dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!



Hai Gansist! Selamat pagi siang dan malam. Siapa yang belum makan? Wah, kebetulan nih kalau ada yang belum makan. Pada thread kali ini aku akan memberikan menu yang cukup istimewa untuk dicoba. Menu apakah itu? Sate.

Yup, memang sate menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia. Hampir di seluruh Indonesia ada menu sate dengan citarasa yang khas dari masing-masing daerah. Sate ayam, sate kuda , sate sapi, sate kelinci dan masih banyak lagi. Sate yang akrab ditelinga kita pastinya sate Madura.

Ternyata bukan hanya Madura saja sih jenis sate yang ada di Indonesia. Kalau di Jogjakarta ada sate klathak. Sate ambal di Banyumas. Di Bali dikenal dengan sate lilitnya. Nah, di daerah Gansist ada sate apa?

Membicarakan sate, mungkin Gansist ada yang belum pernah mencicipi sate khas Lombok. Yap, ternyata Lombok memiliki sate khas yang hanya bisa ditemukan di Lombok. Sate khas dari Lombok ini dinamakan sate bulayak.



Memang destinasi wisata di Lombok kini mulai dilirik, tidak hanya Bali. Lombok pun kini menjadi primadona wisatawan baik domestik maupun internasional. Untuk itulah Lombok mulai berbenah dengan semakin banyak wisatawan. Berbenah bukan hanya objek wisata tetapi juga kulinernya, termasuk sate bulayak ini.

Baiklah mari kita mengenal yang namanya sate bulayak ini. Apakah sate bulayak khas Lombok ini? Bulayak, seperti apakah bentuknya, hewan atau apa? Tanpa berlama-lama, inilah thread aku, "Mengenal Sate Bulayak, Sate Khas dari Lombok!"

Bulayak ternyata bukan nama hewan yang dagingnya dibikin sate, seperti pada umumnya nama sate. Misalnya sate kambing karena dari daging kambing, atau sate kelinci karena menggunakan daging kelinci, dll.

Ternyata bulayak adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan cara dibungkus dengan daun enau. Bulayak artinya memutar, karena saat membuka dan membungkus dengan cara memutar-putar daun enau tersebut. Memang daun enau banyak tumbuh di Bali dan Lombok yang biasanya dijadikan hiasan untuk sesaji dan upacara keagamaan.



Sate bulayak terbuat dari daging ayam atau daging sapi juga jeroan. Cara memasaknya pun seperti sate-sate pada umumnya, yakni ditusuk lalu dibakar di bara api. Yang membedakan ternyata pada bumbu-bumbu sate bulayak.

Bumbu sate bulayak, dari kacang tanah yang ditumbuh lalu direbus dicampur dengan bumbu lain semisal, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, lada, santan kelapa, kemiri, cabai, dan air jeruk nipis dll. Rasa pedas dan gurih lebih dominan bila Gansist mencicipi sate bulayak ini.



Dulu, sewaktu aku ke Lombok menikmati sate bulayak ini di tepi pantai Senggigi Gansist, sambil menikmati pemandangan pantai yang aduhai. Di pantai banyak berjajar tenda warung sate bulayak US minum air kelapa muda.

Nah, itu tadi menu yang aku rekomendasikan untuk Gansist bila pergi ke Lombok, jangan sampai kelupaan. Mencicipi makanan khas di suatu daerah saat berkunjung adalah momentum yang tak bisa dilupakan.

Sekian dari aku, sampai ketemu pada thread aku selanjutnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tulisan opini pribadi
Referensi & ilustrasi: 1

Diubah oleh dalledalminto 09-06-2021 09:55
toinxx08
Shyesun.pucha
UriNami
UriNami dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.