News
Batal
KATEGORI
link has been copied
139
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cadeec61a13e4f252a2b6f/produk-ri-wajib-sertifikasi-halal-segini-biayanya
Pemerintah menerbitkan aturan tarif layanan jaminan produk halal pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. Aturan tersebut tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 57/PMK.05/2021 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama.
Lapor Hansip
17-06-2021 12:34

Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!

Past Hot Thread
 Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!

Pemerintah menerbitkan aturan tarif layanan jaminan produk halal pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Aturan tersebut tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 57/PMK.05/2021 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama. Aturan tersebut diteken pada 3 Juni 2021 dan berlaku setelah diundangkan.

"Besaran tarif ditetapkan usai dikaji oleh tim penilai. Tarif terdiri dari tarif layanan utama dan tarif layanan penunjang," jelas Pasal 2 PMK tersebut dikutip Rabu (16/6/2021).


Adapun tarif layanan utama meliputi tarif layanan sertifikasi halal terhadap barang dan jasa, layanan akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan registrasi auditor halal. Selain itu juga meliputi tarif layanan pelatihan auditor halal dan penyelia halal dan tarif layanan sertifikasi kompetensi auditor halal dan penyelia halal.

Penetapan tarif layanan sertifikasi halal seperti dikutip Pasal 9, paling sedikit mempertimbangkan aset, omset, titik kritis produksi, teknologi yang digunakan, area pemasaran, dan/atau bentuk Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Sementara tarif layanan penunjang mencakup tarif penggunaan lahan, ruangan, gedung, dan bangunan serta tarif penggunaan peralatan dan mesin. Serta tarif penggunaan laboratorium dan tarif penggunaan kendaraan bermotor.

"Tarif yang berlaku pada perjanjian atau kerja sama antara Badan Layanan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal pada Kementerian Agama dengan pihak pengguna jasa sebelum berlakunya Peraturan Menteri ini, dinyatakan tetap berlaku sampai berakhirnya perjanjian/kerja sama," seperti dikutip Pasal 18.

Khusus bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang memenuhi kriteria dari sejumlah tarif akan digratiskan. Meliputi bebas tarif layanan pernyataan halal ( self declare), tarif layanan perpanjangan sertifikat halal, dan tarif layanan penambahan varian atau jenis produk. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan negara.

Di samping itu, pemerintah juga membebaskan layanan pelatihan penyelia halal bagi usaha mikro. "Tarif layanan pelatihan penyelia halal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf d bagi pelaku usaha mikro dan kecil dapat dikenakan tarif layanan sebesar Rp 0,00," bunyi Pasal 6 PMK itu.

Sebaliknya, tarif layanan sertifikasi halal barang dan jasa terhadap pelaku usaha besar atau pelaku usaha luar negeri dikenakan 150% atau lebih tinggi dari tarif batas atas layanan.

Berikut besaran tarif layanan Jaminan Produk Halal pada BPJPH:

- Sertifikasi halal untuk barang dan jasa. Meliputi, sertifikasi halal proses reguler, perpanjangan sertifikat halal, penambahan varian atau jenis produk, dan registrasi sertifikat halal luar negeri. Tarifnya sebesar Rp300 ribu sampai dengan Rp5 juta per sertifikat.

- Akreditasi lembaga pemeriksa halal tarifnya Rp2,5 juta sampai dengan Rp17,5 juta per lembaga.

- Registrasi auditor halal tarifnya Rp 300 ribu per orang.

- Pelatihan auditor halal dan penyelia halal tarifnya Rp1,6 juta hingga Rp3,8 juta per orang.

- Sertifikasi kompetensi auditor halal dan penyelia halal Rp1,8 juta hingga Rp3,5 juta per orang.

sumber
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 32 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:24
Pelahap babi berbahagia membaca ini.
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:42
Proyek.
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:43
yang balik lagi tergantung produknya, klo perusahaan besar yang mungkin juga biaya yang dikeluarkan besar juga.
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:44
Sertipikasi halol
Iuran ormas
Bayar keamanan preman lokal
Duit urus ini itu kelurahan kecamatan
Pelicin sana sini

Indahnya negriku emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:47
Wiih tarif layanaannya lumayan juga yaa
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:47
Tapi produk UMKM gratis bro
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:53
dulu pernah ngurus sama orang dalem. ya 2jt doang sih. tau dah itu biaya apaan.
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 20:59
Lah keluar uang lagi dong buat dicap halal
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 21:02
ada pelatihan auditor halal. apa berarti swasta bisa jadi lembaga pemeriksa produk halal? MUI masih dpt jatah stenpel ga ya? emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 21:48
Ane cuma nunggu rokok dapat sertifikasi halal. emoticon-Ngakak
profile-picture
secer memberi reputasi
0 1
-1
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:00
Proyek lagi nih brei.. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:02
Ane rasa sih untuk kdepannya bakalan menjadi polemik yang baru karena di indonesia ada bbrpa macam kpercayaan. Jadi bisa lah menghargai satu dengan yang lainnya
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:03
 Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
emoticon-Cool
profile-picture
z-0o-m memberi reputasi
1 0
1
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:10
Proyek label neh.... mayaaaaan
Taulah birokrasinya cemmana......
emoticon-Traveller
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:11
terus kalo udah diserifikasi halal kemudian uang nya dibawa kabur apa akan diganti oleh negara? ojk aja ga guna emoticon-Ngakak
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:23
wacana yg bagus dari pemerintah..





bismilah doge coin to the moon emoticon-Cool
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:28
Hayo ..., 'gimana cara membuktikan apakah produk kondom itu halal 'nggaknya ?
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:28
Asu tenan
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:29
Menurut ane sertifikasi halal kurang jelas
Harusnya lebih spesifik kayak kandungan minyak jenuh tinggi, gula tinggi dkk ini bisa naikin mortalitas masyarakat secara umum
Trus kalau ada sertifikasi halal harus ada haram juga, biar lebih jelas, yang gak ada stiker nya berarti belom diuji
Diubah oleh dicky.farista
0 0
0
Produk RI Wajib Sertifikasi Halal, Segini Biayanya!
17-06-2021 22:43
Miras dan produk daging B2 pake stempel Haram dong
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia