Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0dcadf365c4f61f9725ec3/usir-jerawat-membandel-dengan-mudah-dan-murah
Jerawat dianggap sebagai musuh bagi semua orang karena kemunculan jerawat bisa menimbulkan rasa sakit, mengganggu penampilan, sampai mengurangi rasa percaya diri. Terlebih kadang jerawat yang muncul berukuran besar dan menimbulkan rasa nyeri. Yuk cari tahu apasih penyebab jerawat yang muncul di wajahmu dan cari tahu juga bagaimana cara mengatasi jerawat tersebut.
Lapor Hansip
02-01-2020 17:50

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
Shutterstock.com

Memiliki kulit yang mulus, bersih, dan sehat adalah keinginan semua orang utamanya untuk kaum hawa. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk membeli produk kecantikan sampai melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan demi memiliki kulit wajah yang mulus dan menghilangkan jerawat-jerawat di wajah.

Jerawat dianggap sebagai musuh bagi semua orang karena kemunculan jerawat bisa menimbulkan rasa sakit, mengganggu penampilan, sampai mengurangi rasa percaya diri. Terlebih kadang jerawat yang muncul berukuran besar dan menimbulkan rasa nyeri. Atau ada juga jenis jerawat yang kecil namun muncul dengan jumlah yang cukup banyak. Tentunya ini sangat menjengkelkan bukan?

Yuk cari tahu apasih penyebab jerawat yang muncul di wajahmu dan cari tahu juga bagaimana cara mengatasi jerawat tersebut.

Penyebab Jerawat

Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda, sehingga penyebabnya pun beragam. Umumnya jerawat dipicu oleh perubahan hormonal manusia dan stress. Nah berikut ini faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah.

1. Produksi Minyak Berlebih dan Sel Kulit Mati

Sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak dalam jumlah yang berlebih pada kulit dapat bercampur dengan sel-sel kulit mati sehingga menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit. Kemudian sebum dan sel kulit mati tersebut ketika bercampur dengan debu dan kotoran akan membuat sumbatan pada pori-pori yang kemudian membentuk bintik putih.

2. Bakteri

Bakteri yang diberi nama P.acne dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Jerawat batu memiliki ukuran yang cenderung besar dan menimbulkan rasa nyeri serta menimbulkan peradangan yang cukup luas di sekitarnya.
Bakteri P.acne cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, kemudian akan menghasilkan zat yang memicu iritasi. Kelenjar subaceous yang terus membengkak akan pecah dan menambah iritasi ke daerah sekitarnya.

3. Kosmetik

Penggunaan kosmetik pada wajah dapat menjadi penyebab munculnya jerawat bila tidak dibersihkan dengan benar. Sisa-sisa bedak atau kosmetik lainnya dapat menyumbat pori-pori wajah yang kemudian bisa menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembangbiak.

4. Obat-obatan

Penggunaan obat topikal ( salep, krim, dan obat yang dioleskan ke kulit) juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat, seperti penggunaan salicylic acid, benzoyl peroxide, serta obat kortikosteroid. Penggunaan salicylic acid, benzoyl peroxide yang berlebih bisa membuat kulit menjadi kering dan membuat kulit akan memproduksi banyak minyak sehingga memicu munculnya jerawat atau bahkan memperparah jerawat dan peradangannya.

Lalu bagaimana jika jerawat sudah terlanjur muncul? Berikut ini cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Rajinlah membersihkan wajah secara rutin setiap hari setidaknya 2 kali dalam sehari agar kotoran, debu, dan sel kulit mati yang menempel di wajah bisa hilang dan kulit dapat bernapas. Terlebih jika kamu sudah menggunakan make-up seharian, pastikan tidak ada sisa make-up yang masih menempel di kulit.

Kamu juga harus memperhatikan kualitas air di rumahmu yang digunakan untuk mencuci muka. Karena kualitas air yang kurang baik malah akan memicu munculnya jerawat karena adanya kotoran dan bakteri dari air yang menempel di muka. Jika kualitas air di rumahmu kurang baik, kamu bisa mencuci muka dengan menggunakan air minum atau menggunakan micellar water.

2. Kompres dengan Es Batu

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
Styles At Life

Sensasi dingin pada es batu bisa membatu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan serta pembengkakan di daerah sekitar jerawat.
Caranya: bungkus es batu menggunakan kain bersih atau tissue kemudian tempelkan pada jerawat yang mengalami peradangan atau pembengkakan.

3. Mentimun

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
Dreamstime Stock Photo

Prinsip kerja mentimun juga mirip dengan es batu, sensasi dingin yang dihasilkan dapat mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.
Caranya: iris tipis mentimun, lalu tempelkan pada wajah atau area yang mengalami peradangan.

4. Masker Teh Hijau dan Madu

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
Topskincareitems.com

Teh hijau sendiri dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang ada di udara agar tidak masuk kedalam kulit, sedangkan madu dapat mengurangi kemerahan pada jerawat. Kamu juga bisa meminum teh hijau yang dicampur dengan madu ini, sebagai upaya penyembuhan dari dalam.

Sebuah penelitian di Korea pada tahun 2013, menemukan bahwa teh hijau memiliki potensi yang lebih tinggi untuk menyembuhkan jerawat dibandingkan dengan obat jerawat.
Caranya : campurkan ampas teh hijau dengan madu sekucupnya, lalu oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan selama ± 30 menit. Lalu bilas atau bersihkan hingga bersih.

5. Tomat

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
HowtoCure Naturally

Kamu juga bisa memanfaatkan tomat untuk menyembuhkan jerawat. Tomat akan membantu mengecilkan jerawat dan mengurangi peradangan.

Caranya: kamu bisa membuat masker tomat dengan menghaluskan tomatnya sampai seperti pasta atau kamu juga bisa langsung mengiris tomatnya dan menempelkannya ke bagian yang berjerawat atau ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 10 – 15 menit.

6. Berolahraga

Dengan berolahraga, tubuh akan mengelurkan keringat melalui pori-pori kulit. Nah proses keluarnya keringat dapat membantu mengeluarkan sel kulit mati dan kotoran yang berada di pori-pori wajah, sehingga pori-pori menjadi bersih. Berolahraga juga dapat menurunkan stress yang mana stress merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.

7. Banyak mengonsumsi air putih

Jerawat yang timbul karena produksi minyak berlebih bisa juga diakibatkan oleh dehidrasi kulit. Dimana ketika tubuh kekurangan cairan maka kulit akan menjadi kering, ketika kulit kering, maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak untuk melembapkan kulit.
Dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, dapat menghidarkan kita dari dehidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Air putih juga bisa membuat kulit kita menjadi lebih sehat.

8. Masker Oat + Madu

Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
Nutritious Life

Oatmeal dipercaya dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit, sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebih.

Caranya: Campurkan oatmeal dengan madu secukupnya lalu oleskan ke seluruh wajah, diamkan sampai 10 - 15 menit. Jika kamu tidak punya madu, kamu bisa mencampur oatmeal dengan air matang biasa.

Itulah beberapa penjelasan tentang jerawat serta bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat. Tentunya kita juga harus tetap menjaga kebersihan kulit, menjaga pola makan dan pola hidup agar hormon dalam tubuh dapat stabil.

Referensi :
m.fimela.com/beauty-health/read/3518880/cerita-viral-ini-buktikan-teh-hijau-dan-madu-ampuh-bersihkan-jerawat
id.m.wikipedia.org/wiki/Jerawat
www.cosmopolitan.co.id/article/read/1/2017/11367/7-penyebab-jerawat-dan-10-cara-jitu-mengatasinya
Diubah oleh Dheafriliani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Post ini telah dihapus
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
20-06-2021 18:05
makasih atas tips dan idenya, sangat membantu aku!! Winboons! memang mantap!
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
1 0
1
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
20-06-2021 21:38
Yang paling ngeselin dari jerawat sih itu bekasnya yang lama banget ilangnya
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
1 0
1
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
21-06-2021 10:46
aku lebih menekankan pada usaha preventif sih, kayak gak terlalu makan kacang berlebihan (karena kalo ane masalahnya di protein terlalu banyak bisa menyebabkan jerawat) dan kalo udah masalah jerawat hormonal ya ane angkat tangan hueueu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
22-06-2021 22:43
Nahh nomor 7 tuh ane setuju banget, tapi entah kenapa sesusah itu buat ane minum yang cukup apalagi banyak.. makanya ane parah bgt mukanyaaa huhuhu
0 0
0
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
27-06-2021 21:20
Kadang2 tuh tipe2 kulit org, beda jg ga sih penanganannya
0 0
0
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
28-06-2021 20:04
Kompres es bisa juga ya ternyata.. Bisa dicoba nih
0 0
0
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
30-06-2021 22:22
mentimun sama es batu lumayan ampuh juga dimuka ane
0 0
0
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
30-06-2021 23:48
tentunya harus pake produk yang cocok ya kalo milih skincarenya
bahan alami plus skincare double kill jerawatnya
0 0
0
Usir Jerawat Membandel dengan Mudah dan Murah
18-09-2021 09:38
https://www.putrafarmayogyakarta.co....rawatan-wajah/

Ingin wajah terlihat lebih sehat dan awet muda? Yuk cobain tips perawatan wajah dengan bahan-bahan yang alami aja! Cek selengkapnya pada artikel di atas ya.
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia