• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan cuma CIA, inilah badan intelijen lain yang gak kalah hebat dengan CIA

deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
Bukan cuma CIA, inilah badan intelijen lain yang gak kalah hebat dengan CIA

Dengan adanya intelijen, sebuah negara mampu membentengi negaranya berkat informasi dan analisa sebuah intelijen. Eksistensi intelijen tak terbantahkan pentingnya, dimana negara seperti Amerika serikat akan terkesan picisan tanpa kehadiran CIA. Tak hanya mampu mengumpulkan informasi secara akurat, CIA juga mampu menyusun strategi jitu meski untuk meruntuhkan sebuah pemerintahan sekalipun. Tapi, badan intelijen terhebat nyatanya bukan hanya CIA saja, tentu banyak sekali badan intelijen yang sama hebatnya dengan CIA. Di thread ini sudah merangkum organisasi-organisasi intelijen terhebat dan telah diakui dunia

1. GRU – Rusia

Badan intelijen Rusia paling mumpuni adalah GRU. Mereka dibentuk pada tahun 1918 dan telah merampungkan ratusan bahkan mungkin ribuan aksi Spionase. Dalam melakukan tugasnya, Gru pun memiliki dukungan kuat yaitu peralatan yang super canggih dari negaranya.

2. MI6 – Inggris

Badan ini dikenal juga dengan sebutan SIS (Secret Intelligence Service) dan mereka merupakan ujung tombak dari tantara Inggris. MI6 terbentuk sejak perang dunia pertama dan pada awalnya dimanfaatkan sebagai antisipasi mata-mata Jerman dan Rusia. Prestasi terbaik. MI6 adalah mampu membawa Inggris sebagai salah satu pemenang di perang dunia pertama dan kedua. Badan intelijen yang satu ini bisa dikatakan tidak berbeda jauh dengan CIA yang dianggap erat mencampuri urusan negara lain lalu kemudian melancarkan berbagai trik sehingga negerinya lah yang diuntungkan.

3. BND – Jerman

Jerman mendirikan badan intelijen yang mempunyai fungsi sebagai penanda akan hadirnya hal buruk sebelum peristiwa itu terjadi. Badan intelijen ini berdiri dibawah kanselir serta memiliki berbagai macam otoritas meluas. Badan ini telah menyebarkan agen nya ke lebih dari 100 negara demi menghimpun informasi negara-negara yang penting. BND kabarnya tidak pandang bulu demi mengumpukan informasi dari subjek yang mereka mata-matai. Bahkan mereka pernah memata-matai FBI dengan tujuan tertentu.

4. ISI – Pakistan

ISI atau Inter-Services Intelligence merupakan badan intelijen terbesar dan dapat dikatakan paling memiliki pengaruh milik Pakistan. ISI dibentuk pada tahun 1948 dan sudah melakukan banyak misi penting. Salah satu kejadian besar dunia yang melibatkan nama ISI adalah keterlibatan mereka dalam membantu Mujahidin Afganistan dalam kontroversi mereka melawan Uni Soviet.

Sumber referensi:
https://www.viva.co.id/digital/teknopedia/1169710-mengenal-gru-badan-intelijen-siber-rusia-yang-ditakuti-as-dan-eropa
https://www.matamatanews.com/mengenal-lebih-dekat-badan-intelijen-pakistan
https://www.matamatanews.com/mengenal-lebih-dekat-badan-intelijen-jerman


nirankara
screamo37
caduceus22
caduceus22 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
8.4K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.