dispenserr
TS
dispenserr
israel resmi punya perdana mentri baru,naftali bennett.mimpi buruk bagi palestina?


Naftali Bennett resmi terpilih sebagai perdana menteri baru Israel pada Minggu (13/6). Ia pun berjanji akan menyatukan bangsa yang telah terjebak dalam kebuntuan politik pada 4 Pemilu dalam 2 tahun.

Dilansir dari BBC, Bennett berhasil melengserkan Benjamin Netanyahu yang telah menjadi perdana menteri terlama Israel dengan menjabat selama 5 periode, yaitu pada 1996-1999, kemudian 2009-2021.

Netanyahu mengadakan Pemilu pada April 2019, tetapi gagal mengantongi cukup dukungan untuk membentuk koalisi pemerintahan baru. Dua Pemilu selanjutnya pun tidak meyakinkan. Setelah yang ketiga, ia membentuk pemerintahan persatuan nasional dengan pemimpin oposisi saat itu, Benny Gantz. Namun, kesepakatan itu gagal dan Israel kembali mengadakan pemungutan suara pada bulan Maret.

Likud pun berhasil meraih suara terbanyak. Namun, Netanyahu gagal lagi membentuk pemerintahan, sehingga tugas itu diserahkan kepada Lapid yang berada di posisi kedua. Oposisi ini telah tumbuh dengan tak hanya menggandeng kiri dan tengah, tetapi juga partai-partai sayap kanan yang satu ideologi dengan Likud, termasuk Yamina.

Partai yang dipimpin Bennett ini berada di urutan kelima dalam Pemilu dengan hanya 7 kursi. Namun, dukungannya sangat penting. Setelah negosiasi berminggu-minggu, Lapid menggandeng Yamina sebagai bagian dari beragam partai yang punya tujuan yang sama, yaitu melengserkan Netanyahu.

Perjanjian yang melibatkan 8 faksi dengan 61 kursi yang dibutuhkan untuk merebut posisi mayoritas ini ditandangani pada 2 Juni, setengah jam sebelum tenggat waktu akan berakhir.

Berkat hasil pemungutan suara 60-59 pada Minggu (13/6), Bennett akan memimpin koalisi partai yang belum pernah terjadi sebelumnya. Usai mendepak Netanyahu yang telah berkuasa selama 12 tahun, ia akan menjadi perdana menteri hingga September 2023, sesuai kesepakatan pembagian kekuasaan. Pemimpin partai Yamina ini pun akan menyerahkan kekuasaannya kepada Yair Lapid, pemimpin tengah Yesh Atid, untuk 2 tahun berikutnya.

Di sisi lain, Netanyahu akan tetap menjadi kepala partai sayap kanan Likud dan menjadi pemimpin oposisi.

"Kami akan kembali," janjinya dalam rapat di Knesset (parlemen Israel) pada Minggu (13/6).

Setelah anggota parlemen memberikan suaranya untuk pemerintahan koalisi baru, pria 71 tahun ini menghampiri Bennett dan menjabat tangannya.

Sementara itu, perdana menteri baru berjanji pemerintahannya akan bekerja untuk semua orang. Ia mengungkapkan prioritasnya adalah reformasi di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemotongan birokrasi.

"Ini bukan hari berkabung. Ada perubahan pemerintahan dalam demokrasi. Itu saja. Kami akan melakukan semua yang kami bisa agar tak ada yang merasa takut. Untuk mereka yang berniat merayakan malam ini, jangan menari di atas penderitaan orang lain. Kami bukan musuh. Kita adalah satu," ungkapnya dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri baru Israel.

Secara tampilan, pemerintahan Bennett akan berbeda dengan pemerintahan sebelumnya dalam 73 tahun sejarah Israel. Pasalnya, aliansi itu berisi partai-partai yang punya perbedaan ideologi mencolok. Yang paling signifikan, untuk pertama kalinya, partai Arab independen, Raam, menjadi bagian dari koalisi penguasa. Selain itu, diharapkan aliansi ini memecahkan rekor dengan mengangkat 9 menteri perempuan.

Di sisi lain, masuknya Raam dalam pemerintahan koalisi baru ini bukan berarti dapat membawa angin segar bagi Palestina. Palestina pun tak mau ambil pusing terhadap pemerintahan baru Israel.

"Ini urusan internal Israel. Posisi kami selalu jelas. Yang kami inginkan adalah negara Palestina di perbatasan 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya," kata juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Yamina dan partai sayap kanan lainnya, New Hope, adalah pendukung setia pemukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat yang diduduki. Dengan masuknya Raam dan partai sayap kiri Israel non-Arab, kemungkinan akan ada gesekan pada isu-isu seperti kebijakan Israel terhadap Palestina.

Selain itu, mungkin juga akan ada kesulitan atas kebijakan sosial, di mana beberapa pihak ingin memajukan hak-hak gay, seperti mengakui pernikahan sesama jenis. Namun, Raam yang merupakan partai Islam menentang hal ini. Beberapa pihak juga ingin melonggarkan pembatasan agama lebih luas daripada yang mungkin diizinkan Yamina, partai nasional agama.

[url]https://akuraS E N S O Rnaftali-bennett-resmi-jadi-perdana-menteri-baru-israel-ini-reaksi-palestina[/url]



jireshemineminnahoorray
hoorray dan 15 lainnya memberi reputasi
16
8.7K
91
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.