News
Batal
KATEGORI
link has been copied
102
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bf0fa0296778155e73f5f0/genghis-khan-beberapa-hal-tentangnya-yang-gansis-mungkin-belum-tahu
Genghis Khan (1162-1227) memulai dari awal yang sederhana kemudian mendirikan kerajaan terbesar dalam sejarah. Setelah menyatukan suku-suku nomaden di dataran tinggi Mongolia, ia menaklukkan sebagian besar Asia Tengah dan Cina. Keturunannya memperluas kekaisaran lebih jauh, maju ke tempat-tempat yang sangat jauh seperti Polandia, Vietnam, Suriah dan Korea.
Lapor Hansip
08-06-2021 13:35

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu

Past Hot Thread
icon-verified-thread
HALLOOO AGAN & SISTA

emoticon-Shakehand2 
Setelah beberapa minggu ane absen dari membuat trit di kaksus tercinta, ane kembali.
emoticon-Ngacir Tubrukan
Kali ini kisah singkat yang ane tulis merupakan kisah dari orang terkenal, yaitu Genghis Khan, SELAMAT MEMBACA

RINGKASAN

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Patung Genghis Khan menghiasi istana presiden di Ulan Bator, Mongolia
Jim Garamone/WikimediaCommons
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu

Genghis Khan (1162-1227) memulai dari awal yang sederhana kemudian mendirikan kerajaan terbesar dalam sejarah. Setelah menyatukan suku-suku nomaden di dataran tinggi Mongolia, ia menaklukkan sebagian besar Asia Tengah dan Cina. Keturunannya memperluas kekaisaran lebih jauh, maju ke tempat-tempat yang sangat jauh seperti Polandia, Vietnam, Suriah dan Korea. 

Pada puncaknya, bangsa Mongol menguasai hampir 20 juta km persegi wilayah daratan, sebuah wilayah yang 10 juta km persegi lagi sampai seukuran Afrika. Genghis Khan meninggal pada 1227 selama invasi militer melawan kerajaan Cina Xi Xia. Tempat peristirahatan terakhirnya masih belum diketahui. 

Genghis Khan memiliki reputasi yang menakutkan namun ia adalah seorang pemimpin yang cakap, ia memperkenalkan tulisan kepada bangsa Mongol, menciptakan kode hukum pertama, mempromosikan perdagangan dan memberikan kebebasan beragama dengan mengizinkan semua agama untuk dipraktikkan secara bebas di mana saja di wilayah Mongol. Dengan cara ini, Genghis Khan membangun fondasi sebuah kerajaan yang sangat kuat.
Quote:Genghis Khan awalnya bernama Temujin, yang berarti "dari besi" atau "pandai besi." Dia mendapatkan nama kehormatan "Genghis Khan" tahun 1206, ketika dia dinyatakan sebagai pemimpin bangsa Mongol pada pertemuan suku yang dikenal sebagai "Kurultai." Sementara "Khan" adalah gelar tradisional yang berarti "pemimpin" atau "penguasa", "Genghis." diterjemahkan sebagai "penguasa tertinggi".


TAHUN-TAHUN AWAL

Tanggal lahir Genghis Khan tidak diketahui secara pasti, beberapa sejarawan memilih 1162 dan lainnya 1167. Ibu Temujin bernama Hoelun dan ayahnya Yisugei, yang merupakan seorang pemimpin suku. Genghis Khan lahir di dekat perbatasan antara Mongolia dan Siberia. Legenda menyatakan bahwa dia datang ke dunia sambil memegang gumpalan darah di tangan kanannya. Pada saat itu, lusinan suku nomaden di stepa Asia Tengah terus-menerus berkelahi dan mencuri satu sama lain, dan kehidupan awal Temujin penuh kekerasan dan tidak dapat diprediksi. 

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Musim gugur di Sungai Onon, Mongolia, wilayah tempat Temüjin dilahirkan dan dibesarkan.
WikimediaCommons
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu

Sebelum berusia 10 tahun, ayahnya diracun sampai mati oleh klan musuh. Temujin yang masih berusia sembilan tahun saat itu sehingga dia tidak bisa mempertahankan kesetiaan pengikut ayahnya. Akibatnya, dia, ibunya dan enam saudaranya ditinggalkan di padang rumput Asia untuk dibiarkan mati. 

Quote:Untuk sosok berpengaruh seperti Genghis Khan, sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya atau bahkan penampilan fisiknya. Sebagian besar sejarawan menggambarkannya sebagai tinggi dan kuat dengan rambut dan janggut yang panjang serta lebat. Pemimpin Mongol Genghis Khan tidak pernah mengizinkan siapa pun untuk melukis potretnya, memahat gambarnya, atau mengukir wajahnya di atas koin. Gambar pertama dirinya muncul setelah kematiannya.


Pada suatu hari, dia ditangkap dan diperbudak oleh klan yang telah meninggalkannya, namun ia akhirnya bisa melarikan diri. Pada tahun 1178 Temujin menikah dengan Borte, setelah menikah ia segera mulai membuat aliansi, membangun reputasi sebagai seorang pejuang dan menarik semakin banyak pengikut. Kepemimpinan dan bakat bela diri Temujin membawanya pada kemenangan atas rival-rival lokal dan pasukannya pun makin bertambah besar. Temujin terbukti tak terbendung, ia berhasil menyatukan sebagian besar suku nomaden berbeda yang menjelajahi padang rumput Asia Tengah, masing-masing terdiri dari klan yang berbeda, dengan menciptakan jaringan aliansi di antara mereka.

Temujin menjadikan dirinya pemimpin yang dominan melalui campuran diplomasi, kemurahan hati, dan penggunaan kekuatan dan hukuman yang kejam. Suku-suku yang kalah terkadang dipaksa untuk bergabung dengan pasukannya atau dibunuh. Temujin menghargai keberanian yang ditunjukkan oleh musuhnya yang kalah, salah satu yang terkenal ia menjadikan seorang pria sebagai salah satu jenderalnya karena ia telah bertahan dari serangan kavaleri dan menembakkan panah yang menumbangkan kuda Temujin. 

Quote:Genghis Khan memiliki mata yang tajam dalam melihat bakat seseorang, ia mempromosikan perwiranya berdasarkan keterampilan dan pengalaman bukan dari kelas, keturunan atau bahkan kesetiaan masa lalu. Salah satu contoh terkenal dari praktek meritokrasi ini datang selama pertempuran 1201 melawan Klan Taijut, ketika Jenghis Khan hampir terbunuh setelah kudanya dipanah. Ketika ia memenangkan pertempuran, ia kemudian berbicara kepada para tahanan Taijut dan mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas kudanya yang tertembak, seorang tentara dengan berani berdiri dan mengaku sebagai penembaknya. Genghis Khan menjadikannya seorang perwira di pasukannya dan kemudian menjulukinya "Jebe," atau "panah," untuk menghormati pertemuan pertama mereka di medan perang. Bersama dengan Jenderal Subutai yang terkenal, Jebe kemudian menjadi salah satu komandan lapangan terbesar bangsa Mongol selama penaklukan mereka di Asia dan Eropa.

Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang masa kanak-kanak Genghis Khan berasal dari "The Secret History of the Mongols (Sejarah Rahasia Mongol)" yang merupakan karya tertua dalam sejarah dan sastra Mongolia, yang ditulis segera setelah kematian Genghis Khan. Kehidupan Genghis Khan diceritakan dalam Sejarah Rahasia bangsa Mongol, kemudian berasal dari sumber-sumber Cina dan Arab. 

THE GREAT KHAN (KHAN YANG AGUNG)

Ketika pasukannya semakin besar, Temujin mengalahkan klan saingan seperti Tartar, Kereyid, Naiman, dan Merkids sampai akhirnya terjadilah Konfederasi Mongol. Sebuah konferensi besar atau Kurultai di pinggiran sungai Kherlen pada tahun 1206 dan secara resmi menyatakan Temujin sebagai pemimpin mereka.

Tujuan lain pertemuan tersebut adalah untuk menggabungkan basis kekuatan dengan keterampilan Mongol dalam menunggang kuda dan memanah, tidak hanya untuk mengatasi kekuatan negara tetangga namun untuk membangun sebuah kerajaan yang kemudian bisa menaklukkan negara terkaya di Asia, Cina. 

Genghis Khan mungkin tidak memulai dengan rencana ini, tetapi itulah yang terjadi. Meskipun posisinya lebih tinggi, Genghis Khan tetap dan terus tinggal di tenda. Memang orang-orang nomaden tidak membentuk desa atau kota, tetapi tetap berpindah secara teratur di antara padang rumput sesuai dengan musim yang ditentukan. Genghis Khan terus melangkah maju, bahasa Mongol yang hanya diucapkan mulai dibuat menjadi bahasa tertulis. Sehingga Yassa (peraturan Genghis Khan) dapat disusun bersama dengan banyak ketentuan lainnya, hukuman untuk kejahatan tertentu yang ditetapkan mulai ditulis. Inovasi lainnya adalah pengembangan sistem pos di mana kurir berkuda dapat dengan cepat membawa pesan jarak jauh dengan disediakannya tempat untuk makan, istirahat, dan berganti kuda. Ini terbukti sangat berguna selama invasinya ketika informasi perlu diteruskan dengan cepat.
Quote:Selain busur dan kuda, senjata paling ampuh bangsa Mongol adalah jaringan komunikasi yang luas. Salah satu keputusannya adalah pembentukan layanan kurir yang dikenal sebagai "Yam." Terdiri dari serangkaian kantor pos dan tempat persinggahan yang terorganir dengan baik di seluruh Kekaisaran. Tempat berhenti dan beristirahat. Sistem yang memungkinkan barang dan informasi sampai dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, juga bertindak sebagai mata dan telinga Khan. Berkat Yam, dia dapat dengan mudah mengikuti perkembangan militer dan politik dan mempertahankan kontak dengan jaringan mata-mata dan pengintainya yang luas. Ini juga membantu melindungi pejabat dan pedagang asing selama perjalanan mereka. Di tahun-tahun berikutnya, layanan ini terkenal digunakan oleh Marco Polo dan John of Plano Carpini.

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Rekonstruksi Prajurit Mongol
William Cho (CC BY-SA)
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu

Genghis Khan juga membuat pasukannya lebih baik dengan menghindari tradisi Mongol membentuk divisi berdasarkan suku yang memungkinkan terpecah karena persaingan. Untuk lebih mengamankan posisinya sendiri, Khan Agung membentuk dan memperluas pengawal elitnya, dari 800 menjadi 10.000 orang. Kemudian, para anggotanya bersumpah setia sepenuhnya kepada Khan. Selain itu, banyak dari anggotanya juga memperoleh fungsi administratif penting di wilayah taklukan.
Tentara Mongol memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tentara musuh. Mereka adalah pemanah ahli yang menggunakan busur jarak jauh dan prajurit yang sangat tangguh, yang mampu berkuda selama berhari-hari dengan makanan dan air yang sedikit. Kuda mereka yang kekar dan gesit adalah senjata mereka yang mampu bertahan dari suhu yang ekstrim.

Bangsa Mongol memiliki kavaleri ringan dan berat, dan setiap pengendara biasanya memiliki hingga 16 kuda cadangan yang memberi mereka jarak manuver yang sangat jauh. Selain itu, bangsa Mongol tidak pernah "gengsi" untuk menggunakan taktik dan teknologi musuh. Mereka tidak hanya membawa mobilitas yang ganas ke peperangan tetapi mereka juga cepat dan mahir dalam jenis pertempuran lain, seperti pengepungan dan penggunaan ketapel bubuk mesiu. Mengadopsi keterampilan dan inovasi negara lain menjadi keahlian Mongol secara umum karena menteri dan komandan Genghis Khan berasal dari sekitar 20 negara yang berbeda.

Akhirnya, motivasi perang Mongol dirancang hanya untuk satu tujuan yaitu untuk mendapatkan barang rampasan. Selanjutnya, para komandan yang menang dapat mengharapkan untuk menerima tanah yang luas untuk diperintah sesuka mereka sementara Khan Agung sendiri menerima upeti dari para penguasa yang diizinkan untuk tetap berkuasa sebagai pengikut Mongol. Singkatnya, begitu bergerak pasukan Mongol akan terbukti sangat sulit dihentikan.

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Peta Negara Song & Jin
Yu Ninjie/WikimediaCommons
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu

KEKAISARAN MONGOL

Temujin menempatkan sekutu yang kompeten daripada kerabat di posisi kunci dan mengeksekusi para pemimpin suku musuh sambil memasukkan anggota yang tersisa ke dalam klannya. Meskipun Temujin adalah seorang animis, pengikutnya termasuk Kristen, Muslim dan Budha. Pada 1205 ia telah mengalahkan semua saingannya.  

Setelah menyatukan klan-klan, Genghis Khan memerintah sekitar 1 juta orang. Dia menghapus gelar bangsawan, melarang penjualan dan penculikan wanita, melarang perbudakan orang Mongol dan membuat pencurian ternak dapat dihukum mati. Selain itu, Genghis Khan memerintahkan penerapan sistem penulisan, melakukan sensus rutin, memberikan kekebalan diplomatik kepada duta besar asing dan mengizinkan kebebasan beragama jauh sebelum gagasan itu menyebar di tempat lain.
Quote:Genghis Khan merangkul keragaman wilayah yang baru ditaklukkannya. Dia mengesahkan undang-undang yang menyatakan kebebasan beragama untuk semua dan bahkan memberikan pembebasan pajak untuk tempat-tempat ibadah. Toleransi ini memiliki sisi politik, Khan tahu bahwa orang-orang yang bahagia lebih kecil kemungkinannya untuk memberontak. Sementara Genghis Khan menganut kepercayaan perdukunan yang memuja roh-roh langit, angin, dan pegunungan. Khan Agung juga memiliki minat pribadi dalam spiritualitas. Dia berdoa di tendanya selama beberapa hari sebelum kampanye penting, dan dia sering bertemu dengan para pemimpin agama yang berbeda untuk membahas rincian agama mereka. 


Quote:Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Gambar peta dan pergerakan Genghis Khan
Bkkbrad/(CC BY-SA)


Kampanye pertama Genghis Khan di luar Mongolia adalah melawan kerajaan Xi Xia di barat laut Cina. Setelah serangkaian pengepungan, bangsa Mongol meluncurkan inisiatif besar pada tahun 1209 yang membawa mereka ke depan pintu Yinchuan, ibu kota Xi Xia. Tidak seperti tentara lainnya, orang Mongol bepergian tanpa kereta suplai makanan, melainkan membawa cadangan kuda yang besar. Tentara hampir seluruhnya terdiri dari kavaleri, yang merupakan pengendara ahli dan mematikan dengan busur dan anak panah. 

Bangsa Mongol selanjutnya menyerang Dinasti Jin di Tiongkok utara, dari 1211 hingga 1214 orang-orang Mongol yang kalah jumlah menghancurkan pedesaan dan membuat orang desa mengungsi ke kota-kota. Akibatnya kekurangan pangan menjadi masalah bagi Dinasti Jin, tentara Dinasti Jin akhirnya membunuh puluhan ribu petaninya sendiri. Pada 1214 orang Mongol mengepung ibu kota Zhongdu (sekarang Beijing), dan Dinasti Jin setuju untuk menyerahkan sutra, perak, emas, dan kuda dalam jumlah besar. 

Itu adalah jeda sementara sebelum yang lebih buruk datang, ketika orang-orang Mongol menyerang kembali Jin pada tahun 1215 setelah pemimpin Dinasti Jin memindahkan ibu kota mereka ke selatan, dan Genghis Khan menganggap ini sebagai penolakan status bawahan. Bangsa Mongol melanjutkan serangan mereka ke China selama dekade berikutnya, dengan sekitar 90 situs sejarah dihancurkan pada 1212-1213. Song melancarkan serangan balik ke wilayah Mongol pada tahun 1215 namun gagal dan jenderal Cina P'eng I-pin ditangkap, pada tahun 1215 Beijing dikuasai dan kota itu dibakar.

Genghis Khan puas dengan kejatuhan Cina yang akan segera terjadi, dan mengarahkan pasukannya ke barat daya dan menyerbu tempat yang sekarang disebut Turkistan, Uzbekistan, dan Iran antara tahun 1218 dan 1220. Targetnya adalah Kekaisaran Khwarazm. Genghis Khan telah mengirim misi diplomatik, tetapi penguasa Khwarazm menyuruh para duta besar tersebut dieksekusi. Genghis Khan pun menanggapi dengan menurunkan sekitar 100.000 pasukan. Meskipun kalah jumlah, pasukan Mongol menyapu satu demi satu kota Khwarazm, termasuk Bukhara, Samarkand dan Urgench. Pekerja terampil seperti tukang kayu dan perhiasan diselamatkan, sementara bangsawan dan tentara yang melawan dibunuh.
Quote:Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak orang yang tewas selama invasi Genghis Khan, banyak sejarawan menyebutkan jumlahnya sekitar 40 juta. Sensus dari Abad Pertengahan menunjukkan bahwa populasi China turun hingga puluhan juta selama masa hidup Genghis Khan, dan para sejarawan memperkirakan bahwa ia mungkin telah membunuh tiga perempat populasi Iran selama perangnya dengan Kekaisaran Khwarazm. Invasi Mongol mungkin telah mengurangi seluruh populasi dunia sebanyak 11 persen.

Sementara itu, pekerja tidak terampil sering digunakan sebagai tameng manusia pada penyerangan berikutnya. Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak orang yang tewas selama invasi Genghis Khan, sebagian karena orang Mongol menyebarkan citra kejam mereka sebagai teror. Reputasi menakutkan Mongol sebagai militer semakin terkenal. 

KEMATIAN DAN WARISAN

Ketika Genghis Khan kembali ke Mongolia pada 1225, ia telah menguasai sebagian besar wilayah dari Laut Jepang hingga Laut Kaspia. Pada awal 1227 Genghis Khan jatuh dari kudanya yang menyebabkan ia terluka. Dia terus melakukan kampanye, tetapi kesehatannya semakin memburuk. Dia meninggal pada tanggal 18 Agustus 1227, tepat sebelum Xi Xia dihancurkan.

Jenazahnya kemudian diangkut kembali ke Mongolia untuk dimakamkan tetapi lokasi makamnya dirahasiakan. Sumber abad pertengahan menyebutkan makam itu berada di sekitar gunung suci Burkan Kuldun.

Quote:
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Patung Genghis Khan di Ulan Bator
Mario Carvajal/WikimediaCommons

Langkah besar berikutnya datang pada masa pemerintahan Kubilai Khan, cucu Genghis Khan yang menaklukkan sebagian besar wilayah Tiongkok yang tersisa dari tahun 1275 dan dengan demikian menyebabkan runtuhnya Dinasti Song pada tahun 1279. Kubilai memproklamirkan dirinya sebagai kaisar Dinasti Yuan yang baru di Cina. Selama dua dekade berikutnya, Cina akan sepenuhnya didominasi oleh bangsa Mongol. Kekaisaran Mongol kemudian melakukan lebih banyak invasi, termasuk di Timur Tengah, Korea, dan Jepang dengan berbagai keberhasilan.

Genghis Khan menaklukkan dua kali lebih banyak wilayah daripada orang lain dalam sejarah, membawa peradaban Timur dan Barat dalam prosesnya. Bangsa Mongol bahkan menginvasi Jepang dan Jawa sebelum kerajaan mereka pecah pada abad ke-14. 

Genghis Khan telah meninggalkan bayangan yang jauh lebih besar daripada kerajaannya, karena ia telah dilihat sebagai sosok seperti dewa di wilayah tersebut dan ayah dari orang-orang Mongolia. Dan hari ini ia terus dihormati dengan upacara khusus di ibu kota Mongolia modern, Ulan Bator.

DEMIKIAN TRIT ANE
ANE PAMIT
emoticon-Traveller
sumber : 1, 2, 3, 4
@raeuki2021

Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
Diubah oleh raeuki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:25
emoticon-Baby Boy 1
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:27
Pernah nonton discovery channel mengenai bangsa mongol dan genghis khan.

Katanya saking invasinya gila2 an dan bengis (bunuh, rampas dan perkosa), 1/3 dari populasi di dunia ada gen dari genghis khan (mungkin maksudnya gen orang mongol).

Dan saat ini bangsa mongol dari si genghis khan ini sukunya masuk ke negara RRT (inner mongolia), bukan negara mongolia (ternyata beda, ada negara mongolia dan ada kaya provinsi sendiri di RRT yang disebut inner mongolia) yang secara kedaulatan berdiri sendiri (katanya di RRT negara mongolia ini disebut outer mongolia).
profile-picture
not.a.member. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:29
Mongol kuat banget dulu, hampier se eurosia di kuasain mongol. Tapi ane lebih suka sama Alexander the great.emoticon-Betty
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:31
yang paling ane inget dari gengis khan ini, waktu penguburan jasadnya, orang orang yang hadir di pemakamannya juga ikut dibunuh, bahkan algojo algojo nya juga ikut bunuh diri untuk mempertahankan kerahasiaan dari tempat makamnya, cmiiw
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:32
Salah satu pemimpin hebat yg pernah ada.. walopun dia kejam dlm masalah penaklukan, tp dia mampu membangun sistem dimana perpecahan internal bisa dihindari.. sungguh sosok pemimpin yg ideal
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
1 0
1
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:35
Konsep Imperialis genghis kan saat itu dulu memang sedang dipraktikan oleh USA saat ini, genghis kan menguasai suatu region untuk membangun sebuah proxy atau sekutu di daerah itu, yg mana bekerja sesuai dengan order dan kepentingan genghis khan 👌 sayangnya genghis khan cuma 1 periode 😂 pas udah wafat, tabungan2 pencapaian nya selama memerintah sebuah negara dibagi2kan ke kerabat2nya 😂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:36
Lumayan nih asupan gizi ini trit buat ane pecinta sejarah amatir..cek kulkas gan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:44
genghis khan adalah raja pada masannya ya
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:44
Kubelai kan...
Penakluk janda....
Kaisar dari nusantara
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:50
Keturunannya tidak menikmati apa". Bangsa mongol sekarang kesepian.
profile-picture
rickyrickardo memberi reputasi
1 0
1
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:51
Dulu sempat mikir,, lbh SAKTI mana??? KWEE CHENG,, dg KUBILAI KHAN ,??? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
mr.croovooc dan seringboering memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:56
Pertama kali tahu kisah Genghis khan itu dari game age of empire 2. Genghis khan, attila the hun, richard the lionheart, william wallace, el cid, joan of arc, charles magne, frederick barbarossa, erik the red, saladin, montezuma, emoticon-Matabelo
profile-picture
mas4d3 memberi reputasi
1 0
1
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 12:58
Kerajaannya membentang dari matahari terbit sampai matahari terbenam
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:13
Tiran..
Mongol sekarang terlena dgn era keemasan pemimpin nya yg dahulu banget.. Sekarang gk ada apa2 nya ini negara.. Cuma hamparan padang rumput yg luas..
emoticon-Traveller
profile-picture
not.a.member. memberi reputasi
1 0
1
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:13
Keturunan paling banyak di negara India, sharukh khan n semua yg marganya khan emoticon-Cool
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:24
Sisi lain khan yg ane baru tau, ternyata selain kejam ke musuh, baik kepada yg takluk sama dia.
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:29
sama sunda empire lebih hebat mana gan?
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:38
Jadi keinget film the mummy
0 0
0
Genghis Khan, Beberapa Hal Tentangnya yang GanSis Mungkin Belum Tahu
10-06-2021 13:46
mantap gan threadnya, selama ini agak penasaran juga sama kisah hidup genghis khan kakek dari kubilai khan emoticon-Toast
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia