• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bertaruh Banyak Nyawa Di Angkutan Umum: Kereta Api Atau Kereta Manusia

marilyn88
TS
marilyn88
Bertaruh Banyak Nyawa Di Angkutan Umum: Kereta Api Atau Kereta Manusia
2018 lalu Indonesia dirundung duka, karena kapal motor Sinar Bangun yang mengangkut penumpang dari Simanindo menuju Tigaras di kabupaten Simalungun tenggelam. Saksi mata yang selamat dari musibah mengatakan, bahwa kapal berlayar saat cuaca hujan berangin dan ombak tinggi.

Namun selain faktor cuaca, dikabarkan kelebihan kapasitas penumpang pun turut menjadi penyebabnya. Kapal ini seharusnya menampung hanya 43 penumpang, namun pada nyatanya memuat hingga nyaris 5x lipat dari kapasitas. Dari laporan terakhir diketahui 188 penumpang berada di dalam kapal dan 164 orang diantaranya hilang. Tidak hanya di Indonesia, beberapa kasus kelebihan muatan pun terjadi diberbagai negara.

1. Kereta Api Atau Kereta Manusia



Kerumunan orang memadati areal rel kereta api di Bangladesh, tak lama terdengar bunyi kereta api. Dan seperti yang Anda saksikan, moda transportasi umum tersebut melintas dengan penuh orang diseluruh bagian kereta. Tak cuma dibagian atas atau samping layaknya menaiki bus umum, dibagian depan tempat masinis melihat jalur juga dipadati penumpang hingga kebagian bawah.

Karena banyaknya yang tidak dapat tempat untuk duduk, para penumpang bahkan sampai ada yang berdiri dibagian atas. Penuhnya penumpang ini juga tidak hanya digerbong depan, diseluruh gerbong pun tampak ramai tak bersisa tempat sedikit pun.

{thread_title}


2. Bus Penuh Penumpang Melewati Tebing



Menaiki bus penuh penumpang di jalan raya saja sudah bikin deg-degan, bagaimana kalau jalurnya ekstrem seperti ini. Terlihat bus putih sesak dengan penumpang sampai ada yang duduk di atap terlihat sedang melewati sebuah jalanan terjal di tepi tebing.

Karena muatan berlebihan, saat ditanjakan bus ini sempat terhenti, karena tidak kuat menanjak dan terus bergoyang ke kanan dan ke kiri. Beberapa penumpang pun akhirnya turun dan membantu mengganjal bagian belakang bus, agar tidak mundur dan bisa terus berjalan.

{thread_title}


3. Bus Penuh Penumpang Di India



Kali ini sungguh luar biasa penuhnya penumpang bus, sebenarnya sudah tidak ada ruang lagi di dalam bus. Namun ternyata orang-orang tersebut memilih untuk menaiki bagian atap, samping pintu, sampai bagian badan bus tidak terlihat lagi saking penuhnya dengan manusia.

Kebanyakan penumpang terlihat membawa tas punggung seperti anak sekolahan. Lihat saja dalam video berikut ini, beberapa orang dibagian belakang bus bersusah payah bertahan, sedangkan bus terus melaju di jalan raya.

{thread_title}


4. Angkutan Umum Menyebrangi Deras Arus Sungai



Sebuah mobil angkutan umum syarat penumpang ini terlihat nekat melewati derasnya arus sungai, perlahan mobil berjalan menyebrangi sungai. Dan setelah berbelok, mobil sempat condong ke belakang, seperti ingin terbalik.

Lalu apakah mereka berhasil lewat? Berkat skill dan pengalaman sang sopir, mobil tersebut berhasil menyebrang dengan selamat. Penumpang bagian belakang pasti sudah deg-degan setengah mati, karena nyaris jatuh ke air.

{thread_title}


5. Kelebihan Penumpang, Perahu Terbalik Di Sungai



Sebuah perahu terbalik di aliran Sungai Gangga di negara bagian Bihar, India karena kelebihan kapasitas penumpang. Diketahui perahu tersebut sebenarnya hanya mampu menampung 30 orang, namun saat kejadian banyak orang yang ingin menyaksikan festival layangan di Sungai Gangga, hingga perahu harus menampung 50 orang.

Akibatnya saat baru berangkat dan belum jauh dari daratan, kapal tersebut terbalik dan menjatuhkan seluruh penumpang. Dilaporkan 24 orang tewas, 12 orang berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian, 8 orang diselamatkan dari bangkai kapal untuk segera dilarikan ke rumah sakit. Sementara sisanya belum ditemukan oleh tim SAR.

{thread_title}


6. Kapal Laut Sesak Penumpang



Di Bangladesh tidak cuma transportasi darat saja yang selalu dipenuhi penumpang, kapal laut pun juga demikian. Bisa Anda bayangkan jika berada di kapal laut yang penuh penumpang seperti dalam video berikut. Tak hanya memenuhi bagian dalam, mereka bakal rela berdiri disisi badan kapal yang sangat dekat dengan ombak.

Kalau sudah begini, tentunya bisa mengancam keselamatan nyawa kita kapan saja. Aksi ini terbilang sangat berbahaya, karena bisa Anda lihat mereka tidak menggunakan alat keselamatan seperti pelampung, jika kapal tenggelam karena kelebihan muatan.

{thread_title}


7. Perahu Di India Tenggelam Karena Kelebihan Penumpang



Kelebihan penumpang berikutnya memakan korban jiwa. Sebuah tragedi terjadi di Allahabad, India saat perahu yang membawa 29 orang penumpang terbalik saat melintasi Sungai Belait. Terlihat dalam video saat perahu berbelok arah, nahkoda tidak dapat mengendalikan perahu lantaran kelebihan penumpang.

Alhasil, perahu mulai goyang dan beberapa penumpang melompat sebelum akhirnya benar-benar terbalik. Akibat insiden ini, diketahui 1 orang tewas tenggelam. Jadi, masih berani nekat menaiki perahu yang kapasitas sudah penuh?

{thread_title}


8. Habal-Habal, Kendaraan Bersayap Di Filipina



Kalau biasanya Anda menaiki motor untuk 2 orang penumpang, di Filipina ada moda transportasi yang dapat menampung hingga 10 orang sekaligus. Habal-habal atau motor bersayap ini menggunakan papan kayu disisi kanan dan kirinya untuk mengangkut penumpang.

Kendaraan ini digunakan untuk daerah yang memiliki jalanan tidak rata dan sempit, sehingga mobil tidak dapat melewatinya. Biasanya para petani sering memanfaatkannya untuk membawa hasil panen ke pasar. Tak hanya barang, kini habal-habal juga digunakan untuk membawa orang-orang, terutama para wisatawan yang ingin merasakan sensasi menaiki motor ramai-ramai.

Soal keselamatan, mereka percaya bahwa para pengumid habal-habal sudah sangat lihai dalam menyeimbangkan muatan. Tapi tetap saja, hal seperti ini tidak untuk dicontoh. Selain pegal-pegal duduk di atas papan kayu tanpa busa, peralatan keselamatannya juga sangat minim. Ahlhasil nyawa yang menjadi taruhannya.


{thread_title}









indramamothagusrezapratam4edelweis111
edelweis111 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
6.3K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.