News
Batal
KATEGORI
link has been copied
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60bc2731b9eafd16a9695d40/bukan-film-geng-narkoba-ini-buru-polisi-elit-satu-per-satu
Ane yakin betul sebagian besar agan semua tahu kalau denger kata "Geng Narkoba" atau "Kartel narkoba," itu seringnya merujuk negara Meksiko. Negara ini memang sudah masyhur dengan kelompok Geng Narkoba dan peperangan di antara mereka.
Lapor Hansip
06-06-2021 08:38

Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu


Ane yakin betul sebagian besar agan semua tahu kalau denger kata "Geng Narkoba" atau "Kartel narkoba," itu seringnya merujuk negara Meksiko. Negara ini memang sudah masyhur dengan kelompok Geng Narkoba dan peperangan di antara mereka.

Tapi konflik itu sebenarnya tidak hanya berlangsung antara geng narkoba saja, melainkan juga berlangsung antara geng narkoba melawan pemerintah.

Ada satu kelompok namanya Cartel de Jalisco Nueva Generacion (CJNG). CJNG ini geng narkoba yang karir kriminalnya melejit sukses dan melakukan banyak pertempuran dengan kelompok geng narkoba lainnya, juga termasuk melawan pemerintah.

Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu




CJNG berasal dari Jalisco, negara bagian Meksiko yang berlokasi di bagian tengah, di pesisir barat negara tersebut. Ibukota Jalisco adalah Guadalajara. Kelompok ini diperkirakan memiliki anggota dari 6.000 sampai 20.000 personel. Mereka dididik berkelahi menggunakan machete dan senjata api.

Dalam beberapa tahun terakhir, CJNG ini melebarkan sayap ke daerah lain dan bertemu dengan penguasa geng narkoba daerah tersebut. Akhirnya, pertemuan itu menyebabkan benturan dan konflik brutal yang kejam tiada tara.

Beberapa daerah yang perlu diperhatikan menjadi arena kurusetra antara geng narkoba ini adalah Guanajuato, Jalisco, Michoacan, dan San Luis Potosi. Departemen Luar Negeri Amrik bahkan memberikan travel warning untuk tidak nongki-nongki di wilayah ini karena bahaya.

Mending nongki di Bali atau di pulau Komodo sajalah ya....

"Pelukan, bukan peluru"

Presiden Meksiko saat ini, Andres Manuel Lopez Obrador (AMLO) menjabat mulai tahun 2018. Kebijakan yang ia teriakkan ketika ditanya mengenai bagaimana cara menghadapi geng narkoba adalah dengan strategi persuasif.

AMLO itu lebih sering dikutip slogan kebijakannya dalam menangani geng narkoba dengan kalimat "Pelukan, bukan peluru". Itu artinya, AMLO berusaha ingin merangkul para geng narkoba untuk berusaha mendamaikannya supaya meredam gejolak brutal.

Meski begitu, slogan itu sepertinya ya, cuma sekedar slogan belaka. Fakta di lapangan lain cerita, sebab kebrutalan dan kekejaman tetap terjadi dan peperangan antara geng narkoba dengan geng narkoba lain terus terjadi. Kini geng narkoba justru menantang pemerintah dan memburu para pasukan elit kepolisian.

Prahara di Guanajuato

Menghadapi para anggota geng narkoba, tentu polisi di lapangan tidak bisa patuh sepatuh-patuhnya terhadap slogan presiden. Meski ya, secara garis komando, presiden biasanya adalah panglima tertinggi militer dan polisi.

Tapi di Meksiko, masalahnya pelik dan ane bukanlah seorang pengamat politik yang cerdas untuk bisa melihat dan menganalisanya. Ane cuma amatiran, yang nulis thread ini sambil agak merasa gemeteran.

Keragaman masyarakat Meksiko, banyaknya geng narkoba nasional dan lokal yang seringkali lebih radikal, juga kelindan politis antara geng narkoba dengan politik lokal, adalah berbagai soal yang tidak dapat dijawab dengan pilihan ganda, seperti dalam soal-soal ujian Nasional.

Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
Negara bagian di Meksiko yang jadi lahan pertempuran sengit CJNG. Guanajuato paling hottttt (sumber gambar)



Geng narkoba ikut campur dalam pemilihan kepala daerah lokal, untuk bisa memastikan bahwa pemimpin yang terpilih adalah orang yang tidak akan menggangu operasi mereka. Itu juga yang dilakukan oleh CJNG.

CJNG melancarkan ancaman mematikan untuk kandidat walikota dan pemimpin daerah lainnya, ketika musim pemilu akan berlangsung di Meksiko, yang bakal digelar pertengahan tahun 2021 ini.

Total sudah ada 34 kandidat pemimpin walikota atau pemimpin lainnya yang terbunuh. Terbaru, kandidat walikota Moroleon, Guanajuato, bernama Alma Barragan dibunuh pada 26 Mei 2021 saat kampanye siang bolong. Pembunuh dicurigai anggota CJNG. Video penembakan siang bolong itu beredar di Twitter dan Facebook.

Karena meningkatnya ancaman CJNG ini, polisi melakukan peningkatan pengawasan secara ketat dan melakukan penangkapan terhadap beberapa anggota geng narkoba CJNG. Itu terjadi di Guanajuato, sebuah negara bagian di tengah Meksiko yang berbatasan dengan Jalisco, pusat CJNG.

Pada bulan Mei lalu, secara terbuka dan profesional, CJNG cetak spanduk besar dan di pasang di salah satu bangunan di Guanajuato. Spanduk itu ditujukan untuk pasukan polisi Guanajuato.



Quote:Tulisan di spanduk tersebut "Jika kalian ingin perang, kalian akan mendapatkan perang. Kami telah menunjukkan bahwa kami tahu di mana kalian berada. Kami datang untuk kalian semua. Untuk setiap anggota kami (CJNG) yang kalian tangkap, kami akan membunuh dua pasukan elit kalian, di mana pun mereka berada, di rumah mereka, di kendaraan patroli mereka."


Di negara bagian ini, CJNG bertempur dengan geng lokal yang didukung kuat Kartel Sinaloa, geng narkoba yang lebih besar dan lebih kuat, tapi menganggp CJNG adalah kelompok baru yang sulit untuk dikalahkan apalagi dibinasakan.

Berburu pasukan elit kepolisian

Guanajuato saat ini menjadi wilayah paling kejam di negara bagian di Meksiko. Sejak tahun 2018, korban anggota polisi di Guanajuato tertinggi dibandingkan dengan semua negara bagian Meksiko.

Antara 2018 hingga 12 Mei 2021, total 262 polisi telah terbunuh, atau rata-rata sekitar 75 petugas setiap tahun.

Tapi secara khusus, para pejabat Guanajuato tidak mau berkomentar berapa korban polisi yang sudah jatuh. Mereka menyembunyikan informasi tersebut.

CJNG beroperasi secara sadis, memburu satu per satu pasukan kepolisian elit Guanajuato, menyandera dan menyiksa mereka lalu memaksa untuk memberikan alamat pasukan elit kepolisian lainnya. Setelah niatnya terpenuhi, personel polisi itu dibunuh dan jenazahnya dibuang di jalanan.

David Saucedo, seorang pakar analasis keamanan di Guanajuato mengatakan ada banyak kasus.


Quote:"Banyak dari mereka (peolisi) memutuskan untuk mundur. Mereka membawa keluarga mereka, meninggalkan rumah mereka dan mereka melarikan diri untuk bersembunyi.

Ini adalah perang terbuka melawan pasukan keamanan pemerintah negara bagian,” kata Saucedo.



Beberapa serangan brutal dilakukan oleh CJNG sejak awal tahun ini. Pada bulan Januari, anggota CJNG pergi ke rumah seorang polisi wanita, membunuh suaminya, menyeretnya polisi itu pergi, menyiksanya dan membuang tubuhnya yang tertembak peluru.

Pada 27 Mei 2021, seorang perwira kepolisian diculik dari rumahnya. Tubuhnya dibuang di jalanan dalam kondisi yang sudah meninggoy.

Poplab, sebuah agensi berita di Guanajuato, mengatakan setidaknya tujuh petugas polisi tewas pada hari libur mereka sepanjang tahun ini. Niatnya mau berlibur, tapi justru dihabisi oleh CJNG.

Dalam analisa Max-Security, mereka yang tinggal atau berbisnis di wilayah Meksiko tengah-barat pada tahun 2021 ini disarankan ekstra hati-hati, karena kemungkinan akan ada peningkatan aksi kekerasan siginifikan.

Ini didasarkan pada analisa panasnya persaingan antara geng narkoba, dan ambisi CJNG yang sedang meluap haus darah untuk memburu pasukan elit kepolisian Guanajuato.

Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
Logo Kartel Narkoba CJNG



Sumber rujukan:
1. In Mexico, cartels are hunting down police at their homes
2. Cartel Threats to Business and Travel: El Bajio’s industrial development attracts the CJNG – Mexico Analysis
3. Mexico mayoral candidate killed after sharing campaign
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 19:38
kalau di film sicario 1 dan 2, pasukan black ops dari USA sampai harus turun tangan lawan kartel narkoba beginian, biasanya kartel narkoba gini main mata dengan politikus lokal, bedanya kalau di tempat lain mereka takut polisi dan aparat, tapi di mexico malah polisinya pada dibunuhi anggota kartel, karena kemungkinan besar anggota kartel itu juga jebolan aparat, kemungkinan besar mantan polisi elit atau pasukan khusus, jadi kasus extraordinary seperti ini juga perlu solusi yang extraordinary, kalau saran ane policy-nya mending narkoba sejenis ganja dilegalkan dan dipajaki di mexico, sekalian peredaran tembakau dan vape dilegalkan disana, sebagai gantinya minta bantuan negara lain yang lebih kuat untuk backing pemerintah dan aparat mexico untuk berburu para pimpinan kartel, jadi diharapkan kalau pimpinannya sudah mati / tertangkap, anak buahnya bakal kocar-kacir kesana kemari dan gak membahayakan orang-orang termasuk pejabat dan aparat yang bertugas, seiring waktu perang antar geng di mexico bakal mereda dan cuma beberapa kartel kuat yang bisa bertahan ( itu juga dengan menjilat banyak pejabat pemerintah ), tapi yang pasti gak ada cerita sampai polisi dibantai pasukan kartel di dalam rumah tinggal pribadinya seperti ini
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 19:44
Kenapa tak turunkan tentara saja ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krupuksehat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 19:51
Kekejaman geng narkoba di mexico bisa anda cari di sub forum DP...

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krupuksehat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 20:26
Karena korup sampe ke akar2. Cartel bisa begono soalnya ada koneksi politik.
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan krupuksehat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 20:33
Jadi inget film narcos mexico,,,
profile-picture
profile-picture
krupuksehat dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
06-06-2021 23:27
Sekelas polisi elit aja udah di tantang kek begitu gan 😁, udah masuk anggota teroris kelas atas nih
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 00:38
Satu2nya cara agar kartel narkoba lenyap adalah pemerintah Amerika melegalkan penggunaan kokain agar harganya jatuh sehingga tidak menguntungkan lagi. Karena pasar kartel narkoba ini adalah Amerika, katanya aset daripada bos kartel narkoba ini melebihi orang terkaya di dunia saat ini. Hampir mustahil pemerintah Amerika memutuskan mata rantai penyelundupan narkoba ini karena sudah sejak presiden George Bush senior berjanji dalam kampanye nya bahwa dia akan memutuskan mata rantai penyelundupan tapi hingga saat ini gak ada hasil sama sekali.
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:04
gw kenal org mexico dari game online..dia cerita kalau geng narkoba di sana sdh plg berkuasa lah diatas segalanya,pemilik bisnis besar kecil didatangani dipalakin bayar biaya bulanan.pernah dia liat sendiri satu truk bawa mayat korban perang grng
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan krupuksehat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:06
Belum aja tuh kartel berurusan sama heisenberg emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan qsanta69 memberi reputasi
2 0
2
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:17
polisi yang gak mau disuap pasti mati
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan krupuksehat memberi reputasi
2 0
2
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:25
Pantesan... komoditas video DP kebanyakan dari mereka.... ternyata Nganu tohemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan krupuksehat memberi reputasi
2 0
2
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:35
Apakah di Indonesia ada juga kartel narkoba semacam ini?
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:42
Ke chapo chapoan bgt
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:44
Wuedann..emoticon-Leh Uga
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:48
negara gagalemoticon-Cape d...
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:51
Gila negara sampe kalah lawan kartel narkoba
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan krupuksehat memberi reputasi
2 0
2
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 07:57
Weleh serem emoticon-Takut (S)
0 0
0
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 08:05
Ngeri banget gan!
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 08:06
Kartel amerika latin donasi nya besar ke rakyat jelata dan tempat ibadah,dan pemerintah biasanya malah abai ke rakyat nya sendiri,dan cenderung korupsi,makanya rakyat lebih menyukai kartel narkoba macam escobar,susah menaklukan kartel di sana
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan riezazura memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bukan Film, Geng Narkoba ini Buru Polisi Elit Satu per Satu
07-06-2021 08:19
ya gimana gak makin kuat cjng lah kartelnya di piara sm pemerintah.. gue yakin kong kalikong sm kedua belah pihak pasti ada... klo emang bener lurus pasti udah dibantai cjng.. intinya cjng selalu ngasih upeti supaya bisnis nya jalan.. tanpa pemerintah mereka hanya sekelompok harimau ompong. yg gue kasian itu sebenarnya para polisi disana yg dijadikan tumbal drama mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia