Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d156e884dcdd3624339481/perlukah-seseorang-mengumumkan-dirinya-terinfeksi-covid-19
Selamat pagi agan dan sista semuanya. Hari ini kan, ane membaca-baca sosmed Instagram dan juga berita sosial media. Cukup banyak cerita yang hangat yang ane baca dan termasuk kontroversial diantara para warganet. Banyak warganet yang setuju namun banyak juga warganet yang tidak setuju disertai dengan berbagai argumentasi masing-masing. Salah satu berita yang cukup mendapat perhatian warganet adala
Lapor Hansip
22-06-2021 10:20

Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??

icon-verified-thread
Selamat pagi agan dan sista semuanya.
Hari ini kan, ane membaca-baca sosmed Instagram dan juga berita sosial media.
Cukup banyak cerita yang hangat yang ane baca dan termasuk kontroversial diantara para warganet.

Banyak warganet yang setuju namun banyak juga warganet yang tidak setuju disertai dengan berbagai argumentasi masing-masing.

Salah satu berita yang cukup mendapat perhatian warganet adalah tentang artis yang mengumumkan kalau dirinya terinfeksi virus Corona ( Covid-19 ).

Beberapa artis ataupun selebgram yang mempunyai followers sangat banyak memang mengumumkan lewat sosial media nya jika mereka terinfeksi virus Corona ( Covid-19 ).

Hal inilah yang membuat perbedaan pendapat dari netizens.

Ada juga artis atau aktivis yang tidak setuju jika artis yang mengumumkan dirinya sendiri terinfeksi virus Corona ( Covid-19 ) karena hal itu akan membuat daerahnya semakin sedikit dikunjungi oleh pendatang atau wisatawan. Karena menurut artis tersebut hal ini akan membuat ekonomi masyarakat semakin lesu. Kunjungan wisatawan akan semakin sedikit dan masyarakat yang ekonomi nya tergantung dengan aktivitas wisatawan akan semakin susah pada masa pandemi ini.

Bahkan artis yang mengumumkan dirinya terinfeksi virus Corona ( Covid-19 ) dianggap di endorse oleh Covid-19. Tidak jelas maksudnya di endorse Covid-19.

Artis yang mengumumkan dirinya terinfeksi Covid-19 juga membantah jika dirinya di endorse Covid-19 dan mengatakan bahwa dirinya benar-benar terinfeksi virus Corona ( Covid-19 ).



Menjadi diskusi menarik adalah " perlukah seseorang untuk mengumumkan dirinya terkena suatu penyakit khususnya Covid-19?? "

Seperti kita ketahui bahwa seseorang menderita suatu penyakit maka orang tersebut mempunyai hak untuk mendapatkan privasi agar orang lain tidak mengetahui penyakitnya namun jika dia mempunyai inisiatif sendiri untuk memberitahu bahwa dia menderita suatu penyakit maka itu menjadi kewenangan orang tersebut.

Mungkin untuk kasus Covid-19 jika seseorang memberitahu kalau dirinya terinfeksi Covid-19 maka orang yang pernah kontak dengan dirinya bisa waspada dan memeriksakan dirinya untuk mengetahui apakah dirinya terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Hal inilah yang menjadi perdebatan diantara para warganet.
Nah, bagaimana pendapat para kaskuser sekalian??

Apakah perlu seseorang mengumumkan bahwa dirinya terinfeksi Covid-19 atau tidak??

Mari kita diskusikan masalah ini dengan argumentasi yang baik.

Silahkan berikan komentar terbaik agan dan sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aaawancuzcuz780 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 02:45
Kalo ada cuan perlu lah
profile-picture
fitriasarina memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 02:54
yah pentinglah, biar orang sekitarnya aware dan banyak yang doain cepet sembuh kalau terkena covid emoticon-heart emoticon-heart . jangankan covid ,penyakit2 lainnya orang biasanya juga umumin

tapi kalau terkena panu,kurap, kadas , lepra, raja singa, kayaknya yg sakit akan tetep bungkam. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 03:20
kalo dulu di awal2 kasian kalo sampe disebarluaskan ke masyarakat. tempat ane dulu sampe dibuat surat dari pak RT yg disebar ke RT tetangga, lengkap nama dan alamat. grup wa komplek pd rumpi rame ketakutan.
dasar depok.
emoticon-Cape d...

kalo skarang spertinya uda banyak yg woles, yauda kesadaran masing2, stidaknya ga seheboh dulu.
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 04:38
jawaban dari pertanyaan ini mungkin akan berbeda-beda tergantung siapa, tempat dan waktu kejadian. kondisi sosial di desa dan di kota tentu berbeda.
kalau menurut aku pribadi tidak perlu kita koar-koar terkena covid. cukuplah kita mengurangi semaksimal mungkin aktivitas diluar rumah, meminimalisir ketemu orang lain
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 05:34
Mnrt aku sih perlu, jd org terdekat bisa tau n saling supporr dan menjaga
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 05:58
Gunanya apa?
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 06:30
Menurut ane perlu banget gan, tujuannya supaya orang2 yang ketemu dan kontak dgn penderita covid, bisa waspada dan segera memeriksakan diri jika perlu.

Terus kalau untuk "media pengumuman"nya, mau update media sosial atau mau lewat grup wa atau lewat chat pribadi, itu terserah orangnya sih. Menurut ane gak ada bedanya.

Tapi sekarang, buat orang2 biasa, ane lihat banyak yang takut gan buat ngomong kalau kena corona. Soalnya kalau ngomong, walaupun nanti udah sembuh, kebanyakan orang2 di sekitarnya bakalan menjauh dan jaga jarak gan. Jadi ada efek seperti dikucilkan gitu gan kalau ngomong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 07:04
Kalau saya sih sah2 aja ya diumumkan tujuannya jelas buat tracing (kalau merasa pernah ketemu dan kontak aktif), lalu buat awareness bagi yg lain ttp waspada. . .
Cumaaan yang berkaitan dgn potensi bikin jelek suatu daerah ada baiknya jelaskan kira2 prokes dia yg kurang di sblh mana, mksdnya ane seseorang lg plesiran atau lg ada perjalanan dinas ke suatu daerah sdkt banyak ada risiko tertular nah tp hrs dilihat aktifitasnya dulu dia ketemu siapa ajaa, apakah dia wisata sendirian di gunung di pantaai, toh banyak jg org wisata tp gk knp2 krn mereka prokesnya ketat jauh gk ketemu org lain dsbnya . . . Mendingan ceritainnya gt deh dr pd blg cmn saya hbs dr sini kena covid multitafsir jdnya kan kita gk tau di sana mereka jgn2 ajojing ketemu org banyak,wkwkwkwk tmn2 saya ada jg wisata tp prokes ketat gk knp2 gk kena kupid jg
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan fitriasarina memberi reputasi
2 0
2
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 07:30
Gak perlu.


Ntar dikira endorse covid n konspirasi global emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
fitriasarina dan secer memberi reputasi
1 1
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 09:28
Menurut ane pribadi sih memang harus bilang, karena dengan begitu satgas bisa tracking dan dapat segera diatasi penyebarannya, langsung melakukan swab daerah tersebut atau kantor tersebut, karena covid sendiri memang penyebarannya cepat.
Virus gini menanganinnya ya harus diputus rantai virusnya, dengan tracking cepat,
0 0
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 09:35
menurut ane perlu sih biar orang2 disekitar bisa jaga jarak juga
profile-picture
misstumbler memberi reputasi
1 0
1
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 09:50
lebih bagus diumumkan karena wabah ini bukan main2, iya kalo sembuh sendiri, kalo yang meninggal gimana? yang bilang endorse2 mungkin minta diendorse karena pemasukan minim emoticon-Leh Uga
0 0
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 10:08
perlu, harus dan sangat perlu. mereka yang berfikir untuk merahasiakan nya adalah orang egois yang hanya memikirkan diri sendiri tanpa melihat orang lain.

dampak terbesar pengakuan bukan buat diri sendiri, tetapi buat orang lain, buat orang di sekitar kita, agak mereka yang pernah contac bisa memeriksa kan diri dan memastikan tidak ikut tertular.....

selain itu biar bisa tetap stay storng dengan dukungan keluarga dan lingkungan sekitar... semakin merahasiakan nya penderita akan semakin tersiksa....

selain itu nama nya kebohongan pasti ada dampak pisikis dalam artian ngga plong di dada.........
profile-picture
misstumbler memberi reputasi
1 0
1
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 10:12
Perlu kalau dia seorang public figure atau orang yg sering berinteraksi dengan banyak orang.

Tidak perlu kalau dia orang biasa yang tidak berinteraksi dengan orang banyak.

Tapi siapa pun wajib memberitahu minimal keluarga dan orang2 yg pernah kontak erat dengan dia sebelumnya sebagai tindakan adab preventif.

Jangan kayak si Bibib, awalnya berkoar2 ngundang masyarakat datang sebanyak2nya, nantangin pemerintah, sesumbar pengen roadshow revolusi akhlak segala, begitu kena covid langsung ngumpet dan main kabur2an serta rahasia2an.
0 0
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 10:46
Saya sendiri mengumumkan setelah sembuh dan memberikan edukasi pengalaman mengapa saya sampai terkena dan proses penyembuhannyaa...
0 0
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 10:49
Di tempat ane, udah banyak gan tp ya diem2 aja . kok jadi gak keluar2, giliran sembuh ya pada ngaku emoticon-Leh Uga

Biar gak heboh gan gpp, yg penting penderita nya isoman emoticon-Ngacir
Diubah oleh littlevan
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan misstumbler memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 11:05
kalo menurut ane sih perlu gan, agar orang2 di sekitarnya bisa aware, membatasi diri dengan si penderita dan mencegah terbentuknya cluster dan sebaran baru..

buat apa juga ramai wisatawan kalo penyebaran virus jadi semakin luas 😕
profile-picture
profile-picture
akunkubaik dan misstumbler memberi reputasi
2 0
2
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 11:44
Menurutku perlu, demi kewaspadaan bersama.
Misalkan yg bersangkutan seorang yg sehari2nya banyak interaksi dengan orang lain, ada baiknya yg di sekitar dia ikut memeriksa diri dan melakukan isolasi pribadi, mencegah hal yg tidak diinginkan emoticon-Shakehand2

Kalau misalkan ada yg protes krn anggep pengumuman itu bikin tempat wisatanya sepi, sebenarnya mungkin kurang logis ya, yg positif itu bisa aja kenanya pas udah sampai di tempat asal, di perjalanan, dan lainnya. Belum tentu ketularnya pas di tempat wisata. Namanya pandemi, tempat2 yg biasanya rame pasti jadi sepi sih, sampai kondisi aman.

Lihat aja tempat2 wisata di luar negri, banyak yg jg sepi dan ga bisa menerima wisatawan kok. Memang pasti sulit sih, tapi kondisi pandemi gini kan bisa dibilang bencana jg, hanya dgn skala yg lbh luas dan berdampak lebih besar emoticon-Sorry
0 0
0
Perlukah Seseorang Mengumumkan Dirinya Terinfeksi Covid-19??
23-06-2021 13:50
IMHO perlu banget, karena saat diumumkan seseorang positif covid bisa di tracing siapa orang yang kontak langsung dengan ybs, sehingga orang-orang yang kontak langsung dengan ybs bisa langsung ambil tindakan untuk swab atau isolasi mandiri. sehingga penyebaran covid gak liar..
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
denting-waktu-dalam-ruang-sepi
Stories from the Heart
tenung-based-on-true-story
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia