Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Robot Cina "Zhurong" Berpoto di Permukaan Mars, Seakan-akan Pamer ke AS Saja
Foto: scmp.com


Robot penjelajah buatan Cina yang bernama "Zhurong" rover mengirim beberapa gambar permukaan Planet Mars ke Bumi, dan selama penjelajahannya Zhurong mampu mengambil selfie yang menunjukkan panel surya yang terpasang dibagan robot Zhurong, robot rover ini mengambil gambar dengan menggunakan kamera bagian atas rover.

Pada hari Jumat, Badan Antariksa Cina (CNSA) telah menerbitkan hasil gambar yang diambil oleh Zhurong rover. Hasil gambar menunjukkan area di sekitar pendaratan Zhurong yang terlihat sangat datar dan berbatu. Meskipun ada sebagian pengambilan gambar miring, hal tersebut di disebabkan oleh rover yang bergerak dan itu bisa dilihat dari jejak yang ditinggalkannya.

Robot tanpa awak Zhurong memiliki berat 240 kg, Zhurong mendarat tepat di Utopia Planitia, dan akan mempelajari struktur tanah dan atmosfer di planet Mars misi ini akan dilaksanakan selama tiga bulan.

Foto Zhurong ambil gambar saat turun dari pesawat pengantar | bbc.com


Perjalanan tersebut merupakan pencapaian besar bagi Cina, yang menjadi negara kedua di dunia yang mendaratkan robot tanpa awak di permukaan Mars, dan yang pertama adalah Badan Antariksa Amerika (NASA), saat ini robot Perseverance milik NASA sedang melakukan eksplorasi di permukaan Mars.

Persaingan kedua negara adikuasa antara Cina dan Amerika memang sedang bersaing ketat untuk menjadi negara terhebat, baik dari segi teknologi, militer dan ekonomi. Melalui robot Zhurong rover Cina akan mempelajari beberapa struktur tanah dan atmosfer. Namun, tidak menutup kemungkinan eksplorasi Mars akan menjadi persaingan penentu negara mana yang hebat.

Foto ilustrasi Zhurong | ustoday.com


Presiden Cina juga mengucapkan selamat kepada Badan Antariksa Cina yang sudah bekerja dengan baik dengan berhasil mendaratkan Zhurong ke permukaan Mars. Foto-foto yang di ambil Zhurong mungkin membuat Badan Antariksa Amerika akan merasa tersaingi dan akan timbul kecemasan jika Cina berhasil deluan meneliti atmosfer dan permukaannya.

Meskipun demikian, semoga kedua negara ini bisa membuka tabir dari planet Mars, apakah planet tersebut dapat dihuni manusia atau tidak. Dan bisa mempublikasikan tentang hasil penelitian di Mars agar dapat menambah wawasan.



Referensi: scmp.com China posts new Mars photos from rover Zhu Rong, declares mission a success
Diubah oleh Sambelterasi052 12-06-2021 16:15
indramamoth
VeY
alifrian.
alifrian. dan 27 lainnya memberi reputasi
26
6.4K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.