News
Batal
KATEGORI
link has been copied
678
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cf171429d1561c4a75c9e1/gimana-sih-cara-ngatur-pengeluaran-yang-benar-tapi-simpel-yuk-simak-penjelasan-ane
Ketemu lagi dengan ane AmdarGanteng, selamat datang di thread sederhana ini. Di tengah wabah corona seperti sekarang, mungkin ada sebagian dari GanSist yang terpaksa kehilangan sebagian penghasilannya. Di sisi lain banyak harga barang mulai naik, mulai dari multivitamin, masker, harga bahan pokok pun juga sudah mulai naik.
Lapor Hansip
20-06-2021 17:23

Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane

Past Hot Thread
#AmdarGanteng

Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Halo agan dan sista,
Ketemu lagi dengan ane AmdarGanteng, selamat datang di thread sederhana ini. Di tengah wabah corona seperti sekarang, mungkin ada sebagian dari GanSist yang terpaksa kehilangan sebagian penghasilannya. Di sisi lain banyak harga barang mulai naik, mulai dari multivitamin, masker, harga bahan pokok pun juga sudah mulai naik.

Mungkin GanSist ada yang bingung gitu, bagaimana yaa cara mengatur keuangan saat kondisi ekonomi lagi tertekan kayak sekarang. Apakah harus mengurangi jatah makan? Atau harus ngutang aja biar kebutuhan hidup terpenuhi.

Nah pada thread kali ini, ane akan membahas nih bagaimana sih caranya kita mengatur keuangan ditengah tekanan ekonomi sekarang, khususnya dari segi pengeluaran. Makanya pentengin thread ini sampai habis yaa.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
urbanasia.com

"Mengatur Pengeluaran Tidak Sama dengan Berhemat"
Lah kok bisa gitu, bukannya sama aja?
Ane bakal jelasin pelan-pelan yaa.

MENGATUR PENGELUARAN adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Tapi, banyak orang berpikir bahwa mengatur pengeluaran itu sama dengan berhemat. Padahal tidak sesimpel itu loh, mengatur pengeluaran berarti merapikan kembali PRIORITAS belanja berdasarkan seberapa PENTING dan seberapa MENDESAK.

PENTING TUH APA SIH?
Sesuatu yang PENTING artinya sesuatu yang harus ada dan akan berdampak negatif apabila tidak terpenuhi.

TERUS, KALAU MENDESAK APAAN?
Sesuatu yang MENDESAK adalah sesuatu yang harus segera dipenuhi dan memiliki konsekuensi apabila tidak terpenuhi dalam waktu dekat.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
galihwicaksono.com

Namun perlu ane tekankan bahwa kebutuhan yang PENTING atau MENDESAK tidak sama setiap orang. Karena setiap orang punya kondisi dan latar belakang yang berbeda-beda. Misalnya, seorang pelajar tentu punya kebutuhan yang beda dengan karyawan, seorang karyawan yang belum punya keluarga tentu punya kebutuhan berbeda juga dengan kepala rumah tangga yang punya tanggungan, dll.

Dua aspek tersebut dapat digambarkan dalam diagram, ane bakal gambarin yaa. Langsung cek aja di bawah.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
pict pribadi

Di atas kalian akan melihat ada 4 jenis kebutuhan berdasarkan tingkat KEPENTINGAN & URGENCY-nya. Ane bakal jelasin satu-satu di bawah:

1. Penting dan Mendesak
Ini adalah kebutuhan yang harus dipenuhi dan sifatnya mendesak. Contohnya, makanan, air minum, obat-obatan, listrik, dll. Tapi, kebutuhan setiap orang tidak selalu sama. Misalnya untuk para driver ojol, bensin dan pulsa itu menjadi kebutuhan yang penting dan mendesak. Karena berkaitan dengan pendapatan mereka.

Ingat! Kebutuhan setiap orang tuh tidak selalu sama, apa yang penting dan mendesak buat GanSist belum tentu penting dan mendesak buat orang lain.

2. Penting Tapi Tidak Mendesak
Artinya, GanSist tuh butuh sama hal tersebut. Tapi itu bukan hal mendesak yang harus dipenuhi dalam waktu dekat. Contohnya pakaian, kita kan sudah pasti butuh pakaian nih, tapi kita tidak harus buru-buru membeli pakaian baru sekarang juga.

3. Tidak Penting Tapi Mendesak
GanSist pasti bertanya bahwa emang ada yaa kebutuhan yang penting tapi mendesak. Jawabannya ADA! Contohnya itu barang-barang diskon.

Ane ngasih contoh yang lebih spesifik yaa. Misalnya nih, GanSist tuh sebenarnya tidak butuh smartphone baru, karena yang lama masih bisa digunakan. Tapi ada smartphone keluaran baru yang lagi diskon, dan diskonnya ini akan berakhir 24 jam lagi. Produk ini sebenarnya tidak penting buat GanSist, tapi penawarannya akan berakhir dalam waktu dekat. Simpelnya sih, kalau GanSist pengen dapatkan produk tersebut, yaa harus cepat-cepat beli.

Nah ini sering banget menjebak semua orang, dan pasti kalian pernah melihat FlashSale di berbagai marketplace yang menawarkan hal demikian. Buru-buru beli dan pada akhirnya tidak digunakan juga, ini yang bahayanya.

4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak
Simpelnya, ini tuh sesuatu yang kalaupun tidak ada, yaa tidak akan berdampak apa-apa. Kalau buat ane nih misalnya Kopi Premium, nah kopi ini tuh tidak penting dan tidak mendesak buat ane. Atau pakaian bermerek dan mahal, itu juga tidak penting dan tidak mendesak buat ane.

Tapi ingat, hal yang tidak penting dan tidak mendesak itu prefensi masing-masing orang yaa.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
banksinarmas.com

Nah dengan mengklafikasikan kebutuhan seperti itu, GanSist bisa tahu sebenarnya apa yang harus dieliminasi atau dihemat.

Pertama, eliminasi yang tidak penting dan tidak mendesak.
Lah, bagaimana kalau sudah ketagihan Kopi Premium? Yaa kurangilah ketergantungannya. Ingat yaa, GanSist kan pengen mengatur pengeluaran berarti harus mengendalikan diri juga.

Masih pengen berhemat?
Kedua, eliminasi yang tidak penting tapi mendesak.

Jangan kegatelan melihat diskon besar-besaran di marketplace. Ingat, barangnya tuh tidak penting dan belum tentu GanSist gunakan juga. Kadang diskon-diskon ini metode marketing-nya menguntungkan pihak perusahaan aja. Padahal tanpa sadar GanSist tuh jadi komsumtif dan boros untuk hal-hal yang tidak esensial buat hidup GanSist.

Pengen dihemat lagi?
Ketiga, eliminasi yang penting tapi tidak mendesak.

Jika keuangan GanSist terbatas, hal yang penting dan belum mendesak alangkah baiknya dikesampingkan dulu. Toh di masa depan, kita juga masih bisa beli kan.

Dan pada akhirnya hanya tersisa HAL PENTING & HAL MENDESAK, ini adalah hal yang perlu GanSist upayakan untuk dipenuhin. Jika keuangan terbatas, fokuslah pada hal-hal yang ada dikategori ini. Seperti beras, air minum, listrik, dan kebutuhan penting serta mendesak lainnya.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
finansialmu.com

Nah sekarang coba deh GanSist buat peta kebutuhan seperti diagram di atas. Karena bisa jadi nih selama ini uang GanSist terkuras untuk hal yang tidak penting dan tidak mendesak.


Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
uprint.id

Semoga tips ane bermanfaat yaa. Kalau ada yang pengen ditanyakan seputar thread ini, langsung komentar aja di bawah. Pasti ane jawab kok.
Thanks and see you next thread GanSist.


Diubah oleh amdar07
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 21:29
Tahan napsu belanja aja gan, apalagi sama olshop2 yang lagi menjamur macam sh*pe*, laz**a dkk emoticon-Malu
emoticon-Cool
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 21:47
Yang jelas harus bisa memisahkan mana yang Kbutuhan primer dan bukan. Jadi secara otomatis keuangan kita akaan terkontrol.
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan fira262 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 21:52
Pandemi kaya gini mustinya bisa membuka mata banyak orang ya
Betapa pentingnya ngatur pengeluaran dan nyimpen buat tabungan atau investasi
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan fira262 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 22:14
Wkwkwk klo saya duit ada tpi habis mulu sama game emoticon-Leh Uga

Gitu terus, sampe sebulan ada tempu 10 juta emoticon-Leh Uga

Tpi yg penting happy aja emoticon-Leh Uga

Diubah oleh GhostFreak666
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan fira262 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 22:20
Duh gue dulu orgy hemat gk doyan jajan. Pas nikah laki gue suka ngomel klau gue makan ngirit2 klau mau beli aja tnggal gofood. Klau mau makan tnggal beli gk usah dithan2.

Yah skg gue jdi doyan jajan dah. Bodo duit laki gue ni gue hbisin emoticon-Ngakak

Laki gue jg sama bgitu. Pdhal gue dlu jaman gadis krja smbil kuliah mau makan kfc mikir 10x anjirrrr anjirrr
Tiap hri gue makn jatah 20rbu.
Pagi nasi uduk siang warteg malem warteg.
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan fira262 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 22:54
Kalo ane yang paling penting adalah langsung nabung pas dapet duit. Jadi pas ada uang langsung disisihin buat tabungan. Sisanya mengatur pos pengeluaran sesuai kebutuhan bulan itu aja.
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 23:00
nice info, bermanpaat buat yang mau belajar manage uang termasuk ane emoticon-Shakehand2
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 23:05
Makan 3 kali : Rp.15.000,- - Rp.20.000,- x 3
Sampoerna 16 : Rp.25.000,-
Orange Water C1000 : Rp.9.000,-
Tolak Angin : Rp.3.500,-

Hari-hari...
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 23:41
Analisa yg bagus gan, ane jd ingat pesan atasan soal ini.
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
22-06-2021 23:44
Buat kasih Orang Tua masuk kategori mana nih gan contohnya
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 00:23
Wihhh cocok nih bosss, pengeluaran memang harus ada klasifikasinya wkwkwk biar g boros
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 00:53
Semoga saya akan lebih baik dalam memanage keuangan saya
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 02:22
Sedikit cerita, bknnya sombong..
Ane ampir 4 th kerja di bidang fmcg, dari awal ampe skrg lempeng2 aj..
Gajian ambil duit buat idup, gitu terus meski tiap taon ada knaikan gaji, kebutuhan sm aj kek awal2 kerja..
Ampe temen/bos geli liat ane, dikatain kerja buat apa, gaji segitu kok tampilannya tetep aj..
Ampir 4 taun slama pulang kampung pke jaket item, jeans bolong di dengkul, spatu ket, motor supri (irit bgt ini sumpah)...
Dan lama2 ane kepikiran...
"Gw ga punya tujuan idup..."
Apa ni yg dinamain depresi? Serius nanya nihhh
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 03:27
Kalo prinsip saya,no pamer.misal kita pengen sesuatu yg bersifat tersier,kita harus bisa nyumbang 10% dari harga barang tersebut,misal beli mobil pribadi harganya 200jt,harus berani nyumbang 20juta,saya yakin nanti jadi mudhorot kalo nggak begitu.kalo pengen sesuatu bersifat sekunder harus berprestasi dulu atau harus sakit dulu.misal harus rajin puasa dulu,ngatamin alquran dulu atau naik pangkat dulu.atau kalau nggak yah nunggu sakit dulu
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 04:43
Makasih gan infonya
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 06:40
Ane tuh gini gan. Kadang melihat harga baju 75 ribu. Kemudian ane melihat harga baterai tanam smartphone 75 ribu juga.
Ane melihat celana harga 100 ribu x 2 = 200 ribu. Ane juga melihat Ram Laptop 200 ribu.

Akhirnya ane pikir2 lagi. Soalnya dalam harga yg sama, terdapat 2 hal yg berbeda. Sesuai apa yg kiya butuhkan skrg. Kecuali kalo ente emang punya banyak uang nih ya.

Misalnya lagi, ada smartphone baru harganya 2 jt. Ane melihat juga laptop bekas harga 2 jt. Nah disitu ane berpikir, dengan uang 2 jt, ane harus pilih apakah mau beli smartphone atau laptop. Maka dari itu perlu dipertimvangkan lagi kalo dompet lagi tipis, gajian masih 2 minggu lagi.

Urutannya tuh gini,
Sandang, pangan, papan.

Kalo baju udah lusuh, udah 2 thn ngga beli baju, ya belilah. Karena org terlihat berwibawa dari pakaiannya. Walaupun kita miskin tapi vaju kita rapih ya ngga akan dianggap temeh sama orang lain.

Nanti kalo kebutuan primer udah dibeli, tinggal kebutuhan sekundernya.

Kalo bahasa inggtisnya tuh Primary, Secondary.
Primer, sekunder.

Menurut agan gimana nih, mending beli baju baru atau beli hp?.

Dan... Menabunglah di awal bulan. Jadi ketika ente baru dpt gajian, langsung tabung. Misalnya ente ada rekening kedua, nah pisahlah itu uang untuk ditabung.

Jangan malah nabungnya nanti aja kalo ada sisa uang. Hadeh..

Namanya nasib ngga tau gan. Gimana kalo tiba2 kita diajak party sama temen, tapi uang gajian udah habis?

Maka dari situlah fungsi tabungan. Buat keperlua2 mendesak
Diubah oleh arvinnoer
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 07:24
Setelah corona, makin banyak nabungnya karena kegiatan ga jelas jadi berkurang bahkan ga ada
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 12:23
jangan dikeluarkan duitnya gan, biar aman
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 16:52
hampir sama yang ane skarang lakuin sihh
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 51 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 51 balasan
Gimana Sih Cara Ngatur Pengeluaran yang Benar Tapi Simpel? Yuk Simak Penjelasan Ane
23-06-2021 16:52
alhamdulillah walopun masih ditahap awal, udah mulai dipos2in walopun masih suka kepake wkwkwk tapi tiap mau gofood atau pengen yang enak2 langsung mikir "ah gausah deh, makan dirumah lebih kenyang"
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia