GamerBegajulanAvatar border
TS
GamerBegajulan
Bahaya Game Ini Bikin Anak Jadi Konsumtif!



Saat ini, game merupakan kebutuhan hiburan sehari-hari bagi banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa pun mulai menggandrungi bermain game
offlinemaupun game online. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa cukup banyak game yang bisa menimbulkan kecanduan dan juga berpotensi menguras isi dompet kalian. Nah untuk para orang tua, awasi anak-anak kalian dalam bermain game khususnya game untuk mobile dikarenakan selain aksesnya yang mudah kebanyakan game mobile juga gratis. Mungkin gansis akan berpikir "kok game gratis bikin kantong jebol?" Eiiiits jangan salah, justru game-game gratis yang terdapat pada gawai kalian harus diwaspadai. Memainkan gamenya memang gratis namun ada konten-konten yang harus dibayarkan untuk mendapatkannya, seperti kostum, energi, perlengkapan, pahlawan, dan konten-konten lainnya

Mungkin untuk orang dewasa mereka dapat menentukan pilihan dan menerima konsekuensinya tapi tidak untuk anak-anak, mereka tanpa berpikir panjang akan menggunakan cara mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, bisa diambil dari uang tabungan, uang jajan harian, atau kartu kredit/debit/emoney milik orang tua. Oleh karena itu, untuk para orang tua harus memperhatikan game apa yang mereka mainkan. Nih ane kasih beberapa game gratis yang benar-benar menguras kantong jika benar-benar mengikuti kontennya. Cekidot!


Genshin Impact (Free for Mobile, PC, & Console)




Game besutan MiHoyo ini memberikan sensasi permainan yang luar biasa sejak awal dirilis, game ini  memberikan sebuah jalan cerita petualangan yang menyenangkan. Tapi setelah menyelesaikan semua quest, itu hanya akan menjadi omong kosong karena pemain diharuskan memiliki beberapa hero yang bisa mengalahkan musuh. Memang game ini gratis namun pembaharuan kontennya berbahaya jika anak menggandrungi game ini, karena para pemain akan tertarik untuk gacha demi mendapatkan hero favoritnya. Perlu ditegaskan gacha adalah sistem dimana tidak ada kepastian entah itu berhasil atau tidak para pemain akan rela mengeluarkan uang demi mendapatkan pahlawan yang mereka sukai.  


Ane sendiri masih memainkan ini dengan baik karena ceritanya benar-benar membuat ane ketagihan dan konten baru terlihat menjanjikan, belum lagi gratis. Tapi ya gitu beberapa musuh bisa dikalahkan dengan hero tertentu sehingga betapa sulitnya jika kita tidak memiliki susunan hero yang mumpuni.

7DS (Free Mobile Game)




Waralaba anime maupun manga sering dijadikan bahan untuk adaptasi game. Kali ini yang mau ane bahas adalah serial anime bertajuk Seven Deadly Sins yang bisa gansis akses secara gratis melalui smartphone. Dengan tema RPG, tentu game ini akan mengundang para penggemarnya, dengan hadirnya berbagai macam kesatria tentu memainkan gamenya pun bisa membuat kita tertarik untuk mengoleksi para kesatria dan game ini merupakan game yang sangat amat rajin dalam hal update hero terbaru. Perlu gansis ingat setiap mengikuti jalan cerita yang menarik akan ada hero yang baru juga dirilis, seperti biasa game ini mengharuskan pemain untuk gacha demi mendapatkan hero yang kalian inginkan. Menurut ane game ini memang bisa dimainkan secara percuma namun ada beberapa misi yang tidak bisa diselesaikan jika kita tidak memiliki hero tertentu oleh karena itu game ini termasuk "UUD" Ujung-ujungnya duit hehe.




PABJI-M, Mobile Ledeng, & Pire-Pire (Free Mobile Game)



Game di atas merupakan rajanya game di Indonesia yang banyak dimainkan oleh anak-anak melalui smartphonemereka, game tersebut merupakan game gratis yang sangat mengasyikan bila dimainkan bersama teman-teman. Beberapa konten terbaru yang diberikan oleh game tersebut bisa kalian dapatkan dengan menukarkan koin yang bisa didapat dari kemenangan atas misi yang pemain selesaikan atau pemain bisa melakukan jalan pintas dengan cara top-up saldo untuk ditukarkan dengan kostum, barang, atau pahlawan yang pemain inginkan. Nah sebenarnya pemain benar-benar bisa memainkan game ini tanpa harus membeli apapun tapi namanya kalo sudah jatuh cinta mereka akan membeli apapun itu jika menyukainya. Nah ini yang harus menjadi perhatian orang tua untuk mengajari anaknya agar bijak dalam menggunakan uang, tidak ada salahnya jika punya uang banyak bebas untuk menggunakannya namun yang namanya anak kecil juga perlu dibimbing oleh orang tua agar pandai mengatur keuangan mana yang penting atau tidak sebagai bekal pikiran dimasa yang akan datang.



Masih banyak game gratis diluaran sana yang sangat menyenangkan untuk dimainkan, perlu diingat kata gratis tidak selamanya benar, beberapa game memiliki trik dimana mau ga mau pemain diharuskan membeli sesuatu untuk bisa menyelesaikannya, oleh karena itu untuk para orang tua juga harus belajar latar belakang game tersebut sebelum anak memainkannya. Kalau orang dewasa tentu sudah memiliki konsekuensi sendiri jika menjadi konsumtif namun jika anak yang menjadi konsumtif ini akan menjadi berbahaya terhadap pola pikir mereka. Belum lagi konten-konten game yang harus disesuaikan dengan umur anak. Oleh karena itu para orang tua juga bertanggung jawab kelak apa yang dilakukan anak. Kalo gansis setuju membebaskan anaknya jajan topup game atau memberikan mereka bimbingan?




ronalddch
indramamoth
sunshii32
sunshii32 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.5K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.