News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
39
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d29d0a62590663135c11f2/romo-magnis-jangan-suruh-masyarakat-pilih-pancasila-atau-agama
Budayawan sekaligus rohaniwan Franz Magnis Suseno atau yang kerap disapa Romo Magnis mengatakan jangan menyuruh atau mengarahkan masyarakat untuk memilih agama atau Pancasila. "Misalnya, saya ditanya pilih ajaran Katolik atau Pancasila, itu pertanyaan apa?" kata Romo Franz pada webinar dengan tema Pancasila: Tandingan Agama atau Etika Kebangsaan? di Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Ia menilai
Lapor Hansip
23-06-2021 09:31

Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama

Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama


Budayawan sekaligus rohaniwan Franz Magnis Suseno atau yang kerap disapa Romo Magnis mengatakan jangan menyuruh atau mengarahkan masyarakat untuk memilih agama atau Pancasila.

"Misalnya, saya ditanya pilih ajaran Katolik atau Pancasila, itu pertanyaan apa?" kata Romo Franz pada webinar dengan tema Pancasila: Tandingan Agama atau Etika Kebangsaan? di Jakarta, Sabtu (19/6/2021).


Ia menilai adanya pertanyaan memilih Pancasila atau agama sama saja dengan menggerogoti kesetiaan seseorang pada Pancasila karena memberi kesan memilih agama atau Pancasila.

"Jadi, yang membuat pertanyaan ini sendiri sebenarnya tidak Pancasilais," kata Romo Franz.

Jika pertanyaan yang sama ditujukan kepada umat Islam memilih Pancasila atau Alquran, hal itu berbahaya dan perlu diselidiki.

Pancasila lahir bukan untuk bersaing dengan agama mana pun sehingga ke depan tidak pernah ada lagi pertanyaan-pertanyaan memilih Pancasila atau agama maupun kitab suci.

Romo Franz juga meminta Pancasila tidak dilebih-lebihkan, apalagi sudah mengarah pada hal politis. Masalahnya, akan kontraproduktif karena meminta seseorang memilih Pancasila atau agama.

Untuk menjadi orang Indonesia, setiap orang tidak perlu melepaskan identitasnya masing-masing apakah itu suku, apalagi mengompromikan agama atau keyakinan.

Sebagai manusia, kata dia, setiap orang memiliki keterikatan sosial kepada keluarga, kampung halaman, negara, dan tentunya pada agama.

Persoalan memilih Pancasila atau Alquran pertama kali mencuat dalam tes wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron sendiri mengaku tidak mengetahui adanya materi soal yang mempertanyakan perihal memilih Pancasila atau Alquran.

"KPK dan saya tidak tahu tentang materi soalnya, metode dan bagaimana mekanisme evaluasinya, semuanya kami pasrahkan ke Badan Kepegawaian Negara," katanya.


berita

Dasar jidat item domba gurun emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:32
kalo ga mau disuruh pilih jgn bawa agama ke politik donk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andreas.tw dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:33
pancasila tidak berseteru dengan agama, tapi menjadi pengayomnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:34
Kalo yg dipilih itu agama, siap² aja romo kepalanya lepasemoticon-Belgia
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:36
lu siapa juga larang2 ada pertanyaan kayak gitu, itu udah ada yang jelasin pertanyaan kayak gitu ditanyain ke calon teroris loh, lu mau larang teroris nanya2? emoticon-Wakaka
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:36
Lah, soal ini kok nanya ke kapir? emoticon-Bingung
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:37
tapi pilih agama ini atau agama itu diperbolehkan ?


Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
profile-picture
andreas.tw memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:40
Jangan pilih mereka !
Pilih satanis saja emoticon-Malu (S)


emoticon-Leh Uga
profile-picture
winehsuka memberi reputasi
1 0
1
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:44
Suruh pilih duit atau agama pasti pada jawabnya gak jujur. Hitam diatas putih pilih agama tapi kenyataannya? emoticon-Ngacir
profile-picture
andreas.tw memberi reputasi
1 0
1
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:46
ngemprut bebas, mabok bebas, lgbt bebas, pisahkan agama dan sendi2 kehidupan, kritik = pencemaran

khas sekaliemoticon-Big Grin
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:47
Karyawan kpk itu bukan sekedar masyarakat kan?
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:49
Berani banget berseberangan pemikiran sama rejim.

Romo kadal gurun ini.

emoticon-Wakaka
profile-picture
loungerkaskus memberi reputasi
1 0
1
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 09:52
ini kan pertanyaan psikologi..ga ada jawaban yg tepat..yg mau diliat adalah respon terhadap jawabannya...

ga ada salahnya menurut ane..
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:00
Hidup ini pilihan.. Kalo ga mau milih.. Ya mati aja.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:03
yang disuruh bukan masyarakat kebanyakan romo. cuma bahan test TWK buat mereka yang hasil testnya jelek dan profiling dari BIN luar biasa hingga perlu buat ditanya assesor.
jadi bukan masyarakat ya romo gak perlu lebay juga.
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:04
Coba suruh pilih.. pilih Pancasila atau pilih ceban per paket
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:09
Ane 100 persen setuju dgn hal ini, bahkan kalau ditilik, Pancasila pun setuju dgn hal ini
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:11
Romo hanya melihat dari perspektif agama Katolik.
100% Katolik - 100% Indonesia, jadi Pancasila dan Agama bisa sejalan dan tidak dipertentangkan.

Apakah Romo paham perspektif dari agama lain ?
0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:16
udah jelas sila pertama adalah ketuhanan yg maha esa masi dipertanyakan pilih agama ato pancasila.. gobloknya yang bikin soal..
profile-picture
reddish1 memberi reputasi
1 0
1
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:22
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama




hayooooo pilih al***** atau pancasila hayo jawab yang jujur


disini terlihat pentingnya apa yang ingin dicapai oleh pertanyaan diatas untuk penyelenggara negara.


silahkan kacung arap jawab


ingin terpecah belah, saling bermusuhan atau ......... ? tuka emoticon-Angkat Beer

0 0
0
Romo Magnis: Jangan Suruh Masyarakat Pilih Pancasila atau Agama
23-06-2021 10:33
Romo kadal gurun ini
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia