• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Sih Perbedaan Virtual Concert 360 dengan Konser Virtual Biasa?

gege2511Avatar border
TS
gege2511
Apa Sih Perbedaan Virtual Concert 360 dengan Konser Virtual Biasa?
Meski kata ‘virtual’ sudah ada dari zaman dulu, namun rasanya semenjak pandemi kata satu ini begitu familiar bagi setiap orang. Bahkan emak ane yang sudah berusia 50 an saja sempat meminta untuk berlebaran dengan anak sulungnya lewat jalan virtual emoticon-Big Grin. Tak dimungkiri, bahwa semenjak Pandemi Covid-19 ada banyak orang yang berkegiatan dari rumah, tak lain untuk menekan makin banyaknya sebaran virus corona. 
Ada banyak aktivitas dilakukan jarak jauh, itu pun dilakukan secara online terbantukan internet sehingga tak perlu harus bertatap muka secara langsung. Mulai dari kerjaan, meeting, conference, launching suatu produk, event talkshow, hingga berbagai event hiburan digelar secara virtual. Salah satunya adalah dari dunia panggung hiburan, berbagai konser musik pun terpaksa lewat jalur virtual sebagai penawar rindu akan fans kepada band / penyanyi idola. 
Di tengah maraknya virtual event, dunia audio video pun juga banyak yang gelar konser dengan mengusung konsep sudut pandang 360. Lalu, apa sih perbedaan antara virtual concert pada umumnya dengan konser virtual berkonsep 360?. Tentu agan sista semua juga sudah mengerti, bahwa view 360 tentu layaknya dengan pandangan mata kita dapat melihat secara menyeluruh. 

Virtual Concert 

Sumber Gambar Youtube

Konsep ini rasanya udah sering kita lihat, tak hanya pada konser musik bahkan pada acara talkshow di era pandemi pun lebih banyak diusung melalui online. Konsep virtual concert pada umumnya ini memang dari segi angle mengandalkan ketersediaan jumlah kamera, dan tentu juga bantuan dari kameramen seperti saat zoom in dan zoom out. 
Konsep ini memang sedikit lebih mudah untuk set up, namun menurut ane memiliki kekurangan dari lebar view. Sebagai penonton, tentu kita akan ngerasain keterbatasan tak bisa melihat sekitar dari band / penyanyi yang tampil. 


Virtual Concert 360
Apabila membandingkan virtual concert umumnya dengan konsep 360, tentu sebagai penonton akan lebih termanjakan oleh pengalaman suguhan konser musik dengan view serasa konser off air. Jelas, yang membedakan memang dari segi view. Dimana konser musik mengusung konsep 360 membuat penonton bisa melihat serasa dengan mata kepala sendiri ketika berada di konser off air.
 

sama-sama dilakukan secara online, namun konsep 360 biasanya menyediakan menu navigasi yang dapat dimanfaatkan oleh para penonton untuk bisa melihat ambience dan sekitar panggung. 


Sumber Gambar Youtube


Belum lagi, konser virtual dengan konsep 360 kerap hadir juga dengan dukungan panggung dan tata lampu yang megah. Tak heran sih gan, tentu ini semua demi bisa memanjakan semua penonton agar lebih hepi saat nongkrongin konser. 

Kalau sejauh ini sih itu perbedaan konser virtual 360 ketimbang virtual concert pada umumnya. Agan sista dimari ada yang pernah nonton konser musik 360? boleh dong bagikan pengalamannya dengan acara reply di kolom komentar. 
Ane Tunggu Komentarnya Gan...




minhakim20
Richy211
edelweis111
edelweis111 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.