News
Batal
KATEGORI
link has been copied
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cd3bba2f607024a44ed171/rizal-ramli-ungkap-sebab-proyek-infrastruktur-jokowi-sering-rugi
Pakar ekonomi Rizal Ramli menilai proyek infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering merugi. Hal itu disampaikan Rizal Ramli saat diwawancara oleh Karni Ilyas di kanal Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada 12 Juni 2021. Menurutnya, penyebab seringnya proyek infrastruktur era Jokowi merugi disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan. "Hampir semua proyek infrastr
Lapor Hansip
19-06-2021 07:35

Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi

Pakar ekonomi Rizal Ramli menilai proyek infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering merugi.

Hal itu disampaikan Rizal Ramli saat diwawancara oleh Karni Ilyas di kanal Youtube Karni Ilyas Club yang diunggah pada 12 Juni 2021.

Menurutnya, penyebab seringnya proyek infrastruktur era Jokowi merugi disebabkan oleh kurang matangnya perencanaan.

"Hampir semua proyek infrastruktur itu merugi. Kenapa? Karena slopy planning, perencanann yang ngasal," tutur Rizal Ramli.


"Jokowi berkunjung ke mana terus bilang, 'Bangun, nih, jalan ini.' 'Yes, sir!' Dibangunin (jalan)," ucapnya menambahkan.

Hal itu menurutnya sangat berbeda jika dibandingkan dengan era presiden-presiden sebelumnya, termasuk zaman Presiden Soeharto.

"Zaman dahulu Indonesia, dari zaman Sohearto, zaman kita (Presiden Abdurrahman Wahid), perencanaan itu betul-betul matang. Prospeknya kayak apa, return kayak apa, bukan berdasakan daftar keinginan presiden," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu kemudian mencontohkan beberapa proyek infrastruktur era Jokowi yang merugi.

Contohnya, monorail yang di Palembang itu hancur-hancuran. (Bandara) Kertajati, banyak lagi yang lain. Itu mubazir."

Sebelumnya, Rizal Ramli menyinggung dana haji yang disebutnya digunakan pemerintah untuk infrastruktur.

"Itu masuknya ke mana? Masuknya ya ke APBN, dan itu ada semua bukti video di mana Presiden Jokowi katakan, ‘Ini bisa kita pakai kok buat infrastruktur.’ Ada video wakil Presiden Ma’ruf katakan, ‘Ini udah Rp35 triliun kok di dalam infrastruktur’,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu memastikan dana haji yang dikelola lembaganya aman.

"Perlu kami jelaskan bahwa seluruh dana yang kami kumpulkan aman. Dana tersebut saat ini ditempatkan di bank syariah," ucapnya dikutip Pikiran-rakyat.com dari laman resmi Kemenag pada 3 Juni 2021

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...ng-rugi?page=2

Yg penting duitnya ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 09:36
Kayak dia bener aja...

Jadi menko cuma seumur jagung
0 0
0
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 09:39
Yg kritik bij goblok dri yg memerintah skrng jd ngapain ditanggapi emoticon-Big Grin
0 0
0
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 09:48
pas jadi mentwri ngapain aja? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
secer dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 10:00
jalur sepeda itu untung atau rugi?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 10:36
Heran, gagal jadi menteri tapi merasa paling jago, paling pinter
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
secer dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 11:10
Terlepas dr statement RR

Gw berpendapat memang ada yg melenceng sih dr pembangunan infrastruktur era kedua pak jokowi

Memang banyak jg infrastruktur yg berhasil dan bermanfaat dan gw jg secara spesifik engga tau jg keseluruhan infrastruktur yg dibangun dan gmn planningnya

Tp melihat dr bbrapa proyek, bs gw katakan dalam proyek2 tertentu lumayan ngacau sih ya kayak bandara kertajati, waduk, kereta cepat jkt bandung

Secara pribadi gw ngerasa perencanaan, analisis return benefit dan stimulasi ekonomi sekitar proyeknya blum terintegrasi gitu

Emang sih proyek infrastruktur tuh proyek ekonomi jangka panjang

Tp dengan dana yg terbatas mustinya pemilihan mana yg mau dikerjakan dulu bs lebih terukur

Atau bs jg pemerintah sebenernya punya alasan atau perhitungan sendiri terkait beberapa proyek yg dianggap aneh ini tp belum dapet kesempatan buat jelasin

Nah skarang gmn penjelasan pemerintah terkait hal ini....klo emang salah perhitungan atau kurang perencanaan ya lebih baik memang distate aja biar engga jd benang kusut di masa depan

Toh dengan gt siapa tau ada masukan yg bs memperbaiki benefit dr infrastruktur yg udah kadung jadi atau tengah dibangun ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 11:17
kalo sukses semua nge klaim , kalo gagal semua nyalahin jokowi

contoh bandara kertajati yg punya ide "katanya" jaman sby emoticon-Ngakak
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 11:45
Quote:Original Posted By KangPri
Kertajati kok dimasukin program jkw?emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By vangoz
Kertajati smp sekarang ga ada gunanya, malah nyusahin warga bandung. Tunggu 10 tahun lagi deh kita liat.


Quote:Original Posted By jefry347
kayanya ga kertajati doang d... lrt kelapa gading? pelabuhan2 yg ga ada jalan menuju nya?kartu prakerja?


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan awal mula pembangunan bandara ini. Pada awalnya, pihak kementerian perhubungan ingin membangun bandara tambahan di Karawang Jawa Barat. Mengingat industri di sana potensial.

Namun demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat meminta pembangunan dilaksanakan di Kertajati.

"Ini bukan alasan ya, menurut studi Kemenhub, bandara tambahan ada di Karawang, tapi memang awalnya yang minta pembangunan Kertajati itu Pemda, akhirnya kita turuti," ujarnya di Palangkaraya, Senin (9/4).

Mulanya, Kemenhub dan Angkasa Pura (AP) II merekomendasikan untuk membuat bandara ukuran kecil untuk pesawat jenis ATR, namun Pemda ingin bandara yang lebih luas.

"Saya bilang ke Dirut AP II, kalau mau bangun kecil dulu, kita dapat kewenangan dari Bu Rini (Menteri BUMN) anggaran Rp 600 miliar. Tapi Pemda ingin langsung runway 2.500 meter, anggarannya Rp 2,6 triliun," ungkapnya


emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 12:05
Di anggap nya bikin infrastruktur seperti dagang bala bala..
Modal 100 harus dapet 200
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 13:08
LRT rawamngun kelapagading.... ga laku
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 14:53
Jalur sepeda untungnya apa lizal?
Sepeda gak bayar pajak pula.
profile-picture
secer memberi reputasi
0 1
-1
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 15:08
Semoga semua dana yang jumlahnya WAW tersebut betul-betul terplanning dengan baik penggunaannya dan 100% memberikan manfaat untuk seluruh rakyat indonesia
0 0
0
Rizal Ramli Ungkap Sebab Proyek Infrastruktur Jokowi Sering Rugi
19-06-2021 21:16
Kami ga makan infrastruktur


emoticon-Marah
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia