• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Lakukan 7 Hal Ini Agar Tetap Dengan Anak Jika Kamu Ibu Merangkap Wanita Karir

adindaptrarn
TS
adindaptrarn
Lakukan 7 Hal Ini Agar Tetap Dengan Anak Jika Kamu Ibu Merangkap Wanita Karir

Mayoritas sekarang ini ibu-ibu melakukan yang namanya Ibu Rumah Tangga merangkap wanita karir. Biasanya hal tersebut bisa terjadi dikarenakan sang perempuan memang sudah merintis karirnya sebelum menikah dan sang suami mengizinkan untuk tetap melanjutkannya atau memang karena tuntutan finansial yang memaksa istri untuk bekerja mencari nafkah. Ditambah kondisi pandemi yang tak tentu membuat istri mau pun suami harus banting tulang untuk menghidupi keluarga.


Rasanya tak adil jika kita sebagai manusia khususnya yang perempuan, hanya mencari sisi negatif dari ibu yang bekerja. Stigma yang muncul di banyak kalangan adalah ‘Pantes anaknya nakal, orang ibunya kerja. Gak diurus pasti’ ‘Kelayapan mulu kerjaannya’ ‘Urus dulu rumah tangga yang bener’ dan kesinisan lainnya. Sebenarnya di dunia nyata, wanita bekerja gak bisa dipandang sebelah mata dalam cara mereka parenting.



Photo by Ketut Subiyanto  from Pexels


Tiap orang mempunyai gaya dan style masing-masing, layaknya fashion aja. Gak bisa disamaratain apalagi dijudge karena itu udah menjadi hak mereka. Banyak kok anak yang berhasil mau itu dididik oleh seorang Ibu Rumah Tangga atau ibu yang merangkap wanita karir. Mungkin, di awal, membagi waktu dan perhatian bakalan susah, tapi setelah terbiasa, semuanya pasti bisa kok. Di bawah ada beberapa tips nih yang bisa dilakuin kalau Sista adalah Ibu yang juga wanita karir:

Makan Pagi Bersama

Hah? Makan pagi? Kenapa emang? Menurut ane, makan pagi ini salah satu jam dimana semua aktivitas mau dimulai. Dari kita yang bekerja, anak sekolah, dan kegiatan lainnya. Ada baiknya untuk nyempetin minimal 20 menit untuk makan dan ngobrol bareng. Di pagi hari kita pasti belum capek dan masih seger jadi ngobrol atau sharing bakal jadi asik banget.



Photo by August de Richelieu  from Pexels


Quality Time!

Kalian bebas milih kapan mau quality time sama keluarga dan ini bebas juga mau pergi keluar kota, makan di restoran atau sekedar di rumah aja bareng-bareng nonton film atau ngobrol. Sista gak perlu merogoh kocek dalam atau buat yang besar-besaran gitu kok. Anak itu cuma mau didenger tentang permasalahan, keluh kesah, atau gimana kehidupan mereka pada saat itu. Jadi, gak peduli tempat, yang penting kualitas dari your presence dan kalau bisa jangan ngurusin kerjaan atau main hape.



Photo By Kompas.com


Menyambut Apapun Cerita Anak Dengan Open Minded

Sebagai sosok ibu yang jarang di rumah atau punya kesibukan lain, bisa banget nerapin cara ini supaya anak tetep ngerasa nyaman sama kita. Sista gak harus selalu mendukung semua yang dilakukan atau diceritain anak kok, tapi cukup dengan respon yang baik tanpa berbicara nada tinggi dan jawaban yang dirasa bisa diterima anak. Khususnya masalah yang menyangkut hal seksual atau pacaran, anak butuh edukasi banget, bun. Jangan gak mau dibahas karena selalu dianggap belum cukup umur nanti mereka malah penasaran dan nyari tau sendiri.


Photo By Tribunnews.com

Bersikap Tegas Tapi Tidak Keras

Sista nyadar gak sih kadang ada beberapa anak yang ketika digalakkin malah jadi tambah gak ngedengerin apa yang kita omongin? Nah, Sista bisa ngedisiplinin anak tanpa harus teriak-teriak atau berlebihan. Cukup dengan menjamin kedekatan dan punya ‘deal’ peraturan sama anak. Mereka pasti bakalan menghormati itu kok. 


Nilai Agama Gak Boleh Ketinggalan

Apapun agama kita semua, buah hati harus tetap dapet penanaman yang maksimal, sist. Bisa dengan diajak ibadah bareng, diingetin, dan dikasih contoh. Setiap anak pasti bakal mengikuti apa yang orang tua lakuin. Jadi jangan takut untuk melakukan sesuatu yang benar!

Setiap Hari Sempetin Ngobrol

Siapa nih yang sebelum ada sistem WFH, sering banget pulang malem dan anak udah tidur, terus pagi berangkat pagi anak belum bangun? Wah, kayaknya harus mulai diubah kebiasaannya, sist. Coba deh sesibuk apapun sempetin ngobrol. Kalau pagi bisa sekalian sarapan, siang bisa nelfon atau pas break makan siang, dan malem setelah semuanya kelar. Jangan sampe kehilangan ikatan sama anak terus kalau mereka ngerasa kurang kasih sayang malah diomelin dan disuruh ngertiin.



Photo By CNNIndonesia.com

Jangan Pelit!

Udah kerja, masa masih mau pelit? Hahahha

Menjadi orang tua emang tanggung jawab seumur hidup dan cukup berat. Ngelakuinnya dengan enjoy dan ikhlas serta penuh kasih sayang pasti bakal bikin semuanya lebih lancar dan seru kok. Inget, anak itu rezeki dari yang di atas jadi jangan disia-siain, ya! emoticon-Big Grin




Photo by Kristina Paukshtite  from Pexels






Diubah oleh adindaptrarn 17-06-2021 05:01
yugeeltoinxx08bachtiar.78
bachtiar.78 dan 19 lainnya memberi reputasi
16
3.6K
39
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.