News
Batal
KATEGORI
link has been copied
83
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60be341ba553f160906b4d41/ustaz-hilmi-minta-buka-dana-haji-rp150-trilliun-donasi-kemanusiaan-aja-minta-diaudit
Ustaz Hilmi Firdaus membuat cuitan yang berisi permintaan audit pada dana haji yang mencapai Rp150 triliun. Hal itu diduga dia kaitkan dengan suara buzzer penguasa yang sering meminta audit dana kemanusian ke Palestina seperti yang ramai dalam beberapa pekan terakhir. Belum lama ini, terkait dana haji, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meneg
Lapor Hansip
07-06-2021 21:58

Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit

Ustaz Hilmi Firdaus membuat cuitan yang berisi permintaan audit pada dana haji yang mencapai Rp150 triliun.

Hal itu diduga dia kaitkan dengan suara buzzer penguasa yang sering meminta audit dana kemanusian ke Palestina seperti yang ramai dalam beberapa pekan terakhir.

Belum lama ini, terkait dana haji, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, pengelolaan dana haji dipastikan aman.

“Tidak ada namanya isu-isu seperti yang berkembang di masyarakat. Artinya apa? Dana haji saya jamin aman,” ujar Muhadjir lewat keterangan tertulis pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Dia pun menyinggung soal dana calon jemaah haji sebesar total Rp150 triliun yang telah disetorkan.

“Dana calon jemaah haji hingga hari ini mencapai Rp 150 triliun dan dikelola dengan sangat baik," sebutnya.

Betul ada masyarakat mempertanyakan keberadaan dana haji yang selama ini telah disetorkan,” jelasnya.

Baca Juga: Tak Elu-elukan 5G, Menkominfo: Jaringan 4G Tetap Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Terkait hal itu, Hilmi Firdaus meminta dana haji umat islam untuk diaudit sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas.

“Walau katanya dana haji aman, tapi boleh dong publik minta dilakukan audit dana haji oleh pihak independen?” tulis Ustaz Hilmi di akun Twitter-nya pada Minggu, 6 Juni 2021.

Dia membandingkan dana haji ini dengan donasi kemanusiaan untuk Palestina yang banyak didesak untuk melakukan audit.

“Masa dana kemanusiaan aja minta diaudit, dana haji yang jumlahnya fantastis tidak?" lanjutnya.

"Ini juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik untuk Indonesia yang lebih baik,” tulis Ustaz Hilmi.*

https://www.pikiran-rakyat.com/bandu...diaudit?page=2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhhoi dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:02
Yang audit BPK goblog. Noh pantengin websitr nya BPKH di pampang koq laporan keuangan nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botol.mijon dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:07


Emang harus ada yang tampil buat kayak gini sekaligus buktiin kalo berita yang beredar di medsos itu ada biang keroknya...

Ternyata ini salah duanya selain neno warisman...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:10
ngga nyangka saya ternyata banyak juga. 150 T. Nyolek hasil oengembangan sedikit aja sekian persen kayaknya ngga ketahuan. Tapi kayaknya pengelola dana haji ini orangnya amanah, Insya Allah ngga tergoda buat nyolek2 walaupun godaannya besar.

Btw, rame juga ya masalah audit dan laporan keuangan akhir2 ini.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:12
Lagi sda korupsi dana haji kayanya nga ada ustad yg kesurupan ya emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:17
ente naruh dana gak tad?
kalo gak naruh dana , gak usah ngebacot kata kadrun
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:22
Pemerintah itu kok tak mau lepaskan dana haji ke pihak independen..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan yxgk memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:29
Nanti BPK nangis pak kerjaannya diambil orang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:52
150T kalo komisi 12,5% nya dipake buat infrastuktur gak apa2 kan ya? emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 22:57
Ributin duit di internal, amit²
0 0
0
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 23:03
Ane dukung supaya dibuka, agar masyarakat Indonesia pada tahu kalau haji itu disubsidi sampe 30an juta per orang.

https://www.republika.id/posts/13114...-terlalu-besar
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
============================
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
Diubah oleh vanrla
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 23:25
Ongkos naik haji itu masih disubsidi pemerintah, lah kalo donasi itu kagak disubsidi tapi bisa kena biaya administrasi 12,5-15%..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
timunsegar dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 23:43
Quote:Original Posted By vanrla
Ane dukung supaya dibuka, agar masyarakat Indonesia pada tahu kalau haji itu disubsidi sampe 30an juta per orang.

[/img]


Quote:Original Posted By legor
Ongkos naik haji itu masih disubsidi pemerintah, lah kalo donasi itu kagak disubsidi tapi bisa kena biaya administrasi 12,5-15%..


Ketua Harian Forum Satu Baluki Ahmad mengatakan

Pemerintah sebenarnya tidak pernah memberikan subsidi kepada jamaah haji. Selama ini subsidi yang digunakan pemerintah merupakan uang jamaah lain yang belum diberangkatkan.

Baluki mengatakan, sistem pendaftaran haji selama ini bermasalah, namun pemerintah tak memperbaikinya. Di mana sistem haji reguler sekarang konsepnya sistem ponzi, jadi jamaah setor uang muka baru berangkat 25 atau 30 tahun lagi dan sistem ini pernah digunakan First Travel. Sistem ini sesuatu hal aturan yang sesungguhnya tidak menjadikan keadilan, tetapi itu terus berjalan.


Baluki mengatakan, tidak ada masalah jika pemerintah ingin mengembalikan sistem pendaftaran seperti semula, di mana jamaah membayar haji sesuai dengan harga yang sesungguhnya. Akan tetapi uang jamaah yang sudah terkumpul harus dibagikan kepada jamaah yang belum berangkat. Baluki memastikan, bahwa selama ini pemerintah tidak pernah memberikan subsidi kepada jamaah haji.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
07-06-2021 23:45
Audit aja
Biar rakyat tau gimana isi dalamnya kementrian yg satu itu emoticon-Leh Uga

Ane pengen liat siapa yg duluan menguik dan siapa yg nguikannya paling kenceng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 00:09
Quote:Original Posted By seher.kena
Ketua Harian Forum Satu Baluki Ahmad mengatakan

Pemerintah sebenarnya tidak pernah memberikan subsidi kepada jamaah haji. Selama ini subsidi yang digunakan pemerintah merupakan uang jamaah lain yang belum diberangkatkan.

Baluki mengatakan, sistem pendaftaran haji selama ini bermasalah, namun pemerintah tak memperbaikinya. Di mana sistem haji reguler sekarang konsepnya sistem ponzi, jadi jamaah setor uang muka baru berangkat 25 atau 30 tahun lagi dan sistem ini pernah digunakan First Travel. Sistem ini sesuatu hal aturan yang sesungguhnya tidak menjadikan keadilan, tetapi itu terus berjalan.


Baluki mengatakan, tidak ada masalah jika pemerintah ingin mengembalikan sistem pendaftaran seperti semula, di mana jamaah membayar haji sesuai dengan harga yang sesungguhnya. Akan tetapi uang jamaah yang sudah terkumpul harus dibagikan kepada jamaah yang belum berangkat. Baluki memastikan, bahwa selama ini pemerintah tidak pernah memberikan subsidi kepada jamaah haji.






Ponzi??
deposito syariah dan investasi gak lu itung , blog??
emoticon-Leh Uga


Kepala Biro Humas Kementerian Agama Mastuki mengatakan, pihaknya telah menginvestasikan dana haji sebelum beleid itu muncul atau sejak UU 13/2008 tentang penyelenggaraan haji disahkan. Ia menjelaskan saat itu kementeriannya memasukkan DAU ke tiga instrumen investasi, yakni surat utang negara, deposito syariah, dan surat berharga syariah negara (SBSN) alias sukuk atau obligasi syariah.

Mastuki menuturkan, saat ini dana haji berujumlah kurang lebih Rp99 triliun. "Dana sebesar Rp36,7 triliun ditempatkan ke sukuk, sisanya sebesar Rp62,3 triliun kami tempatkan di perbankan syariah," ujarnya kepada BBC Indonesia, Senin (31/07)

Selama tujuh tahun terakhir, kata Mastuki, Kementerian Agama telah menggunakan hasil investasi dana haji sebagai subsidi menutup selisih total biaya penyelenggaraan haji dan setoran yang dibayarkan calon jemaah kepada pemerintah.

Mastuki mengatakan berkata, calon jemaah tidak membayar seluruh biaya haji. Yang ditanggung calon jemaah, kata dia, hanya tiket pesawat pulang-pergi, sebagian ongkos pemondokan dan biaya hidup selama di tanah suci.

"Biaya haji itu sebenarnya bukan Rp34 juta, tapi lebih dari itu, sekitar Rp60-65 juta untuk 2017. Untuk menutup biaya pemondokan di Madinah dan transportasi lokal, kami mengambil nilai manfaat yang kami dapatkan dari sukuk. Jadi hasilnya akan dikembalikan ke jemaah," kata Mastuki.
Diubah oleh suryahendro
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 00:10
yg audit tim independent agar g ada konflik kepentingan dan jelas emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 00:25
mending bayarnya beberapa hari sebelum berangkat saja. sebelumnya cukup mengambil nomor antrian.

Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 00:35
Dana haji yg handle pemerintah..
Kalau gak percaya sama pemerintah..
Ngapain masih betah...
Lagian Belum pernah terjadi Pemerintah batalin naik haji gara gara dana nya gak ada..

Kecuali yg pegang perorangan..
Bisa ludes.. Raib dimakan jin atau buat kimpoi berkali kali..
emoticon-Ngakakngakakw
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 01:29
Setan jg pasti ngiler duit 100 T

Mending bikin patung raksasa atau jalan tol
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 02:18
Bisanya hanya ngomong malas baca ya begini, yg dibicarakan hanya khayalan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Hilmi Minta Buka Dana Haji Rp150 Trilliun: Donasi Kemanusiaan aja Minta Diaudit
08-06-2021 02:48









INI APAAN BONG??

JILATIN BONG YG BERSIH..

NGAKU NKRI HARGA MATI TAPI YG BENAR SALAH AJA GAK PAHAM..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia