• Beranda
  • ...
  • Bogor
  • Mengenal Kebudayaan Sunda Dan Peninggalan Kerajaan Pajajaran

andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Mengenal Kebudayaan Sunda Dan Peninggalan Kerajaan Pajajaran

kampung urug

Hai Gan, Hai Sist.
Bertemu kembali dengan ane dalam thread sederhana ini. Semoga selalu dalam keadaan yang tidak kekurangan apapun. Aamiin-kan Gansist!

Siapa yang tidak mengenal Kota Bogor, kota yang selalu disalahkan atas banjirnya Ibukota Jakarta. Tetapi, tahukah Agan dan Sista seranah kaskus raya, bahwa Kota Bogor menyimpan beberapa situs dan kebudayaan yang masih kental dengan adat sunda?

Jika belum tahu, mari kita jalan-jalan lewat thread ane, di sini.

Kampung Urug

sumber

Jika Agan dan Sista mengetahui siapa Sri Baduga Maharaja, pastinya Agan dan Sista tahu juga tentang Pajajaran. Kerajaan terbesar yang pernah ada di tatar pasundan di pimpin oleh raja yang arif serta bijaksana. Di tangan raja inilah Pajajaran mencapai puncak kejayaan pada masanya di Nusantara kita.

Konon katanya, warga yang berada di Desa Kiara Pandak, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, merupakan keturunan Prabu Siliwangi. Yang mana berdasarkan pengakuan dari masyarakatnya.

Juga beberapa ahli yang meyakini, dengan penelitiannya atas kontruksi rumah-rumah dan bangunan yang mana ada kesamaan dengan sisa peninggalan Pajajaran yang berada di daerah Cirebon.

Selain TS mengajak Agan serta Sista mengenal Pajajaran, TS ingin mengajak juga untuk mengenal keragaman budaya serta adat istiadat di Kota Bogor.

Salah satunya ialah upacara keagamaan yang biasa dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Upacara yang disebut Seren Taunadalah upacara wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang diberikan kepada kita.

Kampung Budaya Sindang Barang

sumber

Sama halnya dengan Kampung Urug, Kampung Sindang Barang adalah salah satu pelopor Kebudayaan Sunda. Banyak bangunan tradisional Khas Sunda dan beberapa kesenian yang mungkin Agan dan Sista belum mengenalnya secara langsung.

Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang ini berada di Jalan E Sumawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Ada delapan kegiatan kesenian di sini, beberapa di antaranya: Kesenian Angklung Gubrak, Pencak Silat, dll.


sumber

Selain itu, beberapa peninggalan kerajaan Pajajaran pun bisa Agan dan Sista nikmati, salah satunya ialah Bukit Berundak yang bisa Agan dan Sista akses dengan menjelajah sawah dan sungai.

Nikmati kebersamaan berwisata Agan dan Sista bersama keluarga bareng Smartfren Unlimited MAXI tanpa khawatir buffering ketika life streaming dan mengabadikan moment Agan dan Sista di sosial media.



Sinyal yang kuat serta kuota yang unlimited menambah berwisata semakin asyik dan epic.

Thanks For Visiting
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis Oleh:

Sumber Referensi: di sini
Diubah oleh andrerain5 07-06-2021 02:02
eyefirst2
Cahayahalimah
indrag057
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bogor
BogorKASKUS Official
999Thread971Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.