News
Batal
KATEGORI
link has been copied
200
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60b84d52013e76690f2e22e7/pendapatan-seadanya-tapi-gaya-hidup-semaunya-masa-tua-auto-sengsara
Siapa sih yang ga pengen masa tua hidup tenang dan bahagia, mayoritas Kaskuser juga mungkin menjadikan hal ini sebagai salah satu tujuan hidup, bukan?. Di hari mendatang bisa sehat terus, hidup hepi, sepakat tak bersahabat dengan kondisi hidup “melarat”. Demi sampai di titik itu memang tak mudah sih gan, tak sekadar perlu kerja keras saja tapi juga butuh perencanaan, keberanian, dan konsistens
Lapor Hansip
03-06-2021 10:32

Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?

Past Hot Thread
Siapa sih yang ga pengen masa tua hidup tenang dan bahagia, mayoritas Kaskuser juga mungkin menjadikan hal ini sebagai salah satu tujuan hidup, bukan?. Di hari mendatang bisa sehat terus, hidup hepi, sepakat tak bersahabat dengan kondisi hidup “melarat”. Demi sampai di titik itu memang tak mudah sih gan, tak sekadar perlu kerja keras saja tapi juga butuh perencanaan, keberanian, dan konsistensi. (TS banget nih.. ekstra kerja keras biar cuan mengalir deras 😁)

Yes! Sama halnya dengan goal lainnya, untuk bisa meraih apa yang diimpikan juga perlu perencanaan matang. Dan kalau perlu siapkan rencana cadangan berupa plan A, plan B, dan seterusnya. Terus, kita sendiri juga harus punya keberanian, berani dengan segala resiko dan konsekuensi dari rencana yang dieksekusi. Tak lupa, konsistensi itu penting lho!. Segala hal baik yang dilakukan secara continues itu bakal menjadikan itu habit yang baik. 

Balik lagi ke obrolan tentang masa mendatang alias masa tua, mungkin bagi beberapa orang ngomongin hal ini dirasa terlalu dini. Padahal, tak ada salahnya untuk mikirin sedari sekarang mumpung masih muda, otak dan raga ini lebih senada diajak kompromi untuk rodi hehehehhe… emoticon-Malu (S).
Tanpa bermaksud menyinggung salah satu pihak tertentu, ternyata ada banyak dari kita yang memang kurang mikirin masa mendatang, bahkan terkesan cuek. Hal ini terbukti dari beberapa hal yang menjadi indikator, dimana perilaku kita-kita ini terbilang boros. Sederet hal diantaranya ada di bawah nih gan!. Nah, apakah kalian termasuk yang sering melakukan ini?

Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?


Khilaf Tergoda Promo; Ucapan dan tulisan iklan memang patut diacungi jempol gan, nyatanya telah mampu membius sekelompok orang lewat banjir promosi. Tak cukup membeli satu, bahkan beberapa orang pun rela merogoh kocek lebih untuk membeli (banyak) dengan mengumpat dibalik kalimat sakti “Mumpung Lagi Promo”. Sadar atau ga sadar, tindakan kita satu ini menjadi salah satu bukti bahwa kita sedang / sudah berjalan di atas rel pemborosan. Padahal, budget pembelian lebih itu masih dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain, atau disimpan dan dibelanjakan untuk hal yang lebih berfaedah. emoticon-Hammer2

Ganti Gadget Sekadar Nafsu, Bukan Tuntutan; Seru sih emang gan, kalau pakai gawai terbaru karena bisa icip-icip fitur dan teknologi anyar yang melekat. Tapi kembalikan ke diri kalian, yakin itu sebuah kebutuhan?. Padahal gadget lama aja mungkin masih dalam kondisi prima, bisa berfungsi dengan baik dan penuhi tuntutan sekarang ini emoticon-Matabelo. Kalau belum jadi keharusan, menurut ane sih mending urungkan saja gan karena dana yang kalian punya bisa disimpan untuk jaga-jaga di masa mendatang. 
Masih ada banyak lagi pola hidup konsumtif yang ujungnya cuman bisa menggiring kita ke jurang pemborosan dan bikin dompet beserta atm boncos!. Beda cerita apabila kalian itu memang tajir melintir, sultan mah bebas .. hahahahha… emoticon-Cool!. 
Namun sungguh miris kalau kita-kita berada di level pendapatan masih seadanya namun banyak gaya. Masih mengandalkan satu sumber pendapatan (misal gaji bulanan) dengan besaran lumrah, tapi bergaya hidup mewah. Kalau kita selalu berkutat dalam kondisi ini, bagaimana dengan waktu mendatang atau masa tua nanti?

Masa Tua Auto Sengsara?

Biar lebih maknyus kita kasih contoh real aja yuk Gan…!. Sebagai contoh saja kamu hidup sekarang ini di tanah rantau, dengan gaji bulanan sekian juta. Satu sumber pendapatan ini dipotong untuk bayar kos, kirim orangtua, dan bea operasional setiap hari selama 30 hari ke depan. Ternyata kamu memiliki kebiasaan nongkrong, hangout sepulang kerja dengan satu (1) kali nongkrong menghabiskan 50 - 100 ribu. Asumsikan kalau dalam seminggu kamu hangout 3 kali, maka dalam sebulan pengeluaran hangout menjadi 600 ribu - 1,2 juta. Pola hidup seperti ini dijalankan bertahun-tahun, dan silahkan hitung sendiri berapa budget yang sudah kamu keluarkan buat hangout. 
emoticon-Cool

Bayangkan, kalau uang tersebut disimpan atau dialokasikan ke hal lain, mungkin di kemudian hari akan sangat mendatangkan manfaat. Contoh lagi : budget sekitar 1.2 jutaan setiap bulan dan dikumpulkan akan jadi berapa tuh?. Belum lagi kalau Agan lebih memilih untuk dialokasikan hal lain seperti kredit rumah, modal usaha, atau invest di bidang lain?. Mungkin budget awalnya terbuang percuma tersebut pada kemudian hari akan menjadi penolong, dan bahkan akan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi kita. 

Terlepas pendapatan kita besar atau kecil, memang penting untuk mengatur cash flow  demi mikirin masa yang akan datang. Kalau ada aset, simpanan (tabungan), atau usaha.. setidaknya di kemudian hari bisa sedikit lebih tenang karena bisa pegangan untuk hari tua, ketimbang tak ada sama sekali emoticon-Mewek. Syukur-syukur sih gan meskipun kita masih muda, tapi aset udah di mana-mana, betul ga GanSis?. 

Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?


Gimana nih pendapat Kaskuser soal pendapatan biasa-biasa aja tapi gaya hidup luar biasa?. Apakah akan lebih baik kalau berapa persen dari pendapatan kita invest ke hal lain, misal pilih instrumen investasi seperti emas & berlian, reksadana, deposito, properti, valas, atau…. mending ditabung aja?. 

Mumpung kita lagi di Forum Bisnis nih gan, Kuy.. obrolin dimari, dan share pengalaman kalian bagaimana sih cara investasi meski gaji biasa-biasa aja, lalu apakah benar investasi ga bikin masa tua auto sengsara?
Ane Tunggu Komentarnya Gan...




Diubah oleh JulidHati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 19:06
Jgan banyak jajan diluar buat cowok
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 19:31
makannya gue gak demen klo diajak makan ke mol, karena harganya mahal2 ANJINX!!! satu porsi bisa kebeli 3 - 10bungkus batagor... temen2 gue rata2 emang jiwanya pada hedon. makan siang ke cafe/mol ngerumpi gak jelas sana sini lah gue cari warteg pesen nasi kikil sayur toge sm air hangatemoticon-Ngakak sumpah kerja di lingkungan hedon emang bikin lo tergoda mengikuti gaya hidup mereka.. untungnya gue masih tetep di jalur pemikiran MENDANG MENDING walaupun gaji sih sebenarnya emang mendukung buat makan di mol.. ah persetan lah gaya hidup mereka.. sori curcol ganemoticon-Big Grin
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 19:47
Saya nggak pernah berpikir hidup sampai tua. Kalo nanti saya mewarisi harta ortu, saya mau keliling dunia lalu kalo duwit udah habis, ingin lompat dari pesawat terbang emoticon-Cool
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 19:47
Muda hura-hura, tua kaya raya, mati masuk neraka emoticon-Belgia
Diubah oleh madjezzt
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 20:50
Gak usah nunggu tua sih kalo menurut ane. Kalo gak bisa ngatur keuangan dan manage gaya hidup, bisa besar pasak daripada tiang akhirnya terlilit utang deh
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 21:01
Yang penting sih porsinya pas , pelit sama diri sendiri juga ga bagus kalo buat ane gan,

1. Anak-anak sampe remaja, waktu banyak, tenaga banyak, duit dikit.
2. Dewasa duit banyak, tenaga banyak, waktu dikit.
3. Tua, duit banyak, waktu banyak, tenaga dikit.

profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
1 0
1
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
05-06-2021 22:18
Malesin emng punya temen kek gini karyawan bergaya sultan apalagi ampe ngutang taeee
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 00:03
investasi ane sampe saat ini tiap ada insentif cair ane beli emas LM, dan sebidang tanah lumayan lah satu rantai aja. tapi emas rutin tiap 3 bulan sekali beli 5 gr sampe 7 gram. itu diluar gaji bulanan ya.
profile-picture
profile-picture
baban77 dan shoyusushi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 01:15
kalo ane sih soal konsumtif punya prinsip : penuhi smuanya dulu nanti diUpgrade...misalnya ane suka gadget, ada hape n leptop...n pgn beli lepi yg yg pling bagus tpi dananya ngePas n cuma cukup 1 brg aj(lepi) ...tp i stelah dipikir2 ane gk butuh2 bgt yg sebagus itu...akhirnya ane bli yg dibawahnya tpi ttp mencukupi kbutuhan n jadi bisa memenuhi sektor yg lainnya(leptop &hp)...n bgitu smua barang udah terpenuhi tiap sektornya...tinggal ane Upgrade ke yg pling bagus tanpa perpu takut sektor laen gk terpenuhi...gitu!!!


nyambung gk sih jawaban aneemoticon-Hammer (S)
Diubah oleh maskman13
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 01:25
betul sekali, harus bisa meminimalisir pengeluaran , jangan memaksaan apa yg ga kita mampu dan berujung boros
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 01:26
Udah coba hemat sampe sering dimarahin suruh beli pakaian baru emoticon-Peace
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 01:33
Menabung pangkalan kaya,.
Bekerja keraslah sampai tetangga mengira itu hasil pesugihan. Padahal hasil dari prihatin hidup kita untuk kehidupan kita di masa tua.
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 04:46
Gaya hidup gue apa ya.., gaya dada gaya punggung, gaya bebas , gaya kupu aja deh... . Dulu tiap hari pulang ngantor sore udah di kolam,
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 09:44
Ane banget ini. Tapi enjoy aja bentar lagi ekonomi kolaps wkwkwk mending stok barang barang buat barter
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 12:00
wah parah sih kalau gini, lambat laun kayaknya bakalan terlilit banyak masalah kalau gak segera berubah gaya hidupnya, karena kalau menuruti gengsi dan ke'AKU'an gak bakalan habis dah emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 12:40
Mending ditabung dah daripada gaya hidup gak sesuai dengan pemasukan.
0 0
0
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 14:05
yaa memang itu sih kendala terbesarnya, dan apa lg sekarang, anak muda makin konsumtif dengan segala kemudahan
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 15:14
intinya sering2 liat ke bawah. di umur 20 ke atas mesti melek finansial, tapi lebih cepet lebih baik walaupun pas kuliah duitnya masih orang tua ada baiknya di tabung. tapi susah banget ngalahin ego dan lingkungan yg dimana umur2 segitu pada nyari jatin diri dan lingkungan temen2 seumurannya masih doyan hedon.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 20:19
Ya boleh kasih reward diri sendiri tapi ya ngerti juga kondisi keuangan. Apalagi kalau gaya hidup yg semaunya tetep tak berunah sedangkan pendapatan seadanya
profile-picture
kikin24 memberi reputasi
1 0
1
Pendapatan Seadanya Tapi Gaya Hidup Semaunya, Masa Tua Auto Sengsara?
06-06-2021 20:35
Jgn sampe ya.. jgn lupa investasi dan nabung yee
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia