selldomba
TS
selldomba
Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 turun dari kuartal sebelumnya
Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 turun dari kuartal sebelumnya, ini penjelasan BPS
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi perekonomian domestik pada kuartal I-2021 masih negatif, baik itu dibandingkan dengan kuartal I-2020 maupun kuartal IV-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi di tiga bulan pertama tahun ini minus 0,74% yoy, dan per kuartalan tercatat minus 0,96% qtq.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pelemahan ekonomi per kuartalan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor musiman. “Misalnya, ada perayaan Natal dan Tahun baru di kuartal IV, maka kuartal I jadi drop karnea tidak ada momen itu, lalu ada jumlah pajak yang dibayar dan jumlah pajak yang diterima pada kuartal I, subsidi, dan lain-lain,” jelas Suhariyanto, Rabu (5/5).


Baca Juga: BPS optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II positif, ini pertimbangannya

Suhariyanto lalu menjabarkan beberapa yang mendorong kontraksi secara kuartalan pada kuartal I-2021. Kontrakasi terjadi pada hampir semua komponen, dengan kontraksi terdalam pada konsumsi pemerintah sebesar 43,35% qtq.

Kemudian, diikuti dengan komponen LNPRT sebesar minus 4,62% qtq dan komponen pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 2,21% qtq dan Komponen belanja rumah tangga yang minus 0,58% qtq. Namun, masih ada komponen yang mengalami pertumbuhan positif, yaitu ekspor barang dan jasa yang berhasil tumbuh 7,83% qtq dan impor barang dan jasa tumbuh 6,47% qtq.

https://nasional.kontan.co.id/news/p...penjelasan-bps

Pantesan ujug2 rame audit abal2 duit bantuan Palestina... Rupanya untuk mengalihkan isu ekonomi meroket ke Palung Mariana ya

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
nomorelieskalex46scorpiolama
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3
572
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.