Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c320337b231d082f556f0d/bagaimanakah-pertemanan-yang-nyaman-dan-sehat-versi-agan-dan-sista
Sebagian besar orang di dunia ini memiliki teman atau bahkan sahabat yang selalu siap untuk menemani dalam melakukan aktivitas harian, baik dikala susah dan senang. Namun, pernahkah kamu memiliki lingkaran pertemanan yang menurutmu kurang sehat? Adaka
Lapor Hansip
11-06-2021 15:34

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
Halo, assalamu'alaikum. Selamat sore dan selamat beraktivitas buat semua. Semoga semuanya masih dianugerahi nikmat sehat dari Yang Kuasa. Aamiin.

Sebagian besar orang di dunia ini memiliki teman atau bahkan sahabat yang selalu siap untuk menemani dalam melakukan aktivitas harian, baik dikala susah dan senang. Namun, pernahkah kamu memiliki lingkaran pertemanan yang menurutmu kurang sehat? Adakah kamu merasakan ketidaknyamanan saat berteman dengan seseorang? Kalau iya, kondisi yang bagaimana yang membuatmu merasa tidak nyaman dalam lingkungan pertemanan itu?

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


Nah, kali ini, aku mau menuliskan 3 (tiga) hal yang biasanya membuatku merasa tidak nyaman dalam berteman. Apa sajakah itu?

1. Tentang Privasi

Beberapa orang mungkin tidak masalah jika urusan privasinya diketahui orang lain. Namun, ada juga yang tidak menyukai hal itu. Salah satu hal yang terkadang membuatku tidak nyaman dalam berteman adalah, saat semua hal tentangku ingin diketahui. Semisal, aku sedang komunikasi dengan siapa, berbagi pesan dengan siapa di aplikasi WhatsApp, membuka pesan yang dikirimkan seseorang untukku tanpa meminta izin.

Ya, terkadang hal itu terlihat sepele, tetapi sungguh tidak nyaman bagiku. Sebab, bagaimana jika pesan yang dibuka itu adalah pesan yang memang tidak ingin kubalas? Bagaimana jika si pengirim pesan merasa tersinggung karena pesannya telah dibuka dan aku tidak menyadari, kemudian tidak membalasnya karena bukan aku yang membukanya?

So, sedekat apa pun hubungan pertemanan atau persahabatan, tetaplah saling menghargai. Minta izinlah jika kamu hendak melakukan sesuatu di ponsel teman atau sahabatmu. Jangan membajak.✌️😁

Perihal privasi, bukan hanya tentang isi pesan atau ponsel, melainkan banyak hal yang lainnya. Mungkin juga tentang identitas dan foto.

2. Terlalu Posesif

Dalam lingkup pertemanan, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada muncul rasa cemburu saat teman atau sahabat kita pergi dan bersenang-senang dengan yang lain. Dan saat mereka bersenang-senang, kamu tidak sedang bersamanya.

Jangan membatasi ruang gerak teman atau sahabatmu. Biarkan dia menemukan lebih banyak relasi, melebarkan pertemanannya, dan melakukan aktivitas bersama temannya yang lain. Kamu tidak bisa terlalu membatasi ruang gerak seseorang.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kamu sering mendengar istilah, semakin banyak teman, semakin banyak relasi, maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh informasi yang akan mengantarkan kepada jalan menuju sukses. Hal ini berlaku jika lingkaran pertemanannya adalah lingkaran pertemanan yang positif, maybe.✌️

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


3. Memaksakan Kehendak

Beberapa orang, mungkin akan sangat memperhatikan penampilan saat berada di luar rumah. Nah, beberapa orang pun ada yang tidak mengurusi perihal itu.

Dalam hubungan pertemanan, tidak perlulah terlalu mengurusi teman atau sahabatmu akan mengenakan pakaian apa dan bagaimana. Menurutku, asal yang dia gunakan itu nyaman untuknya, masih sopan dan menutup aurat, tidak masalah. Dan, hem ... selera berpakaian setiap orang memang berbeda-beda dan tidak dapat dipaksakan untuk sama antara satu dengan yang lain. Bisa saja kamu merasa nyaman dengan yang kamu kenakan, tetapi tidak nyaman untuk orang lain.

Tidak boleh egois dalam menjalani setiap hubungan, meski itu hubungan pertemanan atau persahabatan yang sudah terjalin seperti saudara. Memaksakan kehendak tidak akan membuat orang lain merasa nyaman.

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


Itulah beberapa hal yang terkadang membuatku merasa tidak nyaman dalam lingkup pertemanan. Bagaimana pendapat Agan dan Sista? Apakah dalam hubungan pertemanan itu dibolehkan adanya batasan-batasan seperti yang telah kusebutkan di atas? Kalau tidak, mengapa? Dan jika ada pendapat lain, silakan ditambahkan.

Sekian thread kali ini, jangan ada yang tersinggung, ya. Terima kasih, dan semoga bermanfaat. Assalamu'alaikum.


Adiva Azzahra,
Gowa, 11 Juni 2021.

Sumber narasi: opini pribadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 08:40
dia ada disaat kita sedang sedih atau bahagia....
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan crot113 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 08:48
Justru yang namanya teman/sahabat, kalau teman/sahabat ngomong jujur (demi kebaikan) kita ga akan sakit hati & bisa nerima. Pertemanan yang sehat menurut gue NO FAKE ya. Depan bilang A, belakang bilang B
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan crot113 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 09:06
kalo menurut ane pokoknya ga saling canggung antar temen temen, udah kayak saling ejek sana sini gitu, tapi tetep ga ngelupain faktor faktor di atas itu hehe
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan crot113 memberi reputasi
2 0
2
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 09:10
Masuk dunia krj ane g prnh dah prcaya ada teman tulus mangkanya ane lbh milih brsikap B aj g dkt2 bgt sm org,g jauh jauh jg,yg trpnting ane mengusahakan diri g ngrepotin hal yg menurut ane repot utk mereka,
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan crot113 memberi reputasi
2 0
2
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 09:40
teman tapi ena-ena masuk yang mana?
emoticon-Ngakak
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 09:54
Ketika berkumpul ga merasa paling dan merendahkan lainnya..itu cukup buat aku.tmn kerja aku ga pernah deket,bykan busuk.
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan crot113 memberi reputasi
2 0
2
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 10:11
yang jelas gak codependency emoticon-Ngakak

sudah berkali kali mengalami

- punya tongkrongan dan circle baru = dinyinyirin bahkan sampai teman aye melarang aye nongkrong bareng circle aye (komunitas aye padahal komunitas photography sama movie enthusiast aja) dan teman aye musti tau daily routine aye (gf aye aja dak sampai seposesif gitu) emoticon-Ngakak

- kemana mana musti sama teman aye dan dapat approval dia, gf aye pernah marah besar malah diteriaki 'lu ceweknya kok dak ngecek daily routine dia? gua cuman takut dia nongkrong sama orang gak jelas' dibalas gf aye 'macam codependency sama posesif itu benar' malah diteriaki lagi dan gf aye dilabeli antisosial emoticon-Ngakak

kalau ngutang aye dak terlalu permasalahin, karena banyak yang suka ngutang di aye tapi transparan, ngasih jaminan sama berani balikin lebih kalau balikin hutangnya telat
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan MrJeffBezos memberi reputasi
2 0
2
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 10:18
IMO, Ya mirip-mirip dengan pacaran, kita berhubungan tapi masing-masing dari kita tetap punya dunianya sendiri-sendiri. Apalagi kalau usia makin bertambah kadang me time itu berasa ekslusif emoticon-Big Grin
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 10:44
Teman dan sahabat itu beda loh. Temansih bnyk, sahabat itu bs dihitung dgn jari, paling 1,2,3 orng. Biasanya teman itu selalu jaga image, klo sahabat suka blak2an gk ada yg namanya baper2an, senang sedih susah sllu bersama.
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 10:58
yang jelas hindari hutang
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:00
teman terbaik ay selama puluhan tahun sebagian besar karakternya sama, ndak suka merusak diri sendiri (kecuali merokok), dan bilang langsung (bahkan dengan kalimat menyakitkan) kalo ada sesuatu yang ndak sesuai, dan saling introspeksi....dan menjauhi kebiasaan kalo salah kabur, sebar hoax, dsb. Mau jabatan kayak apa, kalo salah ya salah aja...gak ada yang belain... emang cuma dikit jumlahnya, tapi menurut ay sudah syukur Alhamdulillah banget diberkahi lingkungan pergaulan seperti itu...tapi itu dari kita juga sih, kita yang milih, kita yang jaga.
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:09
Quote:Original Posted By adivaazzahra
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
Halo, assalamu'alaikum. Selamat sore dan selamat beraktivitas buat semua. Semoga semuanya masih dianugerahi nikmat sehat dari Yang Kuasa. Aamiin.

Sebagian besar orang di dunia ini memiliki teman atau bahkan sahabat yang selalu siap untuk menemani dalam melakukan aktivitas harian, baik dikala susah dan senang. Namun, pernahkah kamu memiliki lingkaran pertemanan yang menurutmu kurang sehat? Adakah kamu merasakan ketidaknyamanan saat berteman dengan seseorang? Kalau iya, kondisi yang bagaimana yang membuatmu merasa tidak nyaman dalam lingkungan pertemanan itu?

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


Nah, kali ini, aku mau menuliskan 3 (tiga) hal yang biasanya membuatku merasa tidak nyaman dalam berteman. Apa sajakah itu?

1. Tentang Privasi

Beberapa orang mungkin tidak masalah jika urusan privasinya diketahui orang lain. Namun, ada juga yang tidak menyukai hal itu. Salah satu hal yang terkadang membuatku tidak nyaman dalam berteman adalah, saat semua hal tentangku ingin diketahui. Semisal, aku sedang komunikasi dengan siapa, berbagi pesan dengan siapa di aplikasi WhatsApp, membuka pesan yang dikirimkan seseorang untukku tanpa meminta izin.

Ya, terkadang hal itu terlihat sepele, tetapi sungguh tidak nyaman bagiku. Sebab, bagaimana jika pesan yang dibuka itu adalah pesan yang memang tidak ingin kubalas? Bagaimana jika si pengirim pesan merasa tersinggung karena pesannya telah dibuka dan aku tidak menyadari, kemudian tidak membalasnya karena bukan aku yang membukanya?

So, sedekat apa pun hubungan pertemanan atau persahabatan, tetaplah saling menghargai. Minta izinlah jika kamu hendak melakukan sesuatu di ponsel teman atau sahabatmu. Jangan membajak.✌️😁

Perihal privasi, bukan hanya tentang isi pesan atau ponsel, melainkan banyak hal yang lainnya. Mungkin juga tentang identitas dan foto.

2. Terlalu Posesif

Dalam lingkup pertemanan, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada muncul rasa cemburu saat teman atau sahabat kita pergi dan bersenang-senang dengan yang lain. Dan saat mereka bersenang-senang, kamu tidak sedang bersamanya.

Jangan membatasi ruang gerak teman atau sahabatmu. Biarkan dia menemukan lebih banyak relasi, melebarkan pertemanannya, dan melakukan aktivitas bersama temannya yang lain. Kamu tidak bisa terlalu membatasi ruang gerak seseorang.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kamu sering mendengar istilah, semakin banyak teman, semakin banyak relasi, maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh informasi yang akan mengantarkan kepada jalan menuju sukses. Hal ini berlaku jika lingkaran pertemanannya adalah lingkaran pertemanan yang positif, maybe.✌️

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


3. Memaksakan Kehendak

Beberapa orang, mungkin akan sangat memperhatikan penampilan saat berada di luar rumah. Nah, beberapa orang pun ada yang tidak mengurusi perihal itu.

Dalam hubungan pertemanan, tidak perlulah terlalu mengurusi teman atau sahabatmu akan mengenakan pakaian apa dan bagaimana. Menurutku, asal yang dia gunakan itu nyaman untuknya, masih sopan dan menutup aurat, tidak masalah. Dan, hem ... selera berpakaian setiap orang memang berbeda-beda dan tidak dapat dipaksakan untuk sama antara satu dengan yang lain. Bisa saja kamu merasa nyaman dengan yang kamu kenakan, tetapi tidak nyaman untuk orang lain.

Tidak boleh egois dalam menjalani setiap hubungan, meski itu hubungan pertemanan atau persahabatan yang sudah terjalin seperti saudara. Memaksakan kehendak tidak akan membuat orang lain merasa nyaman.

Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?


Itulah beberapa hal yang terkadang membuatku merasa tidak nyaman dalam lingkup pertemanan. Bagaimana pendapat Agan dan Sista? Apakah dalam hubungan pertemanan itu dibolehkan adanya batasan-batasan seperti yang telah kusebutkan di atas? Kalau tidak, mengapa? Dan jika ada pendapat lain, silakan ditambahkan.

Sekian thread kali ini, jangan ada yang tersinggung, ya. Terima kasih, dan semoga bermanfaat. Assalamu'alaikum.


Adiva Azzahra,
Gowa, 11 Juni 2021.

Sumber narasi: opini pribadi.


Pertemanan dengan pemikiran matang dan tidak kekanak kanakan
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:25
Ane gak punya temen gan. Kebanyakan malah toxic, manfaatin ane doang kalo ada perlunya. Jadi ane pikir teman terbaik adalah istri
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:25
pengalaman ane pas umur masi sbelum kepala 3 itu tmn ane banyak bngt,,dr bbrapa channel akhirnya jd tmn deket... seiring waktu n umur uda kepala 3, ,masing2 uda punya jalan ninja nya sndiri..apalg klo uda berkeluarga,,yg td nya tmn deket ada banyak bngt, skrng yg masi dekat cuma 3-4 org..itu pun bs ktemu 2 minggu skali pun masi syukur,,sisanya via wassap palingan
kalau liat foto n video jaman ane masi suka ngumpul ya antara sedih n seneng,,sedih krn masa2 itu uda ane lewatin smua,,seneng krn liat foto itu ibarat mesin waktu smntara..bs mengenang jaman2 dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:37
Ane sih gak punya kriteria khusus pertemanan yg sehat kaya gimana.. selama bisa buat ane nyaman dan tau batasan masing masing, itu udah lebih dari cukup
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:41
Iya betul biarpun teman atau pacar yang namanya privasi ada yang ga perlu dikasih tau
Dan sebaiknya maupun teman dan pacar jangan terlalu posesif mengekang biarkan dia melakukan sesuatu yang penting positif
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 11:49
Temen yang bisa jadi support system, saling dukung satu sama lain
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 12:50
Pertemanan yang sehat adalah yang rutin berolahraga, teratur pola makan dan istirahatnya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 15:35
Yang bisa diajak tuker pikiran, bisa nanya dan ngasih solusi jalan keluar
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Bagaimanakah Pertemanan yang Nyaman dan Sehat Versi Agan dan Sista?
16-06-2021 15:45
Bagi ane temen yg baik itu yg bener2 mengerti banget sama ane.
Begitupun sebaliknya.
Ane gk sembarang nyari temen,ketika ane nyaman sama orang yg menurut ane bisa nih jd temen deket.
Ane pasti berusaha ngerti sama dia juga.
Bisa bantu saat susah,bisa suport saat lg down,dan lain2.
Dan yg terpenting gk sampe gk nganggap temen lg kalo gk bisa minjemin duit.
Kan ada tuh,kalo temen minjem duit,kitanya gk punya malah jd menjauh sendiri gitu.
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia