ih.sul
TS
ih.sul
Greget! 400 Juta Cukup Nggak Buat Masuk Polisi?
 

Mungkin sudah bukan rahasia lagi bahwa hal yang terpenting untuk bisa diterima kerja bukanlah gelar, ilmu maupun prestasi melainkan uang dan orang dalam (dan juga penampilan). Hal-hal ini bisa terjadi dimana saja mulai dari supermarket, perusahaan sampai aparatur negara sekalipun. Sering sekali saya mendengar keluhan orang-orang tentang berapa banyak uang yang harus mereka habiskan demi anaknya bisa jadi PNS, dan kebanyakan dari mereka tak malu mengakui itu.

Meski pihak sananya tidak pernah mengakui hal ini secara terang-terangan namun praktek ini berjalan subur di jantung negara kita. Nah, karna hal ini sudah menjadi rahasia umum seorang netizen dengan akun bernama Roxxy secara bercanda (atau malah serius?) menanyakan hal ini disaat Kepolisian Daerah Kalimantan Barat melakukan live streaming di youtube pada hari kamis kemarin.



Tak tanggung-tanggung, dia langsung bertanya tanpa basa-basi, Kalo uang kisaran 400jt bisa lulus gak daftar polisi?. Dia bahkan menambahkan emotikon 🙏 seolah berharap agar pertanyaannya dijawab dengan sepenuh hati.

Wow, kalau buat saya sih mendingan 400 juta itu dipake buat modal bisnis dibanding menggemukkan kantong para aparat keparat. Tapi tentunya ada saja orang yang menganggap itu hanya jumlah yang kecil dibanding seragam idaman para mertua ini. Lalu, apakah uang 400 juta cukup untuk masuk polisi? Begini jawaban Polda.



Pertanyaan Roxxy ternyata dianggap serius, bahkan sampai di pin agar semua orang bisa melihatnya. Dalam komentar Roxxy tersebut akun resmi Polda Kalbar memberikan jawaban yang lebih mirip perintah. Isinya adalah agar Roxxy segera melapor untuk klarifikasi.

Hmm… memangnya salah Roxxy apa sampai harus klarifikasi? Apa klarifikasinya akan dilakukan di podcast Deddy Corbuzier? Entahlah, selagi menunggu kelanjutan kasusnya mari kita mari kita bertanya mengapa Polda Kalbar memperlakukan pertanyaan Roxxy sampai seperti itu.

Sebenarnya hal paling mudah menanggapi pertanyaan Roxxy adalah dengan mengabaikannya namun Polda Kalbar menanggapinya dengan serius. Entah apakah pertanyaan Roxxy dianggap mencemarkan nama baik kepolisian atau sekedar peringatan untuk tidak bermain-main dengan polisi. Yang jelas, tindakan mereka ini akan menghasilkan akibat yang mana masyarakat semakin tahu bahwa jalan masuk polisi bisa dilicinkan dengan uang yang cukup. Tak peduli apakah itu benar atau tidak.



Well, semoga saja tidak ada maksud lain dari Polda kecuali untuk sekedar bergurau. Apakah Roxxy akan dihukum atas pelanggaran pasal pertanyaan tidak menyenangkan atau tidak itu bukan urusan kita. Lebih baik kita merenung dan bertanya pada diri kita sendiri, Kenapa negara ini bisa sebusuk ini?

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 13-06-2021 02:36
hoorrayarchangela13vbudi234
vbudi234 dan 53 lainnya memberi reputasi
52
17.2K
372
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.