Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
170
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b9f98c076ce264d736c76f/punya-rumah-dulu-atau-punya-anak-dulu
Apa yang AganSis rencanakan setelah menikah? Tinggal di rumah mertua? Meniti karir atau langsung mengikuti program mempunyai momongan? Bagi sebagian orang, memiliki anak adalah salah satu tujuan utama dalam pernikahan. Bagi mereka, tak sempurna rasanya jika dalam sebuah hubungan pernikahan tanpa dikaruniai buah hati. Oleh karena itu, orang-orang seperti i
Lapor Hansip
04-06-2021 16:59

Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?





Hai, hai, AganSis! Apa kabar?

emoticon-Hai


Apa yang AganSis rencanakan setelah menikah? Tinggal di rumah mertua? Meniti karir atau langsung mengikuti program mempunyai momongan?

Bagi sebagian orang, memiliki anak adalah salah satu tujuan utama dalam pernikahan. Bagi mereka, tak sempurna rasanya jika dalam sebuah hubungan pernikahan tanpa dikaruniai buah hati. Oleh karena itu, orang-orang seperti ini tak pernah berpikir untuk menunda punya anak. Terlebih, mereka yang tinggal di lingkungan padat penduduk atau yang punya banyak teman atau kerabat. Mereka tak ingin mendapat nyinyiran atau cemoohan hanya karena belum atau sengaja menunda hadirnya keturunan.


Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?



Namun, bagaimana jika keuangan belum mencukupi? Pekerjaan masih belum tetap, tak ada tabungan untuk mengurus anak, bahkan tinggal pun masih di rumah orang tua. Pastinya, opsi untuk punya anak ini menjadi pilihan yang cukup sulit. Mereka tentu harus memikirkan masa depan anak mereka kelak. Sanggup atau tidak mencukupi kebutuhannya. Karena anak tak hanya asal buat lalu dibiarkan. Sebagai orang tua tentu memiliki kewajiban untuk merawat dan membesarkan dan yang pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Memang cara berpikir orang berbeda-beda. Ada yang lebih memprioritaskan anak, ada juga yang ingin mapan terlebih dulu, agar tak kesulitan mengurus anak di kemudian hari.


Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?



Namun, terlepas dari semua persoalan materi, jika memang sudah mencukupi, ada baiknya disegerakan untuk mempunyai anak. Sebab anak adalah investasi masa depan, bukan di dunia tapi di akhirat. Dengan catatan mendidiknya harus bener. Punya anak juga bisa menjadi jaminan masa tua tak terlantar, itu pun dengan syarat mendidik anak dengan baik.

Nah, bagaimana dengan mereka yang masih kekurangan? Tentunya mencukupkan finansial harus diutamakan, setidaknya sampai bisa mencukupi kebutuhan anak hingga pendidikannya.

Tersebab jika pasangan sudah menikah dan masih tinggal di rumah orang tua, apalagi jika sudah ada anak, pastinya sangat merepotkan. Kita tak bisa leluasa mengurus rumah dan anak-anak. Apalagi jika harus serumah dengan ipar. Ieuh! Amit-amit. Jangan sampailah.

Berbeda halnya jika orang tua tinggal sendiri dan telah sepuh, mau tak mau kita harus tinggal bersama dan merawat orang tua.


Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?



AganSis, berumah tangga adalah sebuah niat baik yang perlu disertai juga dengan perjuangan. Berumah tangga adalah sebuah perjalanan hidup, yang mana kita tak tahu akan seperti apa jalan di hadapan. Apakah mulus bebas hambatan seperti tol, ataukah berlubang dan berkelok seperti gang menuju rumahmu. Siapkan diri sebaik-baiknya demi masa depanmu!

Demikian thread semi curhatan kali ini. Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa tinggalkan cendol dan rate-nya.


Penulis : @YenieSue0101
Opini Pribadi
Ilustrasi : 1, 2, 3, 4



profile-picture
profile-picture
profile-picture
wetenggede dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 19:19
Gmn2?😂 baiknya sebelum nikah udah mapan materinya dulu, soal rumah ngikutinlah.. ngontrak dlu jg gpp asal pendapatan tetap, atau bisa kpr. Kalo anak sih baiknya jgn menunda
profile-picture
pecuse memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 19:35
jelas rumah dlu.

ntar dah pnya anak banyak pengeluaran harus bayar kpr + kontrakan (klo ga di rumah orang tua) + biaya hidup sehari makan, minum, transport kerja + biaya khusus seperti ada keluarga yang sakit + biaya hari raya, tamasya, liburan. nanti mau bayarin sekolah anak begimana.... (kecuali gajinya di atas 10 juta dalam 1 keluarga silakan saja... kalau gajinya cmn 3-5 jtan mau begimana bayar semua biaya itu dah)

ini salah satu faktor tingkat pendidikan itu rendah di indonesia, karena ortunya pada ga mampu biayain anaknya dan lebih mentingin kesenangan terlebih dahulu tanpa pkir panjang.... biayain anak sekolah di smp, sma aja udah banyak yang kempot"an...
ktika pendidikan rendah, pengaturan keuangan buruk -> domestic violence atau dan kejahatan -> anaknya mengikut kelakuan orang tuanya -> lakuin hal yang sama -> pendidikan rendah, pengaturan keuangan buruk -> domestic violence atau dan kejahatan -> anaknya mengikuti kelakuan orang tuanya -> lakuin hal yang sama -> pendidikan rendah, pengaturan keuangan buruk -> domestic violence atau dan kejahatan.

udah kaya lingkaran setan... kecuali anaknya bijak dan pnya kesadaran, ada kemauan buat ngerubah keluarganya baru beda cerita... sygnya dominan anak sekarang ga pnya kesadaran malah fokus epep atau moba
Diubah oleh cekoriorreplika
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 19:42
Idealnya sih

Kerja
Beli rumah
Nikah

Kalo mau enak, kalo mau nekat ya silahkan kerja seadanya terus nikah

Yg percaya nikah muda segera menikah menghindari zina itu pikiran yg hanya boleh buat anak sultan

Belom mapan ya puasa biar gak sangean
Jangan ngambil pendeknya aja sange nikah, jangan ngerepotin orang lah

Baginda rosul dulu yg perlu kita garis bawahi tajir dulu baru nikah liat aja mahar ontanya berapa ekor
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 19:53
Sebaiknya cari pekerjaan tetap dulu emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 20:00
Rumah ato anak sm2 rahasia tuhan....
Bnyakin cari duit aj....
Buat anak jaga2 pas lahiran musti sesar, y klo g u biaya pendidikannya....
Klo anak belum dapat, y siapin rumah nya biar klo udh ad anak g msh numpang di pondok mertua indah trus mertua nya jadi baby sitter jagain anak...
Diubah oleh ozzai936
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 20:02
Gue di kasij duluan punya anak sihh tp blom punya rumah
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 20:21
ada cerita nyata nih (temen ane sdri)

awal nikah nunda punya anak (KB), dengan alasan masih merintis karir dulu..
pas udah jalan hampir 5th baru kepikiran pengen anak.. pas berenti KB, istrinya susah hamil karena apa gt ya lupa namanya.. efek KB terlalu dini klo ga salah.. intinya gt deh..
alhasil cuma b2 aja deh di rumah sementara emoticon-Genit:

pesan moralnya bisa disimpulkan sdri.. tp semua sudah ada rejekinya masing2.. posthink nya blm dikasih rejeki (anak) udah gt aja gausah terlalu dipikirkan emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 20:30
nikah dulu lah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 20:45
Kalo ane mending punya rumah duluan gan 😁, agar kaga ngrepotin orang tua ataupun mertua nanti
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:06
Punya 22 nya aja gans
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:12
Rumah dulu lah.. sapa tau ntr susah punya anak, yg penting dah ada istri ama rumah emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:13
Lah gue punya anak, punya rumah, punya kendaraan, tp gak punya suami. emoticon-Selamat
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:28
Ini pilihan sih. Kalo ane sih pengen settle dulu sebelum nikah dan punya anak. Beli rumah dulu lah minimal baru ngidupin anak orang emoticon-Matabelo
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:45
Anak dulu gan baru lainnya nyusul istri,rumah
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 21:45
pilihan susah ini, tapi gak ada bener atau salah sih di sini... mau punya anak dulu gak masalah, kalo punya rumah dulu juga bagus emoticon-Shakehand2
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 22:00
Rumah dulu lah.. biar bisa leluasa hehehe..
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 22:46
Baiknya memang rumah dulu, atau nikah tapi tunda punya anak sampai finansial sesuai target untuk mampu beli rumah/KPR.
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
09-06-2021 23:41
Tergantung kondisi masing2 semua gak bisa disamakan, yang penting tanggung jawab dan ngerti resiko. Yang gak mau punya anak jg ada kok.
Diubah oleh dhinyzfrn
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
10-06-2021 00:23
Sudah punya rumah, jadi ya pilih punya mamanya dulu
0 0
0
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?
10-06-2021 01:34
Pny anak dl lah.. Ga pny rumah ya ngontrak dulu jgn tggal sm ortu.. Sambil jalan aja beli rumah, syukur syukur beli aset dulu buat di sewa sewain,
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia