News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cb40411b1723433f1280a3/waspada-ini-skenario-terburuk-andai-ri-kolaps-diamuk-corona
Corona di Indonesia melonjak, Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane mewanti-wanti risiko kolaps fasilitas kesehatan dua hingga empat pekan mendatang. Kolaps dinilai Pane bisa terjadi jika tak ada pergerakan cepat dari pemerintah untuk tegas memperketat aturan demi menekan kasus COVID-19.
Lapor Hansip
17-06-2021 19:29

Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Past Hot Thread
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Corona di Indonesia melonjak, Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane mewanti-wanti risiko kolaps fasilitas kesehatan dua hingga empat pekan mendatang. Kolaps dinilai Pane bisa terjadi jika tak ada pergerakan cepat dari pemerintah untuk tegas memperketat aturan demi menekan kasus COVID-19.


Pane mendesak pemerintah memperketat pengawasan warga terkait kepatuhan melakukan protokol kesehatan. Selain itu, ia menyoroti tracing COVID-19 yang perlu dijalankan dengan benar.

Dalam kesempatan terpisah, pakar epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman menggambarkan beberapa kondisi yang bisa terjadi di Indonesia jika kolaps terjadi.

Banyak kasus wafat tak tertangani
Seperti beberapa negara sebelumnya, termasuk India dan Wuhan, China, akan banyak kasus kematian COVID-19 yang terjadi sebelum sempat tertangani imbas fasilitas kesehatan setempat tak lagi mampu membendung jumlah pasien COVID-19 yang membludak.

"Kalau sampai kolaps ya artinya akan banyak yang tidak tertangani, dan akhirnya akan banyak yang meninggal, itu dari pasien ya. Kemudian, kematian ini menimbulkan dampak lain, dampak panik masyarakat itu yang terjadi kan waktu di Wuhan di Italia, di Amerika, di Brasil di India," jelas Dicky kepada detikcom Kamis (17/6/2021).

Panik massal
Dicky juga menegaskan panik massal akan terjadi dan menjadi perhatian serius pemerintah. Dari sisi psikis banyak warga akan ketakutan lantaran melihat kasus COVID-19 tak kunjung tertangani.

"Wah ini panik massal ini serius, sangat serius, ini yang harus diperhitungnkan dari sisi psikologi massal sosial oleh pemerintah," sambungnya.

Kekurangan tenaga kesehatan
Belum lagi tenaga kesehatan yang berkurang, baik dikarenakan wafat akibat COVID-19, juga mereka yang akhirnya terdampak psikisnya hingga takut untuk merawat pasien Corona karena kasus COVID-19 sudah terlalu banyak. Beban tenaga kesehatan akan sangat meningkat jika kolaps benar terjadi.

"Kemudian dampak dari kolaps ini akan menyangkut SDM kesehatan, sdm kesehatan ini yang akan overburder, beban berlebihan, ya dia jatuh sakit, banyak juga kan sebelum kolaps ini sudah banyak yang meninggal," gambaran Dicky.

"Jadi ini akan menciptakan sebetulnay juga siklus atau lingkaran yang merugikan karena tadi panik akan menimbulkan banyak hal tapi di tenaga kesehatans endiri takut mengobati ke rumah sakit dan sebagainya termasuk semakin berkurang SDM nakesnya," lanjutnya.

Ventilator terbatas
Terakhir, hal yang paling mungkin terjadi terbatasnya alat kesehatan seperti ventilator. Permintaan ventilator atau bantuan alat oksigen yang paling diperlukan dalam menangani pasien COVID-19 kritis bisa terus meningkat hingga sulit akses menghadapi situasi tersebut.

"Nanti belum nanti dari sisi kolaps ini adalah dari sisi bagaimana ketersediaan atau terbatasnya ventilator atau oksigen jadi sangat bahaya," beber Dicky.

"Jadi hari demi hari akan terus meningkat karena kolapsnya ini banyak yang tidak tertangani, jadi namanya situasi puncak itu bisa lebih dari 2-3 hari, setidaknya semingguan, dan ini yang kita khawatirkan karena kematian besar yang terjadi kita tidak pernah tertangani sebelumnya," pungkasnya.

Sumber
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 33 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 07:33
Yg ngebiarin orang2 dari India masuk kemaren sapa cogg

Blog goblog..

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 07:46
Kami sebagai rakyat biasa di NKRI mendoakan kepada para pucuk pimpinanbagar bisa diberi petunjuk oleh Tuhan yang maha esa untuk bisa mengatasi masalah corona dengan cara ekonomis, efektif dan effisien... Aamiin
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 07:48
Salah satu skenario terburuk adalah orang yg arogan tidak mau pake masker dan menganggap corona adalah trik politik akhirnya menjadi gila dan akhirnya RSJ penuh jugaemoticon-Ngakak
Diubah oleh fastener21
profile-picture
aldean1605 memberi reputasi
1 0
1
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 07:50
Duh, berita buruk melulu
Sekaliw kasih positif energi dong
Wkwkwkkk
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 07:58
yg ga percaya bakalan tetap bilang ini pembodohan. emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 08:05
Santuy saja bagi yang mengimani qadha dan qadar emoticon-Cool
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 08:19
Daripada salahin sana sini klo memang bisa sih saya bersedia jadi nakes sukarela, tapi ya gitu klo sampe terjadi kolaps
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 08:48
Kolaps pada waktunya..
Siap² nyetok indomie berdus² drmh
emoticon-Ngacir
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 08:54
Banyak faktor : kadroen, masyarakat goblok, oknum nakes yg korupsi, oknum mentri yg korupsi, mengambil keuntungan dr pandemic, komplit semua..

dimulai dr diri lu aja deh, makanya ttp prokes pake maskernya jgn kendor

Ane jengah mgeliat tukang parkir aja gak pake masker, tukang jualan gak pake masker, dan masyarakat goblok2 miskin lainnya yg udah miskin dan tolol goblok ogah pake masker, yaudah mati aja kalian dr sekarang deh gak guna jg emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
Gurke dan Rinka17 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:02
Tabung oksigen dah mulai naik harganya, pasukan oksigen jg dah mulai kewalahan gan..
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:04
Penanganan yang setengah2 sehingga masyarakat pun engga percaya pemerintah lagi
profile-picture
AnggaArthaPutra memberi reputasi
1 0
1
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:13
Gawean kok meden medeni, ora kreatif blazt. Coba cueki wae mengko kan yo lali dewe wong karo coro. Lha siki kabeh do paranoid karo coro.
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:15
pendapat ane kayak gini:

kolaps system kesehatan -> kolaps system ekonomi -> rakyat lapar + sakit -> perang sipil -> indonesia bubar -> Khalifatul Qadruniyyah alJakarta berdiri, dan wan aboed sebagai khalifa.

bakal banyak zombi kayak resident evil.

Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

pendapat doang sih.


emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:15
Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona

Judulnya terlalu berlebihan menakuti ah...
Terburuk bagaimana??
2 atau 3 hari yg lalu semua Gubernur se jawa masih sibuk nyapres!

profile-picture
crot113 memberi reputasi
1 0
1
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:19
saya yakin rakyat Indonesia bisa tertib protokol kesehatan.. bisa ya kita semua, saling menjaga..
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:26
Ucapan adlh do'a.emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:27
Dipikirin terus malah Stress...
Gak dipikirin pasti selintas kepikiran...
Mending jalanin aja dah...
Kembalikan semua pada Allah SWT...
Yang penting tetap Jaga ProKes...
Dan Berdo'a pada Allah SWT...
Serta terus berfikir Positif 🙏

#SelfReminder
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:53
Tepatnya itu libur lebaran masyarakat indo skrg sudah bodo amat
kalau untuk mudik hnya sekian persen pd mudik sisanya tetap bertahan dan holiday ke tempat pariwisata.
Balik lagi ke regulasi pemerintah pusat dan pemda dlam mengambil kebijakan..

Yg jdi pertanyaan sekarang brpa persen kah prokes itu di jalankan oleh pemilik usaha ritel dan pariwisata ???
Bus tetap full
Kereta tetap full
pariwisata tetap full

kebimbangan pemerintah antara ekonomi dan covid 19
profile-picture
crot113 memberi reputasi
1 0
1
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:57
Mau wfh sampe berapa tahun bre?
0 0
0
Waspada! Ini Skenario Terburuk Andai RI Kolaps Diamuk Corona
19-06-2021 09:58
Hadehhhhh... mudah"an cepet kelar dah corona nya, udh pusing liatnya.... sumpekkkk....
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia