DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Generasi Muda Wajib Tahu Musik Keroncong?


Kaskus DeYudi69 -Halo Gan-Sist, apa kabar semuanya? Moga baik-baik aja ya.

Ada satu hal nih yang ane rasa mulai atau hampir dilupakan, oleh sebagian besar dari kita-kita semuanya sebagai kaum milenial.

Kira-kira ada yang bisa nebak nggak? Ane rasa kalian semuanya pasti udah pada bisa nebak ya, dari judul thread ane kali ini aja udah keliatan banget isinya kek mana wkwkwkwk.


Intan Soekotjo

Yaudah deh, ane mau sedikit cerita dulu nih, ane kelahiran tahun 93, bisa dibilang usia ane udah tua, bisa dibilang juga nggak ketuaan amat wkwkw.

Ane pertama kali dengerin lagu keroncong itu pas jamannya masih ada televisi hitam putih sama radio FM stereo yang masih make batre itu.

Nah, jaman itu kira-kira tahun 99 ya, kakek ane demen banget tu yang namanya mantengin siaran TVRI Bali setiap sorenya sepulang beliau bekerja di sawah. Almarhum kakek ane itu pasti bakalan marah kalo ane ngeganti siaran TVnya ke Channel lain buat nonton film kartun wkwkwk.

Nah pas sore kira-kira jam 6, munculah peralihan siaran dari TVRI Nasional ke TVRI Bali, trus dibuka dengan lagu Keroncong Pulau Bali.

Itulah yang menjadi awalnya ane mulai menyukai beberapa lagu keroncong, dan sampai saat ini masih sering ane puter MP3nya.

Lagu atau musik keroncong sendiri merupakan lagu yang tercipta di Indonesia nih Gan-Sis, jadi musik keroncong merupakan milik Bangsa Indonesia, terciptanya lagu keroncong diperkirakan pada jaman kolonial Hindia-Belanda dulu, buat lebih jelasnya coba deh Gan-Sis searching aja infonya di Mbah Google.

Dan berikut ini beberapa lagu keroncong yang masih melekat banget pokoknya terngiang - ngiang di telinga ane, dan mungkin aja bakalan terngiang-ngiang juga di telinga Agan Sista setelah ngedengerin sendiri. Cekidot!

1. Keroncong Pulau Bali

Spoiler for Keroncong Pulau Bali:


Spoiler for Keroncong Pulau Bali Versi duet:


Nggak dijelasin siapa sebenarnya pencipta dari lagu keroncong ini yang ditandai dengan tulisan NN yang artinya anonim kalo nggak salah wkwkw. Tapi dari liriknya sih lagu keroncong ini diciptakan buat Pulau Bali sebagai salah satu bagian dari NKRI.

2. Keroncong Dewi Murni - Sundari Soekotjo

Spoiler for Keroncong Dewi Murni:


Nah, salah satu penyanyi keroncong yang ane suka dengerin lagu-lagunya yaitu lagu keroncong yang dibawakan oleh salah satu legenda penyanyi keroncongnya Indonesia Eyang Sundari Soekotjo. Coba deh Gan-Sis resapi dan hayati ... lama kelamaan pasti bakalan ikutan suka dengerin lagu keroncong wkwkw. Ane sih nggak maksa ya, cuma memperkenalkan aja, soalnya ane juga tau, masing-masing orang selera musiknya pasti nggak bakalan sama.

3. Bengawan Solo - Gesang

Spoiler for Keroncong Bengawan Solo:


Duh, kalo yang ini sih ane rasa semua orang pasti bakalan tau, bahkan lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang ini udah go Internasional lo ... nih buktinya orang luar jago banget mainin lagu Bengawan Solo.

Spoiler for Bengawan Solo Versi Korsel:


4. Di Bawah Sinar Bulan Purnama - Sundari Soekotjo

Spoiler for Di Bawah Sinar Bulan Purnama:


Gimana Gan-Sis? Udah ikutan mabok lagu keroncong belom? Wkwkw
Jadi, nggak ada salahnya kan, kita sebagai generasi milenial menyukai musik keroncong sebagai salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia?

Spoiler for Putri Malu - keroncong milenial:


Akhir kata ane ucapkan terima kasih, buat semua Gan-Sis yang udah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca thread ane kali ini, mohon maaf kalau ada salah kata, sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya ya. Babay 👋

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi dan di sini

Sumber gambar : di sini

Diubah oleh DeYudi69 14-06-2021 22:25
jiresh
indramamoth
edelweis111
edelweis111 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
3.4K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread•82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.