Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Hand of God, Hewan Purbakala Ini Berhasil di Hidupkan Ilmuwan Kembali
Foto cacing fotifers | twitter.com/nytimes

Dunia sains memang semakin meningkat dan sangat canggih, jadi untuk mengeksplorasi kehidupan dahulu sangatlah mungkin untuk di pelajari kembali. Seperti sebuah studi yang berhasil menghidupkan sebua hewan purbakala berupa Bdelloid rotifers, berikut beritanya yang mungkin dapat menambah wawasan Kaskuser sejati.

Para ahli biologi telah berhasil menghidupkan kembali beberapa hewan Bdelloid rotifers yang telah menghabiskan waktu sekitar 24 ribu tahun terkubur di lapisan es. Atas keberhasilan penelitian ini, lalu hasil studi akan diterbitkan dalam jurnal Current Biology .

Seperti yang di ketahui, cacing Bdelloid rotifers adalah salah satu hewan multiseluler yang paling primitif, hal tersebut karena dibedakan oleh vitalitasnya yang sangat luar biasa. Jenis cacing Bdelloid rotifers ini dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering atau sedang musim kemarau yang berkepanjangan.



Eksperimen sebelumnya juga telah menunjukkan hasil positif, dimana para ilmuwan biologi berhasil menghidupkan cacing Bdelloid rotifersyang membeku selama enam hingga sepuluh tahun dilapisan tanah yang berada di wilayah bagian utara Rusia.

Ahli biologi dari Federasi Rusia, Amerika Serikat, Jerman dan Republik Ceko telah menemukan beberapa rotifers yang layak dalam sampel permafrost yang dikumpulkan pada kedalaman 3,5 meter dari tepi Sungai Alazeya Yakutsk Timur, Rusia. Sesuai analisis radiokarbon yang diteliti para ilmuwan menunjukkan bahwa usia lapisan es adalah sekitar 24 ribu tahun.

Foto cacing fotifers | bbc.com

Setelah berhasil menghidupkan cacing Bdelloid rotifers yang membeku selama 24 ribu tahun, kemudian peneliti mengamati cacing rotifers untuk kebutuhan sains. Cacing rotifer termasuk dalam genus Adineta, yang artinya dapat berkembang biak dengan partenogenesis.

Para ilmuwan telah menyarankan bahwa kerabat kuno cacing rotifers ini telah berevolusi dengan mengembangkan mekanisme pertahanan mereka. Para ahli biologi juga akan mempelajari cara cacing Bdelloid rotifers bisa mempertahankan sel dalam tubuhnya. Dan ini akan menjadi studi yang akan membantu ilmuwan untuk mempelajari bagaimana melindungi jaringan tubuh manusia atau mamalia agar terhindar dari kehancuran sel tubuh ketika manusia dibekukan dalam waktu tertentu.



Referensi: bbc.com - Bdelloid rotifer survives 24,000 years frozen in Siberia
viqririatra
VeY
alifrian.
alifrian. dan 27 lainnya memberi reputasi
28
7.4K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.