• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Gadget Unik dan Populer di Era 90an, Jauh Sebelum Era Smartphone Seperti Sekarang

cintadineAvatar border
TS
cintadine
6 Gadget Unik dan Populer di Era 90an, Jauh Sebelum Era Smartphone Seperti Sekarang
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Saat ini adalah eranya smartphone yang di mana gadget canggih ini sudah menjadi kebutuhan primer manusia karena nyaris semuanya bisa dilakukan oleh smartphone. Namun dampak negatif smartphone adalah orang bisa adiktif dengan media sosial dan game serta bisa menjauhkan yang dekat. Hal ini tentu berbeda dengan kehidupan orang-orang di era 1990an hingga 2000an awal di mana pada saat itu belum ada smartphone. Jangankan Android, hp biasa pun hanya bisa dimiliki oleh para sultan.

Akan tetapi di masa itu pernah ada gadget yang populer yang berperan sebagai media hiburan dan terkenal di kalangan remaja dan juga anak-anak. Nah, gan berikut ini adalah beberapa gadget yang populee di tahun 90an jauh sebelum ada smartphone Android.

1. Sony Walkman


Walkman adalah perangkat pemutar musik portable yang menggunakan kaset dan dirilis pertama kali pada 1979 dan puncak kejayaannya terjadi pada era 80an hingga 90an. Walkman dianggap sebagai perangkat yang inovatif di mana orang-orang bisa mendengarkan musik di mana. Gadget ini populer di kalangan anak muda dan bagi sebagian pelajar membawa Walkman ke sekolah adalah sebuah hal yang keren karena bisa dipamerkan. Popularitas Walkman memudar ketika Apple menciptakan iPod dan teknologi memungkinkan untuk membuat audio player yang sangat kecil.


2. Game Boy


Gadget ikonik lainnya pada masa itu adalah Nintendo Game Boy yang di mana merupakan konsol portable buatan Nintendo yang digandrungi anak dan remaja pada masanya. Konsol ini bisa memainkan game dengan grafik setara NES walaupun warnanya masih monokrom. Di Indonesia, Game Boy populer lewat abang-abang yang menyewakannya di sekolah-sekolah SD. Terima kasih kepada para abang-abang SD zaman dulu, berkat mereka anak kelahiran 90an banyak yang bisa memainkan gadget game legendaris yang satu ini.

3. Game & Watch


Sama seperti Game Boy, gadget ini juga merupakan konsol portable buatan Nintendo dan sering disewakan di sekolah-sekolah SD. Bedanya adalah Game & Watch adalah gadget generasi yang lebih tua dari Game Boy karena satu konsol hanya terdiri dari satu judul game sederhana. Yang paling terkenal adalah Donkey Kong meskipun seri Game & Watch sendiri ada banyak.

4. Tamagotchi


Nah, kalau yang satu ini adalah gadget permainan yang sempat gempar di era awal 2000an di Indonesia. Tamagotchi adalah konsol game buatan Bandai yang pertama kali pada dirilis 1996. Gadget monokrom ini berbentuk seperti telur dan para pemiliknya dituntut untuk memelihara hewan virtual yang jenisnya bisa dipilih di awal kita menyalakan Tamagotchi. Pengguna harus memberi makan hewan peliharaan itu sampai mencegahnya jatuh sakit. Kalau sakit harus disuntik dan bahkan bisa mati kalau dibiarkan dan tidak dikasih makan. Tamagotchi dulu menjadi tren di kalangan anak-anak SD.

5. Digivice


Kalau yang satu ini sih memang kurang terkenal kalau dibandingkan dengan yang lainnya. Gadget jadul yang satu ini memang agak segmented dan hanya tenar di kalangan anak-anak yang suka anime Digimon. Secara umun Digivice mirip dengan Tamagotchi karena juga buatan Bandai. Yang membedakan Digivice adalah memelihara Digimon dan bisa ditandingkan dengan Digimon orang lain yang juga punya Digivice.

6. Gimbot


Apa bedanya Game Boy dengan Gimbot? Menurut ane Gimbot adalah sebutan orang Indonesia bagi konsol game jadul yang bukan Game Boy alias yang versi tiruan atau yang murahnya. Gimbot identik dengan game Tetris dengan grafik yang masih primitif dan kotak-kotak. Dulu Gimbot harganya jauh lebih murah sehingga banyak anak-anak yang bisa memilikinya.

Nah gan, barang kali ada yang terlewat nih. Ada lagi enggak? emoticon-Ngakak

Quote:
smilepalsu
caduceus22
viqririatra
viqririatra dan 24 lainnya memberi reputasi
25
8.9K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.