Isda555Avatar border
TS
Isda555
EURO 2020: PREDIKSI ITALIA VS SWISS
Grup A
Italia vs Swiss
Kamis, 17 Juni 2021 Pukul 02:00 WIB
Stadio Olimpico (Roma)


Aksi Roberto Mancini bersama Italia ketika melawan Swiss pada tahun 1992 - uefa.com


Preview

Pada malam pembukaan, Italia tampil impresif setelah upacara pembukaan yang mengagumkan, pasukan Roberto Mancini yang bermain di kandang sendiri menghabisi Turki dengan tiga gol tanpa balas.

Bek Juventus Merih Demiral secara tidak sengaja bertanggung jawab dalam memecah kebuntuan dengan gol bunuh dirinya, sebelum striker Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne menggenapkannya menjadi 3-0 - kemenangan kesembilan Italia secara beruntun.

Italia juga mencatatkan clean sheet pada masing-masing kemenangan beruntun tersebut, meski beberapa di antaranya merupakan lawan yang 'kurang sebanding'. Berhadapan dengan Swiss, juara dunia empat kali itu akan berusaha meraih sepuluh kemenangan beruntunnya - hanya untuk kedua kalinya dalam sejarah panjang dan gemilang Azzuri – kemenangan beruntun pertama terjadi selama kualifikasi.

Faktanya, ukuran tugas Swiss akan semakin berlapis mengingat Azzurri belum sekalipun menelan kekalahan sejak September 2018 dan tanpa kebobolan di tahun 2021 ini.

Dengan performa yang mewakili sembilan pertandingan terakhir La Nazionale, duet bek veteran Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci telah memperkuat barisan belakang mereka dengan otoritas yang khas. Mancini juga dipuji karena telah memperkenalkan tenaga baru ke dalam tim, Chiellini kini berusia 36 tahun, sementara rekan klubnya Bonucci berusia 34 tahun - dan bersama-sama mereka telah mengumpulkan total 209 caps untuk tim nasional.

Dasar itulah yang telah membantu mantan manajer Manchester City Mancini meraih kemenangan dalam lebih dari dua pertiga pertandingan yang dilakoninya hingga saat ini, karena tim barunya tidak terkalahkan dalam 28 pertandingan dan terus berjalan. Selama periode tersebut, Italia telah mengawinkan pemain sarat pengalaman dengan semangat mudanya, menjadikan mereka sebagai pesaing kuat untuk mengakhiri setengah abad atas penantian gelar Kejuaraan Eropa di Wembley bulan depan.


Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne merayakan gol ketiga Italia melawan Turki - uefa.com


Pada Kamis dini hari (17/6), Italia berkesempatan menyegel tiket 16 besar dengan satu pertandingan tersisa, yang dapat mendorong mereka memanfaatkan keunggulan sebagai tuan rumah ketika melawan tim dengan kemampuan yang relatif terbatas.

Dipaksa puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Wales akhir pekan lalu, Swiss akan mengunjungi ibu kota Italia dengan mengetahui bahwa kemenangan-kejutan hampir pasti akan menyegel perjalanan mereka ke babak sistem gugur, tetapi poin yang lebih realistis dapat diraih untuk menjaga agar nasib mereka tetap berada di tangan mereka sendiri.

Meski sempat unggul lewat gol pembuka Breel Embolo di Baku, tim Vladimir Petkovic harus puas dengan hasil imbang setelah sundulan dari Kieffer Moore berhasil menjadi gol penyeimbang bagi Wales, dan dengan hasil itu, Swiss masih hanya memenangkan dua dari 14 pertandingan mereka di ajang Euro.

Meski hanya kalah sekali dalam 15 pertandingan terakhir mereka di kompetisi internasional utama Eropa - termasuk pertandingan kualifikasi - Swiss telah tersingkir di babak penyisihan grup tiga kali sebelumnya, sebelum tersingkir di babak 16 besar di Prancis lima tahun yang lalu.

Harapan La Nati untuk melampaui pencapaian tersebut kali ini dibangun dengan lini tengah yang solid - menampilkan pemain Arsenal Granit Xhaka dan Remo Freuler yang berbasis di Bergamo - sementara taburan pemain berbakat seperti Embolo dan Xherdan Shaqiri bisa menjadi ancaman bagi lini belakang Italia yang tangguh.

Petkovic hampir pasti akan mengambil pendekatan pragmatis untuk mengimbangi tim nasional Eropa yang sedang dalam performa terbaiknya, sadar bahwa raihan positif di Olimpico akan menempatkan Swiss di posisi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan rival Grup A lainnya.


Embolo, Freuler dan Mbabu merayakan gol ke gawang Wales - uefa.com


Prediksi Susunan Pemain


Italia

Roberto Mancini diperkirakan tidak akan membuat banyak perubahan pada starting XI yang sukses meraih kemenangan atas Turki, karena ia ingin mengarahkan pasukannya ke babak sistem gugur dengan kemenangan, menjadikan pertandingan ketiga mereka, melawan Wales sebagai peluang yang lebih mungkin untuk merotasi tim.

Meski begitu, pertandingan ini mungkin datang terlalu cepat untuk pemain kunci lini tengah Marco Verratti, yang akhirnya mampu mengatasi cedera lutut yang dideritanya, tetapi belum siap sepenuhnya untuk merebut kembali posisi sebagai starter. Oleh karena itu, gelandang Sassuolo, Manuel Locatelli, akan kembali bergabung dengan Jorginho dan Nicolo Barella di pertandingan ini.

Satu area yang diperkirakan membutuhkan wajah baru adalah di posisi bek kanan, karena Alessandro Florenzi masih berjuang menghilangkan masalah betis yang dialaminya. Pemain PSG itu harus diganti dengan pemain Napoli Giovanni Di Lorenzo menjelang babak kedua melawan Turki.


Swiss

Pelatih kepala tim tamu Vladimir Petkovic - yang kembali ke stadion yang pernah ia sebut sebagai rumah saat menangani Lazio - juga mempertimbangkan susunan pemain yang relatif tidak berubah dari pertandingan pembukaan mereka, dan diperkirakan hanya memasukkan pemain tengah energik Denis Zakaria ke dalam tim inti.

Pekan ini, Swiss telah memanggil kiper Gregor Kobel bergabung dengan skuad 26 pemain mereka untuk menggantikan Jonas Omlin yang mengalami cedera pergelangan kaki saat melakukan pemanasan pada hari Sabtu (12/6).

Kobel belum memiliki caps di level senior, tetapi dirinya hanya diminta menggantikan Omlin sebagai pelapis Yann Sommer yang menjadi pilihan utama dan wakilnya, Yvon Mvogo.

Italia:
Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli; Berardi, Immobile, Insigne

Swiss:
Sommer; Elvedi, Akanji, Schar; Mbabu, Xhaka, Freuler, Rodriguez; Shaqiri; Embolo, Seferovic


Head 2 Head

06/06/10 Switzerland 1-1 Italy
13/08/09 Switzerland 0-0 Italy
01/06/06 Switzerland 1-1 Italy
30/04/03 Switzerland 1-2 Italy
10/06/99 Switzerland 0-0 Italy


5 pertandingan terakhir Italia

29/03/21 Bulgaria 0-2 Italy
01/04/21 Lithuania 0-2 Italy
29/05/21 Italy 7-0 San Marino
05/06/21 Italy 4-0 Czech Republic
12/06/21 Turkey 0-3 Italy


5 pertandingan terakhir Swiss

29/03/21 Switzerland 1-0 Lithuania
01/04/21 Switzerland 3-2 Finland
31/05/21 Switzerland 2-1 United States
03/06/21 Switzerland 7-0 Liechtenstein
12/06/21 Wales 1-1 Switzerland



PREDIKSI

ITALIA 1-0 SWISS


#EURO2020


emoticon-Gregetan
Sambelterasi052
Sambelterasi052 memberi reputasi
1
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.