anyesnihAvatar border
TS
anyesnih
Minuman Sponsor Piala Eropa ini, Berbahaya?
Video pemain legendaris Cristiano Ronaldo, sempat ramai dibicarakan dalam laman media sosial Twitter. Pasalnya, ia sempat membuat “aksi” yang tidak diduga-duga sebelumnya. Apa ya yang dilakukan Ronaldo sampai bikin warganet heboh?


(Ronaldo di konferensi pers Piala Eropa 2020, Foto: Tribunnews.com)

Selaku kapten tim nasional Portugal, ia menghadiri konferensi pers jelang laga timnya melawan Hungaria dalam ajang Piala Eropa 2020, yang akan berlangsung di Stadion Puskas, Hungaria. Namun, sebelum konferensi pers itu berlangsung, pemain mega bintang ini menyingkirkan dua botol minuman soda yang sudah tersedia di depannya.



Tapi ternyata Gan Sis, minum soda bermerek Coca Cola tersebut merupakan salah satu sponsor Euro 2020, hal ini ditakutkan akan berdampak pada laga yang akan dimainkannya. Ia bahkan mengingatkan semua orang untuk meminum air putih, bukan Coca Cola. Waduh! Emangnya apa aja ya kandungan dari minuman tersebut? Yuk kita ulas bareng-bareng.

Coca cola merupakan minuman ringan berkarbonasi yang diproduksi oleh The Coca Cola Company, yang terletak di Atlanta. Coca cola berasal dari dua kata yakni daun koka dan kacang kola yang merupakan sumber kafein. Pengkonsumsian kafein ini bisa menimbulkan efek ketergantungan loh Gan Sis.


(Minuman soda Coca cola, Foto: Forbes.com)

Bukan hanya kafein, minuman yang ditemukan pada akhir abad ke 19 ini juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi, terutama fruktosa. Fruktosa memiliki jenis yang sama dengan glukosa, meski masih termasuk dalam jenis gula tetapi ia tidak bisa menghasilkan energi seperti gula. Kenapa ya?

Tubuh tidak bisa menggunakan fruktosa sebagai energi karena jalur metabolisme di dalam tubuh akan berbeda, dan harus dihancurkan terlebih dahulu di dalam tubuh menjadi bentuk yang paling sederhana. Fruktosa juga bersifat lipogenik, sehingga dapat merangsang produksi sel lemak. Maka dari itu, bisa menyebabkan penumpukan lemak atau obesitas.


(Bentuk Fruktosa, Foto: Alodokter)

Selain itu, karena mengandung kadar gulanya yang cukup tinggi memungkinkan konsumen terkena penyakit diabetes dan karies gigi. Pantes aja Ronaldo mengajak orang-orang untuk berhenti minum coca cola ya Gan Sis!

Ngga sampai di situ, minuman ini juga mengandung pewarna makanan dan asam fosfat. Asam fosfat sendiri bisa menyebabkan penyakit ginjal dan penurunan kepadatan fungsi tulang. Waduh! Ternyata kandungannya cukup bahaya ya.

Nah Gan Sis, sebenarnya semua makanan dan minuman yang dikonsumsi secara berlebihan emang akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Tapi kalau Cuma sekali-sekali boleh kali ya? Hehe, gimana nih menurut agan dan sista?
Diubah oleh anyesnih 15-06-2021 06:25
kudanil.la
toinxx08
Shyesun.pucha
Shyesun.pucha dan 24 lainnya memberi reputasi
23
6.5K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.