• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Ada Gak Sih Umur Ideal Untuk Menikah Buat Cewek?

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Ada Gak Sih Umur Ideal Untuk Menikah Buat Cewek?

'Ih cepetan nikah, nanti jadi perawan tua loh’ ‘Kok 20 taun udah nikah? Gak takut mental masih gak stabil terus ujungnya cerai?’ ‘Ngapain sih buru-buru? Urusin karir dulu lah’

Wah, kalau cewe udah denger kalimat di atas, rasanya serba salah banget. Giliran ada calon, modal materi siap, tapi umur masih muda, orang mandang sebelah mata. Eh, tapi pas mulai berumur dan gak nikah-nikah disuruh buru-buru atau dikatain perawan tua. Orang boleh berpendapat, sist, tapi jangan lupa pikirin diri sendiri, ya.


Photo by Christina Morillo  from Pexels

Menikah, gak melulu soal kesiapan uang, rumah, atau umur, tapi juga kesiapan mental. Banyak yang bilang bahwa umur gak menentukan kedewasaan, dan ane setuju banget sama hal itu. Daripada umur, yang lebih bisa menjadi patokan kedewasaan seseorang adalah pengalaman hidup. Tiap manusia, tentunya punya jalan dan pengalaman hidup yang beda-beda. Perbedaan ini lah yang membawa kepada level kedewasaannya. Selain pengalaman, lingkungan dan pergaulan juga mempengaruhi.

Terkadang, ada orang yang dipaksa dewasa walaupun di umur yang belum seharusnya dan juga kebalikannya. Pembangunan karakter juga gak kalah pentingnya supaya kita sebagai wanita lebih tegas dan tau apa yang diinginkan. Jangan sampe karena kita cewek jadi lebih banyak ngikut aja dibanding merjuangin apa yang kita inginkan sebenernya. 

Menurut ane sendiri, gak ada sama sekali batasan umur untuk menikah as long as your partner dan kamu sendiri udah siap secara mental dan finansial. Siap finansial gak harus berlebihan kok, cukup kalian sharing aja berapa pendapatan perbulan, gimana mau baginya, gimana untuk kehidupan sehari-hari, dan juga apa yang mau diprioritasin. Kalau untuk mental, kayaknya cuma Sista yang tau diri sendiri.

Orang lain boleh menilai dari sisi umur, tapi jangan sampe kalian percaya 100% apa yang mereka bilang. Apalagi sampe mempengaruhi keputusan kalian. Kalau kalian merasa belum nemuin yang pas, tapi umur udah manggil, jangan dipaksain. Lebih baik nunggu dan nyari kan daripada menikah sama orang yang salah? Setiap orang pasti berharap untuk menikah hanya sekali seumur hidup.


Photo By Tribunnews.com

Nah, kalau Sista di sini udah ketemu yang menurut kalian pas banget, tapi banyak orang yang bilang kalau kalian masih ‘kemudaan’ buat menikah, saran ane mending dikonsultasiin ke orang tua. Dari semua permasalahan yang ada sebenernya kalau udah ketemu yang pas, ya restu orang tua. Gimana pun stigma yang ada di luar sana, kalau orang tua ngerestuin pasti itu lah jalan terbaik, tapi kalau nggak, mending jangan dipaksain.

Paling penting jangan terburu-buru kalau soal yang sehidup semati. Apapun keputusan yang menurut Sista terbaik, ambil aja. Masih mau bebas berkarir? Silahkan. Udah ketemu yang pas dan mau nikah? Silahkan. Menurut Sista sendiri, ada gak sih patokan umur untuk menikah? Atau ikutin aja alur hidup? Coba dong sharing pendapat kalian soal ini!


armand112
japarina
aygilagility
aygilagility dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.4K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.