YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Punya Rumah Dulu atau Punya Anak Dulu?





Hai, hai, AganSis! Apa kabar?

emoticon-Hai


Apa yang AganSis rencanakan setelah menikah? Tinggal di rumah mertua? Meniti karir atau langsung mengikuti program mempunyai momongan?

Bagi sebagian orang, memiliki anak adalah salah satu tujuan utama dalam pernikahan. Bagi mereka, tak sempurna rasanya jika dalam sebuah hubungan pernikahan tanpa dikaruniai buah hati. Oleh karena itu, orang-orang seperti ini tak pernah berpikir untuk menunda punya anak. Terlebih, mereka yang tinggal di lingkungan padat penduduk atau yang punya banyak teman atau kerabat. Mereka tak ingin mendapat nyinyiran atau cemoohan hanya karena belum atau sengaja menunda hadirnya keturunan.





Namun, bagaimana jika keuangan belum mencukupi? Pekerjaan masih belum tetap, tak ada tabungan untuk mengurus anak, bahkan tinggal pun masih di rumah orang tua. Pastinya, opsi untuk punya anak ini menjadi pilihan yang cukup sulit. Mereka tentu harus memikirkan masa depan anak mereka kelak. Sanggup atau tidak mencukupi kebutuhannya. Karena anak tak hanya asal buat lalu dibiarkan. Sebagai orang tua tentu memiliki kewajiban untuk merawat dan membesarkan dan yang pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Memang cara berpikir orang berbeda-beda. Ada yang lebih memprioritaskan anak, ada juga yang ingin mapan terlebih dulu, agar tak kesulitan mengurus anak di kemudian hari.





Namun, terlepas dari semua persoalan materi, jika memang sudah mencukupi, ada baiknya disegerakan untuk mempunyai anak. Sebab anak adalah investasi masa depan, bukan di dunia tapi di akhirat. Dengan catatan mendidiknya harus bener. Punya anak juga bisa menjadi jaminan masa tua tak terlantar, itu pun dengan syarat mendidik anak dengan baik.

Nah, bagaimana dengan mereka yang masih kekurangan? Tentunya mencukupkan finansial harus diutamakan, setidaknya sampai bisa mencukupi kebutuhan anak hingga pendidikannya.

Tersebab jika pasangan sudah menikah dan masih tinggal di rumah orang tua, apalagi jika sudah ada anak, pastinya sangat merepotkan. Kita tak bisa leluasa mengurus rumah dan anak-anak. Apalagi jika harus serumah dengan ipar. Ieuh! Amit-amit. Jangan sampailah.

Berbeda halnya jika orang tua tinggal sendiri dan telah sepuh, mau tak mau kita harus tinggal bersama dan merawat orang tua.





AganSis, berumah tangga adalah sebuah niat baik yang perlu disertai juga dengan perjuangan. Berumah tangga adalah sebuah perjalanan hidup, yang mana kita tak tahu akan seperti apa jalan di hadapan. Apakah mulus bebas hambatan seperti tol, ataukah berlubang dan berkelok seperti gang menuju rumahmu. Siapkan diri sebaik-baiknya demi masa depanmu!

Demikian thread semi curhatan kali ini. Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa tinggalkan cendol dan rate-nya.


Penulis : @YenieSue0101
Opini Pribadi
Ilustrasi : 1, 2, 3, 4



cheria021
cahbaligasik
wetenggede
wetenggede dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.