News
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd29d105673e6fd65a2411/sri-mulyani-cryptocurrency-jadi-ancaman-bagi-mata-uang-banyak-negara
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan fenomena penggunaan cryptocurrency memang menjadi topik hangat di forum domestik maupun global, seperti G20. Pasalnya, aset kripto membawa ancaman terhadap mata uang di banyak negara. "Menyangkut cryptocurrency ini sedang menjadi pembahasan hampir di semua forum," katanya dalam Webinar Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan,
Lapor Hansip
19-06-2021 06:18

Sri Mulyani: Cryptocurrency Jadi Ancaman Bagi Mata Uang Banyak Negara

Sri Mulyani: Cryptocurrency Jadi Ancaman Bagi Mata Uang Banyak Negara

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan fenomena penggunaan cryptocurrency memang menjadi topik hangat di forum domestik maupun global, seperti G20. Pasalnya, aset kripto membawa ancaman terhadap mata uang di banyak negara.

"Menyangkut cryptocurrency ini sedang menjadi pembahasan hampir di semua forum," katanya dalam Webinar Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, Selasa, 15 Juni 2021.


Ia menjelaskan setiap negara berkedaulatan telah menetapkan bank sentral sebagai pemegang kendali dan mengatur mata uang. Termasuk di Indonesia melalui Bank Indonesia.

Namun, keberadaan mata uang kripto yang berangkat dari individu itu akan merusak tatanan yang ada. Contohnya, belum lama ini Elon Musk mengatakan bisa membeli Tesla dengan mata uang kriptonya. Lalu, facebook dan perusahaan digital berencana merilis uang digital.


"Itu dianggap menjadi ancaman terhadap currency yang fisik yang dimiliki suatu negara dan otoritas," ucapnya.


Sri Mulyani mengungkapkan saat ini sudah ada beberapa negara melakukan piloting atau uji coba terhadap mata uang digital, salah satunya Tiongkok. Pemerintah setempat mencoba mengubah transaksi dari fisik menjadi digital.
Namun hal tersebut, katanya, perlu dikaji lebih mendalam karena memiliki dampak positif dan negatif.

"Implikasinya macropolicy-nya bukan hanya prudential policynya karena jumlah uang beredar menentukan dinamika suatu negara. Apakah itu ke inflasi, atau terjadi aset bubble ini yang menjadi sesuatu yang nanti di KSSK harus membahasnya," pungkasnya.

(Des)

SUMBER
profile-picture
profile-picture
Azura1308 dan nomorelies memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Sri Mulyani: Cryptocurrency Jadi Ancaman Bagi Mata Uang Banyak Negara
19-06-2021 20:45
Kali ini jeng mul memang benar adanya.

Jika peminat crypto mendominasi pengguna mata uang sebagai alat pembayaran, maka mata uang yang menjadi simbol kredibilitas suatu negara bisa hancur sehancur hancurnya di ikuti kehancuran pasar valuta asing

Sedangkan crypto tidak memiliki valuasi yang valid, sehingga perekonomian seluruh dunia di pertaruhkan pada titik yang sama sekali tidak memiliki kepastian

Sungguh berbahaya sekali

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sri Mulyani: Cryptocurrency Jadi Ancaman Bagi Mata Uang Banyak Negara
20-06-2021 11:23
Pajakin teros nyonya emoticon-Toast
0 0
0
Sri Mulyani: Cryptocurrency Jadi Ancaman Bagi Mata Uang Banyak Negara
20-06-2021 21:17
Halah ni orang paling ga jauh dari pajak
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia