• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika

masnukho
TS
masnukho 
Ngeri, Viral Boneka Jerami Menari Tanpa Manusia Ternyata Praktik Voodoo di Afrika
Pernah melihat boneka jerami menari tanpa peran manusia?
Ini dia uniknya tradisi Vodoo di Afrika


Voddo, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing dengan istilah tersebut.
Kita sering kali melihat sebuah film atau cerita yang mengangkat Vodoo di dalam kisahnya, dimana di dalam fipm tersebut Vodoo merupakan sebuah ilmu hitam yang berkaitan erat dengan santet dengan media boneka dan ritual-ritual mistis.

Namun apakah Agan dan Sista tahu apa sebenarnya Vodoo tersebut?
Faktanya Vodoo adalah merupakan cabang-cabang dari sebuah tradisi keagamaan spiritis-anamis yang berkembang di tengah masyarakat Afrika dan berasal dari leluhur bangsa Afrika Barat.

Vodoo sendiri terlahir di Negara Benin, salah satu Negara kecil di benua Afrika bagian barat yang memiliki luas wilayah 114.763 kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih kurang lebih 16 juta orang. Di sinilah tempat lahir agama Vodun yang mempercayai roh leluhur sebagai pemberi kehidupan dan keberkahan.

Hampir 60 persen masyarakat Benin menganut Vodun sebagai agama Nasional, dimana mereka menyembah leluhurnya dengan berbagai macam tradisi dan ritual.


sumber gambar

Salah satu bentuk tradisi dari masyarakat Benin, Afrika dalam merayakan kepercayaan agama mereka yaitu dengan mengadakan sebuah festival besar setiap satu tahun sekali yang jatuh pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya GanSis.
Festival Vodoo adalah bentuk rasa syukur masyarakat sekaligus pemberian kurban persembahan pada roh leluhur dan pemberian upeti pada penyihir terkuat di wilayah tersebut.

Pada setiap perayaan festival Vodoo ini selain masyarakat yang beragama Vodun para wisatawan pun juga datang untuk menyaksikan kemeriahannya GanSis.
Pengunjung festival diperkirakan mencapai 10ribu orang menghadiri festival Vodoo setiap tahunnya.

Acara festival Vodoo ini diadakan dengan penuh khidmat melalui serangkaian acara, mulai dari upacara penyembelihan kambing untuk persembahan arwah, suara iringan musik, nyanyian masyarakat, tarian tradisional yang diwarnai dengan nuansa mistis penari yang kerasukan roh leluhur, dan yang paling unik dan aneh adalah tarian jerami.

Kenapa dapat dikatakan aneh?
Sebab pada pertunjukan tarian ini sebuah boneka jerami besar akan menari dengan sendirinya tanpa ada bantuan manusia melainkan digerakan oleh roh leluhur yang akan menunjukkan berbagai macam atraksi tarian.

Di bawah ini pertunjukannya!


Spoiler for Tarian Jerami Vodoo:


Tarian jerami Vodoo ini merupakan salah satu tarian tradisional dari masyarakat Benin GanSis.
Dimana boneka Vodoo besar dengan sendirinya akan menari mengikuti suara musik dan lagu yang dibawakan masyarakat, lari kesana kemari dan beratraksi layaknya seorang manusia tengah menari.

Aneh memang GanSis, namun seperti itulah faktanya.
Penyihir terkuat akan membacakan doa dan melakukan sebuah ritual pada sebuah patung atau boneka yang kemudian boneka-boneka jerami akan bergerak dan menari, konon menurut kepercayaan masyarakat boneka jerami tersebut bergerak karena ada roh leluhur yang masuk ke dalamnya.

Wah sangat unik ya GanSis tradisi dan kebudayaan dari masyarakat Benin Afrika ini.
Jarang sekali kita temui tradisi ini di luar benua Afrika, bahkan saking tersohornya Vodoo banyak orang yang mempelajari atau sekedar mengenal tentang Vodoo ini GanSis.

Oke itulah tadi GanSis sekilas informasi seputar tarian jerami Vodoo Afrika yang tengah hangat diperbincangkan oleh warganet.
Semoga thread ini menambah wawasan dan pengetahuan Agan dan Sista semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3

edelweis111blueorionkhoirian
khoirian dan 25 lainnya memberi reputasi
26
78K
227
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.