• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering Kita Baca, Tapi Jarang Yang Paham Artinya 10 Nasihat Luhur Ini.

machinAvatar border
TS
machin
Sering Kita Baca, Tapi Jarang Yang Paham Artinya 10 Nasihat Luhur Ini.
Selamat siang, Agan Aganwati. Sehat dan bahagia selalu ya. emoticon-Nyepi

sumber

Beberapa hari kebelakang, Aku beberapa kali melihat informasi tentang yaa, itu lho, kelakuan anak muda yang bikin gemes. Mulai dari YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya. Secara moral, Aku ambil batasan di Indonesia ya, jangan bahas moral yang ada di Amerika atau di Jepang, beberapa moral mereka adalah moral yang cukup tidak diterima untuk orang Indonesia pada umumnya.

Beberapa diantaranya hamil di luar nikah, memarahi orang tuanya dengan cara yang kudu tak hih, bersikap yang tidak sopan ke guru dan ya yang joget-jogetnya bikin gemes juga. Yang terakhir itu, secara pribadi, apalagi yang joget cantik, Aku ya sesekali suka lihat. emoticon-Malu


sumber

Ceritanya Aku habis baca-baca tentang sejarah Wali Songo yang berkaitan dengan sejarah penyebaran Islam di Indonesia, Aku menemukan sepuluh nasihat Sunan Kalijaga yang kelihatannya sudah mulai pudar pada masyarakat Indonesia. Utamanya Jawa.

Spoiler for 10 Nasihat Wali Songo:

Sepuluh nasihat tersebut menurutku sangat baik jika kita lakukan dan kalau busa disosialisasikan pada masyarakat Indonesia. Nasihat - nasihat ini tidak ada sama sekali berhubungan dengan agama, namun nilainya sangat luhur. Berikut ini adalah sepuluh nasihat Sunan Kalijaga tentang kehidupan.
1. URIP IKU URUP

sumber

Spoiler for Urip iku urup:

2. MEMAYU HAYUNING BAWANA, AMBRASTA DUR HANGKARA

sumber

Spoiler for Memayu hayuning bawana:

3. SURA DIRA JAYA JAYANINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI

sumber

Spoiler for Sura dira jaya jayaningrat:


Mengambil keuntungan dari prospek yang ada pada orang-orang berhati tulus dan mulia. Namun, jika mampu mempraktekkan nasihat ini, Aku pribadi yakin dia akan bertemu dengan orang yang benar-benar tulus dan menjaganya.
4. NGLURUK TANPA BALA, MENANG TANPA NGASORAKE, SEKTI TANPA AJI-AJI, SUGIH TANPA BANDHA

sumber






Spoiler for Ngluruk tanpa bala:


Nilai luhur ini sepertinya tidak terserap oleh sebagian dari mereka. Menginginkan kekayaan dengan dasar keduniawian sehingga melakukan segala cara untuk mencapainya.
5. DATAN SERIK LAMUN KETAMAN, DATAN SUSAH LAMUN KELANGAN



Spoiler for Datan serik lamun ketaman:


Sudah mulai hilang gimana maksudnya ? Kita sering lihat kan banyak orang berlomba-lomba menjadikan kesedihan mereka konten di media sosial saat mereka sedang mengalami musibah. Sedih merupakan suatu hal yang biasa dan bahkan sering dirasakan normalnya manusia. Sedih boleh, namun jangan terlalu atas sesuatu yang telah hilang dari kita.
6. AJA GUMUNAN, AJA GETUNAN, AJA KAGETAN, AJA ALEMAN


Agan Aganwati pernah bertemu orang yang mudah sekali terkejut ? Mudah menyesal ? Trus manja ?
Spoiler for Aja gumunan:


Seringkali banyak orang yang bisa mengendalikan massa karena memberikan informasi-informasi yang wow dan wah.
7. AJA KETUNGKUL MARANG KALUNGGUHAN, KADONYAN LAN KEMAREMAN


Spoiler for spoiler:


Artinya, kita seperlunya saja untuk mendapatkan dan menikmati apa-apa yang kita butuhkan. Sebab, dengan tanpa melihat ukuran dan batasan terhadap kecintaan terhadap duniawi, itu memungkinkan kita jatuh kepada kehancuran.
8. AJA KEMINTER MUNDAK KEBLINGER, AJA CIDRA MUNDAK CILAKA



Spoiler for Aja keminter:

Ini sih sepertinya sudah banyak kita lihat di media sosial. Kalau orang twitter bilang kaum SJW. Aku juga pernah menjadi salah satu dari mereka, masa-masa transisi.emoticon-Malu
8. AJA MILIK BARANG KANG MELOK, AJA MANGRO MUNDAK KENDHO


sumber

Nasihat yang kesembilan ini cukup perlu diingat lagi oleh anak muda sekarang ya. Jelas, karena beberapa tahun ini banyak sekali hal-hal yang sangat indah dan menggoda mata. Dengan keindahan itu, seringkali bikin kita mengabaikan sesuatu yang ada sudah alam di samping kita. 


Spoiler for Aja milik barang:


10. AJA ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA

sumber

Spoiler for Aja adigang:



Manusia harus memegang prinsip ini, Agan Aganwati. Sekaya-kayanya manusia, dia jelas memiliki masalah yang bahkan kita tidak bisa membayangkannya. Sehebat-hebatnya manusia, umurnya gak mungkin sampai 300 tahun (ga tahu lagi kalau kemudian nanti bisa sampai segini). Intinya, jangan sombong. 
Jadi, itulah sepuluh wejangan Sunan Kalijogo untuk menjalani kehidupan. Opini pribadiku bisa jadi berbeda dengan opini, Agan Aganwati. Namun, terlepas perbedaan itu, pastikan untuk mengambil dan mengarahkan wejangan tersebut ke arah yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekita. 


Sekian Thread sederhana dariku sore ini, Agan Aganwati. Semoga bisa jadi pembahasan obrolan dengan anak dan keluarga saat makan malam bersama. Silahkan tambah dan kurangi apabila ada yang kurang cocok. Sampai jumpa di Thread ku selanjutnya.emoticon-Nyepi
sumber artikel: 1 & opini pribadi


jiresh
hoorray
edelweis111
edelweis111 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
12.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.