News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
211
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c55edf011b3c5adf025d51/perusahaan-tambang-tawar-lahan-sangihe-rp5-ribu-per-meter
Koordinator Gerakan Save Sangihe Island (SSI) Jull Takaliuang mengungkapkan PT Tambang Mas Sangihe (TMS) sempat memberikan penawaran kompensasi ganti lahan kepada warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, seharga Rp5ribupermeter.
Lapor Hansip
13-06-2021 08:26

Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter

Past Hot Thread
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
Jakarta, CNN Indonesia --
Koordinator Gerakan Save Sangihe Island (SSI) Jull Takaliuang mengungkapkan PT Tambang Mas Sangihe (TMS) sempat memberikan penawaran kompensasi ganti lahan kepada warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, seharga Rp5ribupermeter.

Penawaran itu menurut Jull disampaikan perusahaan saat memberikan sosialisasi kepada warga Desa Bowone, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah pada 23-24 Maret 2021 lalu. Jull menduga sosialisasi itu dilakukan untuk membidik warga pemilik lahan di target tambang.

"Ada teman kami, ibu-ibu ikut dalam sosialisasi di hari itu. Mereka mendengarkan sendiri bahwa penawaran yang diberikan Rp50 juta per hektare (ha), itu berarti 1meterRp5ribu. Lebih mahal dari sayur kangkung disini," kata Jull saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (12/6).

Selain itu, dari sosialisasi tersebut tak ada penawaran atau solusi tinggal bagi masyarakat Sangihe. Namun begitu, Jull dengan tegas memastikan warga Sangihe yang berada dalam target PT TMS tidak ada yang berniat pulaunya dijadikan wilayah pertambangan.

Jull selanjutnya menyebut PT TMS mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia sebesar 42ribuha di pulau yang luasnya mencapai 736 km2. Jull melanjutkan, artinya sama saja 57 persen dari Pulau Sangihe akan masuk dalam aktivitas tambang skala besar.

Adapun dari area 42ribuhektar itu, ia menyebut terdapat populasi warga sekitar 58ribuorang yang terdiri oleh 80 desa dari 7 kecamatan.

"Masyarakat tetap tidak mau. Kami hidup disini bergantung pada petani dan perikanan, dan orang Sangihe itu tidak lapar, tidak miskin, kami bahagia. Jadi jangan jadikan ukuran Jakarta kepada orang disini. Ini pulau sangat aman, sejahtera, karena peradaban bagus," ungkapnya.

Jull kemudian ikut merespons perihal pernyataan Kementerian ESDM yang mengatakan izin lingkungan yang diberikan kepada PT TMS untuk melakukan kegiatan pertambangan hanya seluas 65,48 ha dari total luas wilayah sebesar 42ribuhektare. Ia menyebut 65,48 ha itu merupakan kawasan penting di Sangihe.

Jull menyebut, area itu merupakan kawasan gunung Sahendarumang yang kaya dengan aneka satwa dan burung-burung endemik yang kini menjadi objek penelitian akademik nasional maupun internasional.

"Itu adalah daerah hulu, dari sekitar 70 sungai yang mengaliri 7 kecamatan ini. Jadi kalau dari sekitar sering digunakan, ada blasting dan pengeboman karena mereka mengambil mineral galian tambang. Dari 42ribuha itu, juga ada 3.600 ha mangrove yang ada di situ," kata Jull.

Lebih lanjut, Jull juga menyebut gerakan SSI yang dimulai sejak Maret 2021 juga masih minim dukungan dari otoritas setempat. Ia menyebut sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kepulauan Sangihe belum memberikan pernyataan langsung terhadap keberpihakan warga yang menolak proyek tambang.

Oleh sebab itu, SSI menurutnya menyampaikan hormat setinggi-tingginya kepada mendiang Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong yang atas nama pribadi telah membuat dan mengirimkan surat permohonan pembatalan izin operasi pertambangan emas di Sangihe kepada Kementerian ESDM. Helmud tak ingin limbah dari pertambangan tersebut merusak kesehatan masyarakat Sangihe.

Namun demikian, Helmud pada Rabu (9/6) lalu dinyatakan meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Bali menuju Manado lewat Makassar pada penerbangan Lion Air. Dalam hal ini, Polda Sulawesi Utara membentuk tim khusus untuk menyelidiki penyebab kematian Helmud.

"Untuk Bupati, sampai sekarang saya tidak tahu sikapnya, silakan diwawancara sendiri. Saya tidak dalam kapasitas menilai apakah dia mendukung atau menolak," pungkas Jull.

Perkembangan terkini, sebanyak 74.492 orang menandatangani petisi daring menuntut penolakan IUP PT TMS di Sangihe. Mereka meminta Menteri ESDM Arifin Tasrif mencabut izin perusahaan dan membatalkan izin lingkungan di lokasi tersebut.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com dari laman Minerba One Data Indonesia (MODI) ESDM, mayoritas saham PT TMS dimiliki oleh Sangihe Gold Corporation asal Kanada. Tercatat, Sangihe Gold Corporation memegang saham sebesar 70 persen dengan status kepemilikan perseorangan.

Sedangkan 30 persen lainnya dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia. Rinciannya, sebanyak 10 persen saham TMS milik PT Sungai Belayan Sejati, 11 persen lainnya dimiliki PT Sangihe Prima Mineral, dan 9 persen sisanya oleh PT Sangihe Pratama Mineral.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ribu-per-meter

Seharga es teh cuk emoticon-Recommended Seller


MENOLAK LUPA!
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
Diubah oleh LordFaries4.0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bingsunyata dan 48 lainnya memberi reputasi
49
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:44
Kalau nggak punya modal jangan bikin tambang lah.. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:44
Buka dong siapa dibalik PT TMS ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:44
Sayang ga ada pembahasan dr awal mulanya....
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:46
Wedaann cukkk
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:49
Orang2 RAKUS...!!! ya kayak gini ini.. emoticon-Najis
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
1 0
1
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:49
Tawaran yang menarik
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:50
Di pulau sekecil itu mau bikin tambang 57% lahan. Ini pemerintah bener2 ga peduli sama penduduknya kah?
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:50
ini mah udah pasti jadi. liat aja nanti. kalo udah urusan tanah berharga begini mah susah fighting sama pemerinteh
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:52
Yang nawar pasti emak emak sopi nih wkwkwk sadis bener
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:54
Keruk terus sumber daya nya
Peduli setan ama dampak yg ditimbulkan bagi lingkungan sekitar
Utang winnie the pooh udah pengen jatuh tempo ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:55
Buset, ga sekalian aja per ember goceng
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 08:58
Quote:Original Posted By bersinarcoin
gila memanf dunia
semoga jokowi dengerin langsung


Semoga saja oom,, kasihan kalau cuma rp.5000/m.. itu sih MEREBUT TANAH NAMANYA... emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By norlandtio
Mafia bener dah....


Brsinggungan dg MAFIA, memang ngeri oom emoticon-Takut

Quote:Original Posted By kaiserwalzer
Murah amat. Sampai ada yang meninggal lagi. Bener2 kacau negara ini.


Salah satunya walkot sangihe, yg tdk setuju emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By lupis.manis
Sadis bener! emoticon-Mad (S)


itu sama saja merampas tanah dg paksa.. emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By socializedfools
untung jrx udah bebas

apakah bakal di up ama jrx emoticon-Ngakak


Jerinx pun merinding emoticon-Takut

Urusannya bukan sama PENJARA lagi.. tapi sama NYAWA... emoticon-Takut

Quote:Original Posted By Mistaravim
Ini yang Wakil Bupatinya tewas itu ya? Beliau menentang perusahaan tambang, eh langsung tewas (muntah darah)

emoticon-Embarrassment


Betul oom... kayaknya deket sama GanDolf @adolfsbasthian yg kebetulan sama² di sangihe emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:02
jangan kaget kalo bsk keluar separatis Organisasi Sangihe Merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:02
parah
udah ngilangin nyawa orang segala emoticon-Cape d... (S)
kaya begini kalo dikasih ijin, tinggal nunggu waktu aja Indonesia ancur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:03
Gw bayarin aja lah, mayan 5k emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
0 1
-1
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:05
Quote:Original Posted By LordFaries4.0
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
Jakarta, CNN Indonesia --
Koordinator Gerakan Save Sangihe Island (SSI) Jull Takaliuang mengungkapkan PT Tambang Mas Sangihe (TMS) sempat memberikan penawaran kompensasi ganti lahan kepada warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, seharga Rp5ribupermeter.

Penawaran itu menurut Jull disampaikan perusahaan saat memberikan sosialisasi kepada warga Desa Bowone, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah pada 23-24 Maret 2021 lalu. Jull menduga sosialisasi itu dilakukan untuk membidik warga pemilik lahan di target tambang.

"Ada teman kami, ibu-ibu ikut dalam sosialisasi di hari itu. Mereka mendengarkan sendiri bahwa penawaran yang diberikan Rp50 juta per hektare (ha), itu berarti 1meterRp5ribu. Lebih mahal dari sayur kangkung disini," kata Jull saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (12/6).

Selain itu, dari sosialisasi tersebut tak ada penawaran atau solusi tinggal bagi masyarakat Sangihe. Namun begitu, Jull dengan tegas memastikan warga Sangihe yang berada dalam target PT TMS tidak ada yang berniat pulaunya dijadikan wilayah pertambangan.

Jull selanjutnya menyebut PT TMS mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia sebesar 42ribuha di pulau yang luasnya mencapai 736 km2. Jull melanjutkan, artinya sama saja 57 persen dari Pulau Sangihe akan masuk dalam aktivitas tambang skala besar.

Adapun dari area 42ribuhektar itu, ia menyebut terdapat populasi warga sekitar 58ribuorang yang terdiri oleh 80 desa dari 7 kecamatan.

"Masyarakat tetap tidak mau. Kami hidup disini bergantung pada petani dan perikanan, dan orang Sangihe itu tidak lapar, tidak miskin, kami bahagia. Jadi jangan jadikan ukuran Jakarta kepada orang disini. Ini pulau sangat aman, sejahtera, karena peradaban bagus," ungkapnya.

Jull kemudian ikut merespons perihal pernyataan Kementerian ESDM yang mengatakan izin lingkungan yang diberikan kepada PT TMS untuk melakukan kegiatan pertambangan hanya seluas 65,48 ha dari total luas wilayah sebesar 42ribuhektare. Ia menyebut 65,48 ha itu merupakan kawasan penting di Sangihe.

Jull menyebut, area itu merupakan kawasan gunung Sahendarumang yang kaya dengan aneka satwa dan burung-burung endemik yang kini menjadi objek penelitian akademik nasional maupun internasional.

"Itu adalah daerah hulu, dari sekitar 70 sungai yang mengaliri 7 kecamatan ini. Jadi kalau dari sekitar sering digunakan, ada blasting dan pengeboman karena mereka mengambil mineral galian tambang. Dari 42ribuha itu, juga ada 3.600 ha mangrove yang ada di situ," kata Jull.

Lebih lanjut, Jull juga menyebut gerakan SSI yang dimulai sejak Maret 2021 juga masih minim dukungan dari otoritas setempat. Ia menyebut sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kepulauan Sangihe belum memberikan pernyataan langsung terhadap keberpihakan warga yang menolak proyek tambang.

Oleh sebab itu, SSI menurutnya menyampaikan hormat setinggi-tingginya kepada mendiang Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong yang atas nama pribadi telah membuat dan mengirimkan surat permohonan pembatalan izin operasi pertambangan emas di Sangihe kepada Kementerian ESDM. Helmud tak ingin limbah dari pertambangan tersebut merusak kesehatan masyarakat Sangihe.

Namun demikian, Helmud pada Rabu (9/6) lalu dinyatakan meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Bali menuju Manado lewat Makassar pada penerbangan Lion Air. Dalam hal ini, Polda Sulawesi Utara membentuk tim khusus untuk menyelidiki penyebab kematian Helmud.

"Untuk Bupati, sampai sekarang saya tidak tahu sikapnya, silakan diwawancara sendiri. Saya tidak dalam kapasitas menilai apakah dia mendukung atau menolak," pungkas Jull.

Perkembangan terkini, sebanyak 74.492 orang menandatangani petisi daring menuntut penolakan IUP PT TMS di Sangihe. Mereka meminta Menteri ESDM Arifin Tasrif mencabut izin perusahaan dan membatalkan izin lingkungan di lokasi tersebut.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com dari laman Minerba One Data Indonesia (MODI) ESDM, mayoritas saham PT TMS dimiliki oleh Sangihe Gold Corporation asal Kanada. Tercatat, Sangihe Gold Corporation memegang saham sebesar 70 persen dengan status kepemilikan perseorangan.

Sedangkan 30 persen lainnya dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia. Rinciannya, sebanyak 10 persen saham TMS milik PT Sungai Belayan Sejati, 11 persen lainnya dimiliki PT Sangihe Prima Mineral, dan 9 persen sisanya oleh PT Sangihe Pratama Mineral.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ribu-per-meter

Seharga es teh cuk emoticon-Recommended Seller


MENOLAK LUPA!
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter


1 hektar 50 juta?

ditanemin apapun 1 hektar dipanen auto miliarder padahal

apalagi ada emasnya

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:08
Ulah Jokowi ini pasti buat bayar utang emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:12
Not for sale! Mending jangan dirusak lingkungannya, jual pariwisata nya aja.

Karena sehabis ditambang biasa langsung habis bis bis tanpa ada keberlanjutan.

Rp.5000 per meter persegi pula harganya...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:12
Investor kismin lagu laguan mo nambang.... noh nambang crypto cari yang gratisan
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Perusahaan Tambang Tawar Lahan Sangihe Rp5 Ribu Per Meter
14-06-2021 09:13
Kematian bupatinya patut diselidiki
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia