News
Batal
KATEGORI
link has been copied
243
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bc8145ebdddf304f13d26c/booming-sepeda-lipat-reda-terjadi-over-supply-harga-hancur
Pelaku industri sepeda di dalam negeri menangkap tren penurunan permintaan pasar sepeda di dalam negeri memasuki paruh 2021. Efeknya tak hanya pada penurunan harga tapi pada industri yang sudah telanjur tambah kapasitas dan menambah pekerja.
Lapor Hansip
06-06-2021 15:03

Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!

Past Hot Thread
 Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku industri sepeda di dalam negeri menangkap tren penurunan permintaan pasar sepeda di dalam negeri memasuki paruh 2021. Efeknya tak hanya pada penurunan harga tapi pada industri yang sudah telanjur tambah kapasitas dan menambah pekerja.

Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) mencatat ada penurunan harga sepeda lipat sekitar 20-30% karena tren turunnya permintaan domestik dan over supply. Kondisi ini, pengusaha harus berputar otak agar hasil produksinya tetap bisa terjual. Salah satu opsinya adalah mengekspor ke beberapa negara tetangga.


"Ekspor bisa, justru industri dalam negeri punya opportunity untuk mengembangkan. Sekarang China banyak orderan dari negara luar. Pasar Asean seperti Malaysia, Singapura, Thailand butuh sepeda, mereka banyak cari ke Indonesia. Singapura lumayan produsen lokal sudah supply ke sana," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo kepada CNBC Indonesia, Jumat (4/6/21).

Produksi sepeda dari dalam negeri saat ini sedang berlebih. Hal ini ditenggarai adanya booming gowes mulai reda. Padahal sudah banyak pabrikan yang memilih untuk menambah kapasitas produksi dan karyawan. Sehingga ekspor ke negara luar menjadi solusi.

"Lumayan satu produsen bisa kirim 1.000 unit sebulan. Bertahap terus konsisten lumayan itu karena kompetisi dengan produk China juga, cuma ketersediaan stok China siap apa nggak. Sedangkan Indonesia kan lagi over supply," jelas Eko.

Pasar sepeda dalam negeri sempat mengalami kelangkaan ketika pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68 Tahun 2020 tentang ketentuan Impor Alas Kaki, Elektronik, dan Sepeda Roda Dua dan Roda Tiga, tujuannya demi menekan impor barang tersebut yang masuk ke Indonesia.

Kala itu, pasokan sepeda impor sempat tersendat pada medio Agustus hingga Oktober 2020. Alhasil, sebagian masyarakat kesulitan untuk mendapat sepeda. Jika dihitung, sekitar 600 ribu sepeda per bulan tidak jadi masuk selama dua hingga tiga bulan saat ada kebijakan itu.

Kondisi berbalik terjadi beberapa bulan terakhir di 2021, ketika sepeda impor mulai masuk karena telah memenuhi syarat, dan di sisi lain ada dugaan tren gowes justru menurun.

"Awal tahun masuk semua barang, izin kuota sudah terbuka, beberapa orderan lama mulai masuk semua sekarang, over supply sehingga terjadi harga tumpang tindih di pasar. Jadi menurunkan harga, semua menyesuaikan harga dengan pasar," kata Eko.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...y-harga-hancur

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:31
harga seli yang ber merk ikut terjun bebas gk?
lumayan kalau harganya turun hehe
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:34
Cihuiiii nih, yg benar2 pesepeda bisa cari sepeda second berkualitas harga miring ahaiiiii.... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:34
ya gmana ya kn udah ngak musim lagi, otomatis pembeli jg menurun dong emoticon-Leh Uga
namanya saja goweser musiman emoticon-Wakaka
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:39
Wkwkwk jadi inget taun lalu banyak banget bermunculan sepeda-sepeda lipat merk lokal dengan kualitas yang bisa dibilang sangat aduhai, kena hujan dikit karatan, kawat shifter dua minggu udah putus, dan as cranksetnya sebulan udah goyang emoticon-Leh Uga yang model gituan gimana caranya bisa bersaing sama barang impor.

Padahal udah dikasi lahan sama pemerintah, blokir impor, harusnya disitu mereka bisa mengambil tempat sepeda-sepeda impor untuk selamanya, bukan buat saat itu doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
jiresh memberi reputasi
1 0
1
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:41
 Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!

Sesungguhnya merakit sendiri lebih baik daripada membeli jadi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 14:43
supply vs demand vs forecast
tinggal pinter2 ngitung aja si market intelligencenya emoticon-Big Grin




0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 15:26
udah murah belum?

ane pengen beli juga emoticon-Big Grin
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 15:45
trend
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 16:49
lumayan jadi bisa beli sepeda murah..
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 18:16
Tren sepeda udah mulai menurun, jadi wajar jika peminat sepeda ikutan menurun juga. Jika ingin beli sepeda bekas lebih baik nunggu agak lamaan dikit, mendekati pendaftaran sekolah nanti saja, karena biasanya banyak yang butuh uang, sehingga menjual barang berharganya dengan harga miring.
profile-picture
boyzok memberi reputasi
1 0
1
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 18:25
Naek ato turun yang penting harganya pernah ngelambung tinggi gan 😁
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 18:51
Ini berarti masanya sudah lewat jadi harga kembali normal
Kaya batu akik dan ikan louhan saja ada musimnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 20:15
jadi harhanya sekarang lebih murah karena supplynya lebih bnyak dari permintaan kan yak. saat yang tepat beli sepeda dengan harga masuk akal
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
07-06-2021 20:38
Yaaa namanya juga tren yaak.
Cepet naik cepet turun juga
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 06:03
Emang sekarang harganya hancur ya?
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 07:33
Itu hanya sesaat saja....nanti kalau semua setuju menjadi alat transportasi resmi kendaraan di jakarta, sepeda akan sangat laris sebagai alat transportasi dari bekasi, bogor, depok, tangerang menuju ke jakarta. Mungkin juga yg lebih jauh dari serang, cilegon, karawang, cikampek menuju ibukota indonesia.
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 07:36
makanya kalo musiman, naekin produksinya gausah berlebihan atau pake sistem pekerja kontrak emoticon-Big Grin
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 08:36
Wahdoh sampe over supply, siap siap harga sepeda lipat turun nih. Lumayan loh 20-30 persen
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 09:29
Songong sih. Dulu pas lg tinggi2nya sok jual mahal, nahan stok, padahal yg antri banyak banget, terutama elem**t. Kehilangan momentum kan lu
0 0
0
Booming Sepeda Lipat Reda, Terjadi Over Supply, Harga Hancur!
08-06-2021 13:27
banting harga nih asik emoticon-Ultah
profile-picture
nirankara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia