu buat menulis tentang ini lagi.

FYI. Saya lahir di bulan Juni. Jadi masih dalam suasana ulang tahun, bagi saya. Benar, saya seorang Gemini. Sama dengan mayoritas presiden negeri ini. Jadi, kalo kalian menghina Gemini, kalian sama aja menghina presiden, bisa kena UU ITE. Hati-hati~

Cukup ancamannya. Gas~

Ulang tahun. Momen ‘bertambahnya’ usia. Hal yang bagi banyak orang adalah momen menggembirakan. Biasanya bakal ada  pesta, syukuran dan semacamnya. Pas ulang tahun, mendadak banyak orang yang mendaku diri sebagai teman. Tujuannya tidak lain adalah minta traktir.

Di hari itu, biasanya ada drama template yang udah ada sejak Alexander Agung masih main gundu bareng Diogenes.

Skenarionya gini. Segerombol orang akan merencanakan surprise. Bisa dengan diam-diam memberi kue, menceplokan telur dan tepung, atau menggotong dan menceburkan ke kolam. Di lain pihak, orang yang ulang tahun akan pura-pura kaget. Kenapa pura-pura? Karena sebenarnya sejak malam dia susah tidur. Menerka-nerka akan ada kejutan apa yang diberikan oleh temannya di esok hari. Drama berlanjut dengan bersuka ria. Lalu diakhiri dengan memposting beberapa scene dari drama tersebut di sosial media masing-masing. Fake society~

Merayakan ulang tahun bagi saya tak lebih dari sekadar ritual transaksional belaka. Contoh sederhananya ucapan ulang tahun. Pas kita ngucapin ulang tahun ke seseorang, pasti kita juga berharap dia juga ngucapin saat kita ulang tahun. Berlaku juga buat traktiran, surprise, kado dan sebagainya.

Soal traktir, kalo pas ada uang ya monggo. Kalo gak ada ya gak perlu dipaksakan. Toh, soal traktir mentraktir gak perlu nunggu ulang tahun. Kalo ada niat, uang, dan orangnya gak pelit, ya tinggal traktir aja. Kalo dasarnya pelit mau ulang tahun dan ada duit ya gak bakal ada namanya traktir.

Ulang tahun seyogyanya disikapi biasa aja, sederhana aja. Coba buat merefleksikan diri aja. Apa sudah lebih baik dari tahun lalu? Apa kesalahan baru yang sudah dicoba? Apa yang sudah diperbaiki setahun terakhir? Apa nama latin padi?

Pesta ulang tahun adalah perayaan atas berkurangnya jatah hidup kita. Suatu yang benar jika kita sudah punya bekal cukup menuju kehidupan selanjutnya. Karena sejatinya, ulang tahun itu hanyalah checkpoint kita menuju kehidupan selanjutnya~


KEEP READ AND SOUND


Diubah oleh anggorofff 19-06-2021 13:56
indramamoth
archangela13
anton2019827
anton2019827 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.2K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.