• Beranda
  • ...
  • Banyuwangi
  • Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?

dalledalminto
TS
dalledalminto
Mengembangkan Wisata Angker dan Seram di Banyuwangi Cocok Kali, Ya?


ini
Hai, Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya! Kali ini akan membahas seputar Banyuwangi.

Mungkin Gansist pernah dengar asal muasal nama Banyuwangi?

Banyuwangi dikisahkan berasal dari sebuah cerita rakyat yang berkembang dan dipercaya di masyarakat Banyuwangi.

Jaman dahulu kala, di jaman kerajaan, hiduplah seorang Patih yang sangat gagah, tampan dan memiliki istri yang sangat cantik dan setia.

Singkat cerita sang Raja terpesona akan kecantikan istri sang Patih. Dengan akal bulus sang Raja memberi titah yang berat kepada Patih. Patih bersedia menjalankan titah sang Raja, dan pergi meninggalkan istrinya.

Istri Patih yang setia terus mendoakan suami agar berhasil menjalankan titah sang Raja. Sepeninggal Patih, sang Raja merayu dan menggoda istri Patih. Namun rencana untuk menaklukkan hati istri sang Patih selalu gagal.

ini
Patih pun berhasil menjalankan titah sang Raja. Sekembalinya Patih, sang Raja membuat isu dengan memutarbalikkan fakta bila istri Patih telah merayu dan menggoda sang Raja. Patih pun terbakar cemburu kemudian menusuk dada istrinya.

Sebelum tewas, istri Patih berucap bila air sungai beraroma busuk berarti tuduhan Patih benar, dan jika air sungai beraroma harum, tuduhan Patih salah. Dan benar saja, tubuh istri Patih itu pun jatuh dan hanyut ke sungai. Tiba-tiba, Patih berteriak-teriak, "Banyu ... banyu ... wangi ...!" Karena mencium aroma wangi dari air sungai tersebut. Dan, sampai saat itulah dinamakan Banyuwangi.


Nah, itu tadi sekilas tentang Banyuwangi. Mendengar Banyuwangi, kenapa aku langsung kepikiran tentang cerita yang sempat hit di Twitter kala itu. Yups, KKN di Desa Penari. Mungkin Gansist ada yang sepemikiran dengan aku?

ini
Memang bila menyebut Banyuwangi seperti ada aura mistis di dalamnya. Mulai dari asal nama kotanya juga sudah dibumbui kisah yang ghaib.

Menyebutkan Banyuwangi tentunya tidak bisa dipisahkan dengan Alas Purwo. Alas atau hutan yang terkenal sangat angker dan dunia ghaib di dalamnya.

Menurut pendapat aku, barangkali cukup menarik bila Alas Purwo ini dikelola menjadi destinasi wisata untuk kemajuan kota Banyuwangi. Wisata angker atau wisata seram. Menurut aku cukup membikin penasaran wisatawan bila dikelola dengan maksimal.

Sekadar ide, di dalam hutan alas Purwo pastinya banyak ditemukan situs-situs purbakala yang tentunya memiliki aura mistis yang kental dan tempat seperti itu cukup prospek dikembangkan menjadi destinasi wisata. Karena wisatawan banyak yang suka dan kadang ada yang kepingin menguji adrenalin, seberapa besar nyali yang dimiliki terhadap tempat seram atau angker tersebut.

ini
Salah satu fasilitas yang dibutuhkan adalah hotel. Hotel di tengah-tengah hutan lumayan keren, hotel dengan bangunan yang klasik dengan fasilitas yang modern cukup menarik dan tentu akan melahirkan kesan seram dan angker karena berada di tengah hutan bila malam hari. Gansist ada yang tertarik?

Setelah siang wisata diajak keliling hutan alas Purwo, melihat-lihat situs purbakala yang ada di hutan. Bisa goa-goa peninggalan perang kerajaan, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Misalnya, Goa Istana, Goa Gajah, Goa Mayangkara.

ini
Nah, barangkali cuma itu ide yang dapat aku sampaikan untuk kemajuan wisata di Banyuwangi. Yakni dengan mengembangkan wisata angker atau wisata seram, di mana tempat-tempat seperti itu banyak di temukan di Banyuwangi khususnya di sekitar alas Purwo.

Semoga dengan berkembangnya wisata di Banyuwangi memberikan imbas yang positif untuk seluruh masyarakat di Banyuwangi khususnya, dan dapat memperkaya wisata di Indonesia pada umumnya.

Sekian thread dari aku, bila ada salah mohon diluruskan. Terima kasih atensinya. emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Referensi: 123

Cahayahalimahcheria021icondigitalindo
icondigitalindo dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.6K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Banyuwangi
Banyuwangi
icon
523Thread669Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.