KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Anak Bertanya Seks, Begini Jawaban yang Tepat

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka penasaran sehingga sering bertanya kepada orang tua. Satu pertanyaan yang sering membuat orang tua atau orang dewasa bingung adalah pertanyaan tentang seks!
 
Salah Tingkah
 
Sebagian orang tua salah tingkah apabila mendapat pertanyaan “Seks itu apa?” Om, Tante, Paman, Bibi juga mengalami kebingungan saat keponakan bertanya seperti itu. Hal ini dapat dimaklumi karena orang dewasa yang ditanya tumbuh besar pada era informasi terbatas, tidak sederas saat ini.
 
Saat anak bertanya tentang seks, ada orang tua yang balik bertanya dengan nada tinggi: “Stttt... kamu dengar dari mana soal itu?” Reaksi orang tua seperti ini malah membuat anak takut dan enggan mempertanyakan soal seks lagi.
 
Mereka kemudian bertanya pada mesin pencari di internet. Mesin memberikan rekomendasi laman berdasarkan algoritma tertentu. Padahal isinya belum tentu valid. Anak membaca dan percaya begitu saja. Dampaknya bisa lebih berbahaya daripada jawaban dari orang tua.  
 
Dokter Aisah Dahlan pada satu tayangan Youtube Rumil Al Hilya memberikan saran tentang pertanyaan anak tentang seks. Berdasarkan pengalamannya memberikan pendidikan seks pada anak-anak, sebagian besar anak-anak dan juga orang dewasa memaknai seks sebagai hubungan intim suami istri. Padahal menjelaskan persoalan hubungan suami istri kepada anak-anak belum tepat.
 

Penjelasan Sederhana

Orang tua sebenarnya tidak perlu bingung. Tanggapi singkat saja dengan memberikan jawaban berdasarkan asal katanya.
 
Jelaskan saja seks kepada anak secara harfiah: seks berasal dari bahasa latin sexus, artinya jenis kelamin. Seperti itu sudah cukup.
 
Kongkritnya bisa ambil paspor, lihat kolom bioadata. Di bawah namebiasanya ada sex. Apabila anak tidak bertanya lagi, berarti rasa ingin tahunya sudah terpenuhi. Jika anak lanjut bertanya, orang tua dapat menjelaskan sesuai usia perkembangan anak.
 

Misalnya saja, pertanyaan anak berlanjut ke soal seksualitas dan hubungan seks. Berikan saja jawaban seperti ini.
 
Seksualitas adalah masalah yang berhubungan dengan jenis kelamin. Termasuk soal pertumbuhan jenis kelamin dan pubertas. Hubungan seks artinya hubungan jenis kelamin. Hubungan antara laki-laki dan perempuan.
 
Sikap tenang dan serius yang menyertai penjelasan orang tua, membuat anak percaya. Orang tua tidak main-main dengan penjelasannya. Anak puas dengan jawaban orang tua. Kepuasan jawaban dari orang tua ini penting sehingga anak menjadikan orang tua sebagai pemuas rasa ingin tahunya. Bukan lari ke internet.


Satu hal yang penting juga, orang tua harus selaluup date. Membekali diri dengan berbagai pengetahuan, sehingga selalu siap dengan jawaban bijak saat anak bertanya. Bukan sekadar asal menjawab saja.
 
Semoga bermanfaat bagi Agan dan Sista yang sudah memiliki anak. Buat happy jomblo bisa terapkan jawaban di atas kepada keponakan atau anak tetangga juga. Ingatlah, anak-anak belum berpikir komplek seperti kita orang dewasa.  




emoticon-Ultah

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Sumber 123
Foto : Freepik







Boleh Baca Juga



Orang Julid dengan Ibu Dibandingkan Ayah di Tempat Umum









Diubah oleh Kokonata 01-07-2021 00:07
cheria021
hoorray
indramamoth
indramamoth dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.5K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.