• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengulik Gerakan Tangan Rapper. Tangan Sebagai Alat Komunikasi Tertua Sebelum Mulut.

machinAvatar border
TS
machin
Mengulik Gerakan Tangan Rapper. Tangan Sebagai Alat Komunikasi Tertua Sebelum Mulut.
Selamat sore Agan Aganwati. Sehat dan bahagia selalu.emoticon-Nyepi

sumber

Agan Aganwati pasti tahu dan sangat familiar dengan gerakan tangan Eminem ? Aku tidak bisa mendeskripsikan gerakan tangannya dengan kalimat. Namun, Aku yakin Agan Aganwati sudah familiar dengan gaya khas rapper dengan cara menggerakkan tangannya yang bisa dibilang cukup khas. Dan, Aku juga yakin, seandainya sebagian dari Agan Aganwati yang bisa menyanyi rap, pasti tangannya ikut gerak. Kalau nggak gerak rasanya aneh kan ya ?
Dibalik gerakan tangan mereka yang terlihat acak namun berirama beriringan dengan lirik lagu terdapat maksud yang menggambarkan lirik mereka. Beda dengan gerakan yang dilakukan oleh dirigen ya, kalau itu jelas berhubungan dengan tinggi rendahnya nada pada suatu orkestra.
Quote:

Sehingga, dari fakta tersebut, mereka menyimpulkan bahwa tangan digunakan untuk berkomunikasi jauh sebelum bahasa vokal dikembangkan. Itulah mengapa, saat kita berbicara, seringkali kita juga menggerakkan tangan saat berbicara. Bahkan mungkin kita tidak sadar saat melakukannya, bukan ?
Spoiler for Jurnal Language within our grasp:

Itulah mengapa, terkadang kita bisa berkomunikasi dari jarak jauh dengan hanya mengayunkan atau menggerakkan tangan untuk menyampaikan informasi sederhana kepada teman kita.

Kembali ke HipHop. Karena rap merupakan sebuah seni berkomunikas, sehingga gerakan tangan seorang rapper saat bernyanyi juga merupakan seni berkomunikasi. Keduanya berasal dari sistem yang sama pada otak kita, keduanya merupakan alat untuk berkomunikasi dan untuk menyampaikan sesuatu.

Saat kita berkomunikasi, kita melihat dan mendengarkan lawan bicara kita. Saa lawan bicara kita menggunakan gerakan tangannya dan mengucapkan sesuatu, itu bisa memiliki makna yang berbeda. Bisa memiliki makna biasa saja atau di dalamnya ada penekanan dalam menyampaikan sesuatu. Itu sama halnya dengan tangan para penyanyi HipHop.

Misalnya pada pada MV-nya Fabolous - Breathe. John David Jackson mengucapkan kalimat "I space myself and just take a deep breath" dengan posisi tangan seolah menyuruh orang lain untuk memberi jarak untuknya sehingga dia mempunyai cukup ruang untuk bernafas dan berfikir lebih jelas untuk membuat sebuah keputusan.


Klik untuk momen ini

Kemudian satu contoh lagi untuk video Jake One - Home feat. Vitamin D, Note, Maneak B & Ish. Ada satu momen saat mengucapkan kata Home, dalam video tersebut berpose seperti pada gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa Home mempunyai maksud bumi ini, semua yang ada di dunia ini adalah our home.





Jadi begitulah, Agan Aganwati maksud dari gerakan tangan para rapper tersebut. Tidak hanya rapper sih, penyanyi pop, rock, dan bahkan dangdut, mereka juga sebagian besar menggerakkan tangan mereka saat bernyanyi. Untuk Thread ini hanya mengulik tangan para rapper saja.emoticon-Malu

Terimakasih sudah membaca sampai selesai Agan Aganwati. Selamat beristirahat dan berakhir pekan. emoticon-Jempol

sumber : 1 & 2
Diubah oleh machin 12-06-2021 16:17
mockerz
caduceus22
aygilagility
aygilagility dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.