News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
195
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c16b95d123ae29b23a95fa/begini-penjelasan-stafsus-sri-mulyani-soal-ppn-sembako
Pemerintah berencana untuk mengenakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kebutuhan pokok atau sembako. Wacana tersebut tertuang dalam Draf Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).
Lapor Hansip
10-06-2021 08:32

Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako

Past Hot Thread
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk mengenakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kebutuhan pokok atau sembako. Wacana tersebut tertuang dalam Draf Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Di dalam aturan tersebut, sembako tak lagi termasuk dalam objek yang PPN-nya dikecualikan.
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo pun buka suara terkait hal tersebut. Melalui akun Twitternya, @prastow, ia tak membantah mengenai kemungkinan pemungutan PPN sembako.

Namun demikian, ia menegaskan pemerintah tidak akan membabi buta dalam memungut pajak. Meski di sisi lain, pemerintah pun uang akibat pandemi yang turut memberikan dampak pada pendapatan negara.

"Kembali ke awal, nggak ada yg tak butuh uang, apalagi akibat hantaman pandemi. Tapi dipastikan pemerintah tak akan membabi buta. Konyol kalau pemulihan ekonomi yg diperjuangkan mati2an justru dibunuh sendiri. Mustahil!," jelas dia dalam kicauannya, Rabu (9/6/2021).

Yustinus pun telah mengizinkan Kompas.com untuk mengutip utasnya di Twitter tersebut.

Yustinus mengatakan, meski revisi RUU KUP mulai dirancang tahun ini, namun bukan berarti pemungutan pajak sembako akan dilakukan di tahun yang sama.

Di masa pandemi, pajak diarahkan sebagai stimulus, artinya, penerimaan negara tertekan, di sisi lain belanja negara meningkat tajam. Untuk itu, secara bersamaan pemerintah pun mendesain kebijakan yang bisa menjamin keberlanjutan di masa yang datang.

Penerapan pungutan atas PPN Sembako untuk beberapa barang dan jasa yang sebelumnya dikecualikan pun menunggu ekonomi pulih secara bertahap.

"Di sisi lain pemerintah memperkuat perlindungan sosial. Semakin banyak keluarga mendapatkan bansos dan subsidi diarahkan ke orang. Maka jadi relevan: bandingkan potensi bertambahnya pengeluaran dengan PPN (misal 1 persen atau 5 persen), dengan bansos/subsidi yang diterima rumah tangga," jelas Yustinus.


Di dalam Revisi UU KUHP tersebut dijelaskan, beberapa barang dan jasa yang dihapus dari pengecualian PPN yakni beberapa barang hasil tambang maupun hasil pengeboran yang semula tak dikenai PPN.

Namun, hasil tambang itu tak termasuk hasil tambang batubara. Kemudian, pemerintah juga menambah objek jasa baru yang akan dikenai PPN, antara lain jasa pelayanan kesehatan medis, jasa pelayanan sosial, jasa pengiriman surat dengan perangko, jasa keuangan dan jasa asuransi.

Kemudian jasa pendidikan, jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan, jasa angkutan umum di darat dan di air, jasa angkutan udara dalam dan luar negeri, jasa tenaga kerja, jasa telepon umum dengan menggunakan uang logam, serta jasa pengiriman uang dengan wesel pos.

Yustinus menjelaskan, salah satu pertimbangan penting atas perluasan basis PPN serta kenaikan PPN yakni kinerja perpajakan RI yang cenderung masih rendah.

Ia menjelaskan, kinerja perpajakan Indonesia masih lebih rendah dibandingkan Thailand dan Singapura di lingkup Asean. Bahkan di lingkup global, Indonesia masih lebih rendah ketimbang Afrika Selatan dan Argentina.

"Tentu saja ini tantangan: peluang dan ruang masih besar, maka perlu dipikirkan ulang mulai sekarang. Ini pertimbangan pentingnya," ujar Yustinus.

Beberapa negara juga diketahui melakukan penataan ulang sistem PPN baik melalui perluasan basis pajak serta penyesuaian tarif. Yustinus mencatat, ada 15 negara yang menyesuakan tarif PPN untuk membiayai penanganan pandemi. Rata-rata tarif PPN di 127 negara adalah 15,4 persen. Sementara, tarif PPN di Indonesia cenderung lebih rendah, yakni 10 persen.

"Mohon terus dikritik, diberi masukan, dan dikawal. Ini masih terus dikaji, dipertajam, dan disempurnakan. Pada waktunya akan dibahas dg DPR. Jika disetujui, pelaksanaannya memperhatikan momen pemulihan ekonomi. Kita bersiap utk masa depan yg lebih baik," kata Yustinus.

https://money.kompas.com/read/2021/0...page=all#page2

Quote:Penerapan pungutan atas PPN Sembako untuk beberapa barang dan jasa yang sebelumnya dikecualikan pun menunggu ekonomi pulih secara bertahap.



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wetenggede dan 20 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 10:42
Pak anies - bu sri untuk ri 2024 nanti emoticon-Metal

Pasangan sempurna yang saling melengkapi, satu jago ngabisin uang, satu lagi jago nyari uang. emoticon-Belo























































emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 12:28
Buat bu sri mulyani ane punya usul. Utk menambah pendapatan negara bagaimana kalau kerjasama dgn Pemda DKI. Itu Pesepeda RB yg harga sepedanya mahal2 dikenain biaya masuk JLNT kuningan tiap sabtu - minggu. Anggap aja kaya masuk tol. Kan katanya pada kaya2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
midnight.Outlet dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 12:31
Drpd memperluas barang yg jd objek pajak
Mendingan perluas orang" yg mestinya bayar pajak tapi ga pernah bayar
Kasus nyata aja di Bandung, pasar kain di Cigondewah itu banyak banget yg ga bayar pajak
Pengusaha di Majalaya juga banyak yg sengaja ga dipungut pajak, cuma kaum tertentu aja yg disuruh bayar pajak, sisanya masih banyak yg belum, makanya pengusaha yg ga bayar pajak itu masih pada operasional sampai skrg bahkan beli mesin" bekas perusahaan lain yg operasionalnya terganggu gara" pandemi & udah ikuti aturan

Asas keadilannya belum diterapkan di lapangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 14:54
alah baik
kesehatan, pendidikan kbutuhan pokok dasar mau dipajakin tapi batubara kaga
jelas dalangnya

btw kalau kinerja perpajakan rendah benerin tuh cok dirjen pajaknya
jangan dilimpahin ke masyarakat
mikirnya kok kayak tai
Diubah oleh rintikansenyap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 15:02
Kalo mobil kapolri, panglima tni dan mentri diganti innova, dibawahnya diganti avanza, calya, uda hemat triliunan

Ini yg bawahanya aja pake fortuner, innova, kapolda aja pake landcruiser

Tapi pemerintahnya ngais2 recehan dr rakyatnya

Lucu!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 16:54
Jangan cuma ditunda tapi dibatalkan ajaemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 17:02
Quote:Ia menjelaskan, kinerja perpajakan Indonesia masih lebih rendah dibandingkan Thailand dan Singapura di lingkup Asean. Bahkan di lingkup global, Indonesia masih lebih rendah ketimbang Afrika Selatan dan Argentina.


Bukan hanya kinerja perpajakan saja yang masih rendah

Tapi memang kualitas layanan nya pun jauh di bawah rata rata

Kinerja perpajakan yang rendah itu masih terlalu tinggi jika di bandingan dengan rendahnya pelayanan publik yang di dapat

Angka kriminalitas dan premanisme terselubung masih sangat tinggi

Infrastruktur yang sangat buruk terlihat dari kualitas penanganan banjir

Regulasi yang tidak jelas dan mempersulit dunia usaha dan kreatifitas

Dan masih banyak lagi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 17:56
Kadrun ga makan sembako
Tenang aja
Lobster cooyyyyu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 18:48
Bacooott
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
10-06-2021 20:21
ga usah lu dengeri staff susnya

paling udah kongkalingkong ama boss nya

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 05:34
Nyimak
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:02
Batubara gak kena pajak wkwkwkwkwkw

Wkwkwkwkwkwk

Wkwkwkwk

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Fix emang bikin peraturan biar gak kena yg diatas iena yg dibawah doang, masyaallah...emoticon-Cape d...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:02
Ga ada petisi turunkan Menteri penarik pajak yah emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:04
Pajak pajak pajak emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:06
gilak semua kena ppn, nanti kencing boker kena ppn juga, makin ancur negeriku
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:07
Lagi pernyataan dungu membanding banding kan dengan negara lain..tipikal dungu...
Negara laen kesejahteraan masyarakat nya udh jauh level ama indon kok dibanding bandingin emoticon-Nohope

Gaji mahal2 ujung2 nya cmn ngutang sama malak pajak...satpam komplek gw jg bisa kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:09
goblok si yang bikin pajak sembako

sementara yang seharusnya dipajakin dipotong seperti mobil

dan uang pajak pun buat subsidi kemewahan koruptor

dan untuk menyelamatkan bumn macam garudrut

kejar aja dulu tuh pajak google dan facebook
profile-picture
profile-picture
profile-picture
combustor dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:16
Seharusnya pajak kendaraan mewah,rumah mewah pajaknya dinaikan.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:22
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Begini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani Soal PPN Sembako
11-06-2021 06:23
pandemi aje dijadiin alasan ekonomi........


ud tau susah gegara pandemi masih pada korup, lu sita aja tuh seluruh hartanya...... biar cepet pulih ekonomi...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan valkyr9 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia