• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Kenapa Di Indonesia Jumlah Bangku Bus Lebih Banyak Di Sebelah Kanan?
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak  di sebelah kanan.




Ketika melihat sebuah bus ekonomi yang mempunyai konfigurasi seat 2-3, Gansis akan menemukan bahwa bangku bus tersebut lebih banyak di sebelah kanan, dan bukan sebelah kiri.

Sama juga dengan bus-bus Eksekutif dan Super Eksekutif yang mempunyai konfigurasi seat 1-2, Gansis juga akan menemukan bahwa kursinya lebih banyak di sebelah kanan.




Lantas, mengapa lebih banyak di sebelah kanan? Nah, oleh karena ingin menuntaskan rasa penasaran Agan dan Sista, ane bakal menjawabnya di thread ane yang satu ini Gansis.

1. Kepraktisan





Inilah faktor utama kenapa bangku bus di Indonesia lebih banyak di sebelah kanan. Yup, kepraktisan. Di Indonesia, setir kendaraan beroda empat ada di sebelah kanan. Berkendara di lajur kiri.

Otomatis, pintu akan ada di sebelah kiri, bukan sebelah kanan karena memang kendaraan berjalan di sebelah kiri.  Coba lihat gambar dibawah yang menunjukkan konfigurasi seat bus 59 seat yang umum adadi Indonesia.




Yup, bayangkan apabila kursi lebih banyak diletakkan di sebelah kiri. Tentunya, penumpang akan kerepotan untuk masuk dan akses masuk menjadi lebih sempit Gansis.

Oleh karena itu, bus-bus di Indonesia yang menggunakan konfigurasi seat 2-3 dan 1-2 lebih banyak meletakkan kursi di sebelah kanan, karena memang lebih praktis dibanding 2-3 atau 1-2 yang lebih banyak di sebelah kiri.




Walau memang, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, bus-bus banyak yang sudah menerapkan konfigurasi seat 1-1-1. Tujuannya tentu adalah, bisa tetap memaksimalkan penumpang di kelas yang cukup tinggi dengan tetap mempertahankan efisiensi dan, hal yang paling penting lagi, social distancing.

2. Jumlah Kursi





Jika kursi lebih banyak di sebelah kiri, setir bus ada di kanan dan mengemudi di lajur kiri seperti Indonesia, tentu jumlah kursi lebih sedikit karena terpotong oleh akses pintu masuk bagian belakang.

Mengapa demikian? Karena akses dari pintu masuk ke gangway, atau area kosong yang biasa dipakai untuk berjalan di tengah bus, akan memotong 1 row kursi di bagian kiri. Tentu, jika ditaruh di bagian kiri, jumlah kursi dalam row yang terpotong itu lebih banyak, kapasitas bus menjadi berkurang.



Agar kapasitas bus lebih banyak, kursi penumpang lebih banyak di sebelah kanan. Jika lebih banyak di bagian kanan, tentu kursi yang terpotong menjadi lebih sedikit dan kapasitas lebih banyak.

Nah, itulah 2 alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak di sebelah kanan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

Diubah oleh ulungrinjani 11-06-2021 14:20
jeff123556indramamothalfidanger
alfidanger dan 38 lainnya memberi reputasi
39
8.6K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.