powerpunk
TS
powerpunk
Tiktok Cuman Jualan Paha dan Dada, Siapa Bilang?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Dulu, ane menganggap kalau platform Tiktok itu cuman aplikasi yang isinya gadis - gadis muda meliak - liukkan tubuh didepan hape dengan menonjolkan "sesuatu" lalu direkam dan disebarkan. Tapi kini, pandangan ane tentang aplikasi yang satu ini berubah. Benar kata orang, kalau tak kenal maka tak sayang. Kalau tak pernah membukanya, tentu tak akan pernah tau isinya. Taunya ya cuman yang viral - viral doang. Dan kebetulan, yang viral - viral kebanyakan memang konten yang berbau dada dan paha, seperti yang ane bilang diawal.

Bahkan ada candaan : Apa perbedaan restoran cepat saji M*kdi dan Tiktok? Bedanya, kalau Mekd* yang dijual paha dan dada matang, kalau Tiktok yang dijual paha dan dada mentah. Haha.. Padahal kalau diselami lebih mendalam, banyak loh konten di Tiktok yang berfaedah dan justru bisa buat menambah ilmu kita.



Sebelum lebih jauh membahas konten apa aja yang berfaedah di Tiktok, ane ingin sedikit membahas bagaimana akhirnya ane bisa punya akun Tiktok, padahal sebelumnya ane menganggap aplikasi ini unfaedahdan nggak recommended buat di tonton. Jadi, beberapa waktu yang lalu, ada sebuah web yang memungkinkan kita untuk mendapat uang jajan hanya dengan mengklik "like" di Instagram, Youtube dan Tiktok. Nah, berawal dari situlah ane akhirnya membuat akun Tiktok. Pernah sekali withdraw, sebelum akhirnya web itu di blokir oleh pemerintah karena dianggap sebagai scam.

Seperti yang ane bilang diawal, ternyata Tiktok isinya bukan hanya dada dan paha doang loh, banyak konten bermanfaat yang bisa kita simak.



Tutorial Software.



Mulai dari konten cara mengatasi komputer yang lemot sampai dengan cara membuat koneksi internet menjadi lebih cepat di laptop semua ada. Nggak seperti tutorial di Youtube yang terkesan bertele - tele, konten tutorial di Tiktok biasanya dikemas dengan lebih ringkas serta lebih asyik karena dibuat dengan filter atau musik yang tiktokable.



Kesehatan.



Punya masalah dengan kesehatan? Males googling karena bosan dengan bacaan yang bertele - tele? Tiktok solusinya. Gansis bakal dapet ilmu tentang kesehatan, baik tips menjaga kesehatan, pengobatan, atau sekedar pengetahuan tentang bagaimana seharusnya menjaga tubuh agar tetap bugar. Ada perawat atau dokter yang bikin konten di Tiktok juga kok, jadi informasi yang kita dapat bisa nggak ngasal.



DIY.



Konten Do It Yourself atau yang lebih dikenal dengan DIY banyak bertebaran di Tiktok. Misalnya bagaimana cara memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar kita menjadi sebuah barang lain yang mempunyai manfaat. Ada juga video lifehack yang akan membuat kita menjadi kreatif. Misalnya membuat celana panjang sebagai pengganti jas saat pemotretan, cara membuat kompor listrik dari bekas magic com dan masih banyak konten DIY sejenis.



Masak.



Buat yang suka masak, tapi referensi memasaknya masih terbatas. Atau masakan yang selama ini dibuat masih terlalu mainstream, bolehlah cobain main - main di Tiktok. Disana ada seabrek konten tentang memasak. Mulai dari yang "serius" memasak sampai dengan memasak sesuatu yang nggak biasa. Salah satu konten memasak yang viral akhir - akhir ini yaitu konten Siska Koehl yang me recook BTS Meal menjadi es krim.



Editing.



Mau tau tutorial editing kelas dewa yang lumayan njlimet? Atau trik editing sederhana menghilangkan background hanya dalam 3 detik? Semua ada dan menarik buat kita ikuti dan praktekkan. Dari pada baca buku panduan yang malah bikin pusing, belajar dari Tiktok jadi lebih gampang masuk kayaknya..



Mahir Excel.



Siapa sih disini yang suka pusing dengan berbagai rumus di excel? Padahal rumus - rumus itu dibuat untuk memudahkan kita loh, eh tapi malah kitanya yang pusing. Mungkin karena selama ini kita mrnghafalnya dengan text book makaya bukannya hafal malah pusing. Lagi - lagi, konten Tiktok membahasnya dengan mudah dipahami dan to the point. Ane sendiri banyak belajar tentang rumus excel di Tiktok loh.



Trik Komputer.



Bukan cuman editing, software, atau excel; tapi kita juga bisa menjumpai konten bagus tentang berbagai trik menggunakan komputer secara efisien. Misalnya cara memasang countdown buat mematikan komputer; berbagai shortcut saat menggunakan office, excel, maupun word; cara membagi layar kerja menjadi 2 dengan ukuran yang sama; dan masih banyak lagi.

Sama dengan media sosial lainnya, Tiktok pasti juga ada kelebihan dan kekurangannya. Jika Facebook memiliki kesan sebagai aplikasi yang banyak mengandung koten hoax, Tiktok lebih dianggap sebagai aplikasi yang hanya "jualan" goyangan cewek - cewek. Padahal, semua itu tergantung pada penggunanya. Jika kita memfilter pertemanan dan hanya mem-follow akun - akun yang berfaedah, maka beranda atau FYP kita juga akan berisi konten yang berfaedah pula. Begitu juga sebaliknya. So, bijaklah dalam bermedia sosial.

Kalau Gansis, apa sih konten yang paling Gansis suka di Tiktok? Apakah suka dada dan paha juga? Atau, suka konten - konten yang berfaedah? Yuk boleh di share dimari yak..





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google






jamesbondan007hoorraycaduceus22
caduceus22 dan 27 lainnya memberi reputasi
20
14.7K
185
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.