• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Inovasi Seorang Pria Buat Bungkus Bumbu Mie dengan Edible Film, Manfaatnya?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Viral Inovasi Seorang Pria Buat Bungkus Bumbu Mie dengan Edible Film, Manfaatnya?
Muncul inovasi baru bungkus bumbu mie instan ramah lingkungan, bisa dicoba di masa depan


Plastik, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing dengan benda yang satu ini.
Sering kali kita temui atau pakai di dalam kehidupan sehari-hari, entah sebagai alat bantu, produk pakai, atau sebagai bungkus suatu barang.

Memang kehadiran plastik sendiri tidak pernah dapat terlepas dari kehidupan masyarakat kita GanSis, apa lagi melihat masyarakat semakin hari semakin konsumtif dengan membeli produk-produk instan yang juga tidak terlepas dari plastik.

Saking seringnya digunakan alat-alat berbahan dasar plastik, saat ini plastik juga menjadi salah satu masalah yang sulit untuk diselesaikan GanSis. Melihat memang plastik sendiri adalah benda yang sulit terurai dan hanya akan dapat diurai oleh tanah secara alami dengan masa puluhan tahun, maka munculah masalah penumpukan sampah plastik yang benar-benar memiliki dampak buruk terhadap lingkungan.

Dapat dikatakan plastik sangat bermanfaat di dalam kehidupan manusia ya GanSis, namun karena manusianya yang kurang pandai dalam mengontrol penggunaan plastik dampak negatif dari menumpuknya plastik bekas pun juga lebih cepat dirasakan.


sumber gambar

Sampah plastik dari hasil rumah tangga atau pun produksi usaha kian hari terus menumpuk.
Tempat pembuangan sampah umum pun tidak lagi dapat menampung sampah dan memaksa masyarakat untuk membuang sampah di selokan, sungai, atau tempat-tempat lain yang seharusnya tidak dijadikan sebagai tempat sampah.
Itulah sebabnya saat ini banyak muncul produk-produk pengganti plastik atau himbauan pengurangan penggunaan plastik dari pemerintah untuk mencegah penumpukan sampah plastik semakin tinggi.

Salah satu inovasi pengurangan penggunaan plastik dengan menggantikannya dengan bahan lain pun terpikirkan oleh seorang konten kreator yang tengah viral di media sosial.

Beredar sebuah video pendek seorang pemuda yang membagikan inovasinya mengganti plastik pembungkus bumbu mie instan dengan menggunakan "Edible film" , lapisan tipis yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan namun bisa ijut dikonsumsi karena terbuat dari bahan pati ubi kayu dengan kandungan amilosa, vitamin, mineral, antioksidan, dan juga anti mikroba. Salah satu produk makanan yang biasanya menggunakan edible film adalah sosis, permen, atau buah-buahan segar.




Inovasi dari pemuda ini pun menuai banyak pujian dari warganet karena memang inovasinya ini benar-benar sangat menarik karena dapat menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan sampah yang berlebih.

Terlebih di dalam video yang dibagikannya terlihat bahwa bumbu mie yang telah dimasukan ke dalam edible film dapat larut saat dituang air panas dan bisa dikonsumsi langsung, selain praktis pastinya lebih ramah lingkungan dan sehat.


Spoiler for Bungkus Bumbu Mie :


Ane pribadi sangat mengapresiasi inovasi dari pemuda konten kreator tersebut GanSis.
Sebab inovasi yang diciptakannya tersebut sangat bermanfaat dan membantu untuk mengurangi penggunaan plastik yang seperti ketahui mempunyai dampak negatif tinggi.

Mungkin jika inovasi ini dapat dikembangkan secara besar, penggunaan plastik untuk barang-barang atau kemasan sekali pakai dapat berkurang dan pencemaran lingkungan akibat limbah plastik pun dapat dicegah.

Semoga saja inovasi dari konten kreator dengan akun Instagram @ilmumakanan ini bisa dikembangkan oleh dinas terkait penanganan sampah plastik atau produsen-produsen makanan agar masalah sampah plastik di Indonesia tidak semakin membuat kita semua khawatir GanSis.




Oke itulah tadi GanSis seputar informasi yang tengah hangat diperbincangkan oleh warganet.
Mudah-mudahan menambah wawasan kita semua dan bermanfaat untuk kebaikan pastinya.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 29-05-2021 22:32
aygilagility
nofivinovie
franssinaga
franssinaga dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.