News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d299e29b5aa037d5024976/pandu-pemerintah-fokus-pulihkan-ekonomi---abai-tangani-pandemi
Jakarta - Lonjakan penularan Covid-19 di Indonesia bukan karena kesalahan masyarakat semata. Kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dalam mengatasi pandemi juga menjadi faktor penyebab. "Pemerintah juga tidak konsisten dalam mengatasi pandemi karena khawatir ekonomi akan melambat. Padahal sudah otomatis ekonomi melambat," kata ahli wabah (epidemiolog) dari Fakultas Kesehatan Masyara
Lapor Hansip
23-06-2021 09:18

Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi

Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi

Jakarta - Lonjakan penularan Covid-19 di Indonesia bukan karena kesalahan masyarakat semata. Kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dalam mengatasi pandemi juga menjadi faktor penyebab. "Pemerintah juga tidak konsisten dalam mengatasi pandemi karena khawatir ekonomi akan melambat. Padahal sudah otomatis ekonomi melambat," kata ahli wabah (epidemiolog) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono kepada tim blak-blakan detikcom, Selasa (22/6/2021).

Indikasi bahwa pemerintah lebih fokus menangani ekonomi dapat dilihat dari penunjukan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Ketua Pelaksana Menteri BUMN Erick Thohir sehingga setiap kebijakannya reserve terhadap ekonomi.

"Jadi tidak benar bahwa kita serius menangani pandemi sebab kita lebih serius memulihkan ekonomi. Padahal ekonomi tidak akan pulih kalau pandeminya tidak teratasi," tegas Pandu.

Baik pemerintah maupun masyarakat, dia melanjutkan, tidak belajar, tidak mau belajar dan tidak mau mendengar pendapat para ahli wabah dan kesehatan masyarakat. Di awal program vaksinasi, misalnya, pemerintah hanya fokus untuk memberikan kepada para tenaga kesehatan dan petugas di pelayanan publik, serta masyarakat yang secara langsung berkontribusi terhadap perekonomian. Para ahli wabah seperti dirinya kemudian menyarankan agar para lansia yang sangat rentan terinfeksi masuk target prioritas.

"Sebab kalau mau mengendalikan pandemi kita harus menekan orang yang masuk rumah sakit dan menekan kematian, sehingga lansia harus diprioritaskan," kata Pandu.


Dia menyebut sekitar 20 persen usia 60 tahun ke atas, kalau terinfeksi mereka akan masuk rumah sakit dan 50% di antaranya akan meninggal dunia. Tapi bila mereka sudah divaksinasi, andai terjadi lonjakan mereka tak perlu sampai dirawat di rumah sakit sehingga penanganan bisa lebih rileks. Dari sisi masyarakat juga bebal karena ada sebagian yang menolak divaksin dan abai menjalankan protokol kesehatan. Mereka merasa sehat dan kebal padahal tidak.

Andai pemerintah dan masyarakat mau belajar dari pengalaman sebelumnya bahw setiap ada libur panjang akan terjadi lonjakan, larangan mudik lebaran kemarin seharusnya lebih tegas. Apalagi diketahui di banyak negara sudah bermunculan virus corona varian baru yang lebih dahsyat. Anehnya, ketika terjadi lonjakan kasus pasca lebaran di Kuds dan Bangkalan pun responsnya masih biasa, tidak buru-buru dilakukan penyekatan di daerah-daerah sekitar.

"Sekarang ya kita sudah terlambat melakukan pembatasan karena seharusnya itu dilakukan sebelum mudik lebaran. Di Jakarta itu semua varian virus corona sudah ada baik alfa, delta, dan lainnya. Tak heran bila sekarang kewalahan. Itulah stupidity kita," tegas Pandu Riono.

https://news.detik.com/berita/d-5616...angani-pandemi

Epidemiolog tapi masa ga ngikutin alur proses vaksinasi kemarin??.. emoticon-Malu (S)

BPOM keluarin EUA vaksin sinovac 11 jan 2021 dan baru keluarin EUA buat lansia 7 feb 2021.. emoticon-Malu (S)

Jadi demi memprioritaskan para lansia maka selama januari para nakes tidak perlu vaksin.. Karena mereka bukan prioritas??.. emoticon-Malu (S)

Ekonomi tidak akan pulih kalo pandemi lom usai.. Iya betul.. Tapi kalo ekonomi hancur..bukan cuma pandeminya yg ga akan selesai.. Semua aspek akan berantakan.. Emang lo pikir nakes mau d bayar pake daun??.. Oksigen tinggal ambil d udara pake plastik??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:23
Wajar orang komen seperti itu jika kebutuhan dasar seperti makan sehari hari udah tercukupi.
Sekarang nyarinya kesehatan, keamanan.

tidak sebaliknya.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:30
Orang ini mirip rocky gerung - versi dunia kesehatan.
emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:30
karena kalo ekonomi melejit
rakyat bs kuat ngadepin kopit
tp ni dah ekonomi babak belur, rakyat dibikin ayam sayuremoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:30
sudah bego

vaksinisasi bahkan sampe melas-melas minta vaksin ke china dan eropa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:31
bahkan wisata internasional belum buka sampai sekarang

itu bali sudah menjerit, alasan apa jika bukan utk pengendalian pandemi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 09:41
emangnya selama ini vaksinasi masyarakat beli sendiri kah? kok bisa ngomong pemerintah abai tangani pandemi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:06
masalahnya beda tiap negara.. tau sendiri masyarakatnya kita bonek...liat tu di madura... ga kebayang ane kalo lockdown kaya luar negri gitu..bisa tumpah darah pasti...

ga mungkin lah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:07
Lu pikir membiayain yg terpapar covid atw vaksin itu pake daun.??
Ini bukan salah pemerintah 100% tapi rakyat nya juga yg bebal dan susah di atur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:10
Memang sebaiknya keduanya berjalan beriringan ya gan, karena ya kesehatan juga jauh lebih penting, tp ekonomi jg penting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:10
Banyak Epidemiolog terkemuka yg lebih suka main medsos daripada membantu penyelesaian masalah Pandemi.
Masa Epidemiolog kalah sama pengamen lokal yg berani buka layanan Vaksin gratis di Mall /Ancol??
Sekolah kesehatan lebih peduli main medsos?
Artis pengamen lebih peduli vaksinasi?
Berak sekebon looooo...!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:15
Ni orang rajin berkicau nyerang pak JKW, tp sampai skrg belum dapat jatah komisaris dari wan badut emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:40
Dahlah klo bicara nih org ...kmaren aja kebakaran jenggot ama erik tohir eh taunya salah memahami kata2 erik.

Dahlah pak klo tdk bisa membantu lebih baik diam.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:42
Pada ad hominem nyerang si Pandu.

Tapi dikit yang bantah argumen si Pandu.

Ya namanya juga gak mampu berargumen. Jadinya serang pribadi si pandu. Itulah ciri bucin atau bazerp emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:45
Gak bisa dibantah.
emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 10:57
buat mengatasi pandemi butuh duit

dan duitnya juga dari aktivitas ekonomi

emang beli masker, obat, vaksin dll pakai daun ???
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 11:22
Sepakat ama si pandu
Emg pada goblok, ga bs belajar dan bebal ga mau belajar dr kejadian sebelumnya
Seharusnya emg sblm mudik lebaran bkn skg
Kl skg malah nyusahin lbh byk org, emg original gobloknya

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 12:47
Terserah bacot pandu ajalah
Udah tau tujuannya doi
profile-picture
profile-picture
secer dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 1
0
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 18:16
harusnya sih jalan dua-duanya.. pemulihan ekonomi jalan tapi gak mengabaikan prokes emoticon-Bingung
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1 0
1
Pandu: Pemerintah Fokus Pulihkan Ekonomi - Abai Tangani Pandemi
23-06-2021 18:24
Tak Ada rumus pasti utk mengatasi pandemic...anara ekonomi Dan kesehatan harus balance. .

Jgn sampai krn pandemic ekonomi kolaps...emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia