adindaptrarn
TS
adindaptrarn
Bisa Gak Sih Kita Ngubah Kebiasaan Orang?

Kebiasaan, sifat, dan prinsip bisa dibilang menjadi 3 pilar yang pasti dimiliki tiap individu. Dari pikiran sampe perasaan, semuanya berpengaruh ke dalam pilar hidup mereka. Sadar gak sih, sebenarnya sebagai manusia, kita suka gemes ngeliat kebiasaan orang lain yang gak seharusnya begitu? Kayak dalam hati suka muncul kata-kata ‘Lo tuh sebenernya bisa jadi orang yang lebih dari ini, kenapa sih milih buat gak dimaksimalin atau disia-siain?’. Ketika perasaan itu muncul dalam diri, penyampaian ke orang tersebut serasa terjun ke jurang alias gak berani!

Ane penasaran deh, GanSis, apakah kita sebagai outsider sebenernya bisa ngerubah orang menjadi lebih baik? Well, baik dan buruk setiap orangnya bukan hak kita yang menentukan karena apapun yang mereka lakuin itu, berdasarkan yang mereka mau dan rasain. Suka gemes gak sih sama orang yang ngelakuin hal gak maksimal atau permasalahan yang banyak terjadi sekarang adalah ngelakuin hal yang gak sesuai dengan umur?


Photo By Kemenag.go.id

Mayoritas anak muda di Jakarta sekarang mungkin lagi ngalamin yang namanya sulitnya mencari pekerjaan. Selain karena pandemi, persaingan pun semakin ketat dengan lapangan pekerjaan yang semakin sempit. Tapi, keluhan segudang, usaha gak nendang! Sebagai teman atau orang terdekat pasti kita ada banget keinginan untuk mengubah pola hidup mereka. Misalkan dengan mereka bangun siang, atau tidur malem dengan aturan gak jelas rasanya pengen teriak ‘Woy, rezeki lo tuh dipatok ayam kalau bangun jam segini terus! Gimana mau berkembang!’ tapi apa boleh buat, nyali ciut gak kuat.

Kalau dipikir, sebenernya kita jahat gak sih ngebiarin mereka tinggal di lingkaran setan itu? Ketika tau apa yang salah, tapi malah terdiam. Akhirnya beberapa orang pun pasti akan memberanikan diri untuk ngomong yang sejujurnya serta memberikan beberapa kritik dan saran membangun agar orang tersebut mau berubah dan berkembang. Tak dapat perubahan, yang ada sebagian orang malah sakit hati.

Mirisnya ketika hal ini bisa terjadi dengan pasangan. Di mana kita sibuk untuk mencari uang ekstra, mereka malah enak-enakan bermain atau kelayapan. Ketika dikasih nasihat supaya berubah dan mau berusaha, malah dibilang ‘Kamu gak tau kan apa yang aku lakuin kalau keluar?’ haduh, bener gak, GanSis? Banyak yang bilang sih, kalau sayang ya harusnya mau berubah, jadi gimana nih?

Bahkan dari pergaulan dan kegiatan aja kadang ada hal yang pengen banget rasanya distop. Mabuk, judi, nongkrong tengah malam, dugem, dan kebiasaan yang kurang membawa manfaat lainnya. Bakal banyak kecaman yang bilang ‘Namanya juga anak muda, bolehlah nyoba sesuatu yang baru. Daripada bandelnya pas nikah’. Gak salah kok, tapi, inget umur dan tanggung jawab. Ini berlaku gak cuma buat cowok yah, cewek juga. Kalian boleh ngelakuin apa aja, itu bebas dan hak kalian. Tapi, jangan lupa buat sayangin diri sendiri dengan berimbang! Pendidikan, karir, keluarga, agama, jangan sampe salah dan terjun ke jurang. Kalau udah gitu cuma diri kita sendiri yang bisa nolong. 


Photo By Medcom.id

Gak peduli berapa banyak temen yang ada ketika lo nongkrong, cuma bakal ada sebagian kecil yang datang buat nolong di kala susah dan itu lah yang bener-bener peduli. Mending mulai dipikirin mana yang baik dan buruk. Di atas bisa dibilang contoh besar yang berpengaruh di kehidupan masa depan. Ada juga beberapa hal kecil yang misalnya kita gemes banget pengen diubah ke arah yang lebih baik. Bisa dari buang sampah pada tempatnya, matiin lampu ketika habis menggunakan, dan kebiasaan-kebiasaan di fasilitas umum lainnya yang bisa merugikan orang lain. Yang ini, emang gak harus berdasarkan rasa sayang, tapi lebih ke tanggung jawab. 

Menurut Agan & Sista sendiri gimana nih? Bisa gak sih kita merubah kelakuan orang lain bahkan orang terdekat? Boleh dong komentarnya! emoticon-Big Grin



sunshii32n.h3irene.holmes
irene.holmes dan 3 lainnya memberi reputasi
2
3.3K
31
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.