• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Kenali ICD, Alat Bantu Jantung yang akan Dipasangkan pada Tubuh Eriksen

anyesnihAvatar border
TS
anyesnih
Kenali ICD, Alat Bantu Jantung yang akan Dipasangkan pada Tubuh Eriksen
Gelandang tim nasional Denmark, Christian Eriksen yang minggu lalu sempat kolaps di lapangan saat berlaga di Piala Eropa 2020 dinyatakan sudah membaik, meski sempat mengalami henti jantung selama beberapa saat.


(Christian Eriksen, Foto: Goal)

Hal ini bisa dilihat dari salah satu postingan di laman resmi Instagram milik Eriksen, ia mengatakan bahwa dirinya dalam keadaan yang baik.



Tetapi akibat dari henti jantung tersebut membuat bintang Denmark ini harus menjalani tindakan operasi berupa pemasangan alat bantu jantung (ICD). Menurut dr. Morten Boesan selaku dokter dari tim nasional Denmark, pemasangan ICD ini dibutuhkan bagi seseorang yang pernah mengalami serangan jantung atau detak jantung yang tidak beraturan. Lalu apa itu ICD?



Implantable Cardioverter Defibrillator (ICD) merupakan alat kecil berdaya baterai yang dipasangkan pada area bawah kulit bagian dada yang berguna untuk memonitor ritme jantung secara terus-menerus dan mampu mendeteksi irama jantung. Selain itu, ICD juga berfungsi sebagai alat pacu jantung cadangan.



Nah, karena ini berisikan daya baterai maka ada tenggang waktu tertentunya Gan Sis, kira-kira berapa lama ya tahannya? Perangkat ICD ini dapat bertahan hingga delapan tahun, tergantung frekuensi kerja alat tersebut.

Frekuensi kerja yang dimaksud yakni seberapa sering jantung mengalami keadaan yang abnormal, maka dalam situasi tersebut perangkat ICD ini akan berupaya menstabilkan detak jantung untuk kembali normal.


(ICD dipasang pada bagian bawah kulit dada, Foto: ahvc.com)


Tidak berhenti sampai disitu, pastinya akan ada perubahan setelah pemasangan alat di dalam tubuh ini. Misalnya saja, seseorang yang menggunakan ICD dilarang untuk menggunakan pakaian ketat yang dapat menekan bagian dada di mana alat tersebut terpasang.

Lalu, pasien dengan alat bantu pacu jantung ini harus menghindari olahraga yang cukup sering menggunakan kontak tubuh. Misalnya olahraga sepak bola, karena bisa saja lawan bermain tidak sengaja menyentuh atau menyenggol bagian dada dan yang paling dikhawatirkan ketika bola melambung dan mengenai posisi implan. Waduh serem juga ya!

Lalu, setelah Eriksen menyetujui pemasangan ICD di dalam tubuhnya, apakah ini menjadi tanda bahwa ia akan segera hengkang dari dunia sepak bola? Kita tunggu aja kabarnya ya Gan Sis.
Diubah oleh anyesnih 18-06-2021 03:39
doobey
Cucigosok
Cucigosok dan doobey memberi reputasi
2
2.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.