• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Unsur LGBTQ Bakal Muncul Di Film Marvel ? Kenapa Marvel Melakukan Itu ?

claymiteAvatar border
TS
claymite
Unsur LGBTQ Bakal Muncul Di Film Marvel ? Kenapa Marvel Melakukan Itu ?




Mayoritas dari kalian pasti pernah menonton film Marvel bukan ? Di era millenial ini, dengan generasi millenial-nya, Marvel Cinematic Universemenjelma menjadi salah satu film superhero favorit mayoritas masyarakat didunia. Bahkan, baru - baru ini, MCU baru saja merilis 20 film-nya dalam format IMAX yang di-release di beberapa negara, hal ini adalah untuk merayakan Anniversary-nya ( hari jadi ) yang ke - 10 tahun.

Kerja sama yang sehat antara Marvel dan Disney dalam 10 tahun membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Marvel Cinematic Universe telah melahirkan banyak film - film blockbuster yang mudah disukai oleh general viewers, dan menciptakan fans garis keras-nya tersendiri. Tapi, dibalik kebahagiaan yang sedang mendatangi MCU, muncul perasaan was - was sekaligus ancaman bagi para general viewers dan Marvel fanboy. Apakah itu ? Yaitu ... Ehem, kalian sudah bisa menebak-nya lah sesuai dengan isi judul diatas. Yup, apalagi kalau bukan unsur LGBTQ yang bakal menjadi masa depan Marvel Cinematic Universe.


Playlist : “When are we getting a Gay, Bi, LGBTQ, out character in the MCU?  Is it even in the works?”
Feige : “Yes.”
The Playlist : “That’s the answer?”
Feige : “Yeah, that’s the answer.”
The Playlist : “It’s not someone we’ve seen yet, I’m guessing?”
Feige : “Both.”
The Playlist : “Both?”
Feige :“Both ones you’ve seen and ones you haven’t seen.”




Kevin Feige, selaku Presiden dari Marvel Studios saat diwawancarai oleh The Playlist mengkonfirmasi bahwa Marvel Studios akan bersedia untuk menggarap karakter LGBTQ di film selanjutnya. Feige sendiri mengatakan bahwa akan ada dua karakter LGBTQ yang bakal dimunculkan di film MCU ini, satu-nya merupakan karakter yang familiar dan sudah pernah dilihat sebelumnya, satu karakter lagi merupakan karakter yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Seperti kata Feige :

"Both one you've seen and both ones you haven't sees"

Yup, Marvel Cinematic Universe akan menampilkan karakter LGBTQ di film yang akan mendatang. Ini bagaikan pisau bermata dua. Tampaknya, ini merupakan sebuah hal yang sedikit mengancam bagi para fans Marvel, terutama fans yang tersebar di wilayah Asia yang menganggap itu merupakan sebuah hal yang taboo.

Sebelumnya, Marvel Cinematic Universe memang sedang dilanda kasus dengan sutradara Guardians of The Galaxy, yaitu James Gunn yang terlibat kasus cuitan pedofillia.



Bahkan, beberapa fans asli Marvel pun sampai mengancam mau mem - boikot jika Disney masih mempertahankan sutradara James Gunn. Karena itu merupakan hal yang sangat serius sekali, mengingat Disney merupakan salah satu studios yang disukai anak - anak. Berikut salah satu pengakuan dari fans Marvel yang berapi - api ketika mengetahui James Gunn bercuit brutal tentang pedofillia di Twitter.

Spoiler for Liteone, salah satu fans Marvel yang mengancam akan memboikot Disney:


Selain hal itu, ada juga beberapa allegori yang menjerumus pedofillia yang ternyata baru kita sadari. Lihat spoiler dibawah ini untuk mengiprentasikan beberapa adegan dalam Guardians of The Galaxy yang menjerumus ke pedofillia.

Spoiler for Allegori dibalik film Guardians of The Galaxy:


Itulah yang disebut allegori, yaitu kiasan atau gambaran untuk menutupi motivasi sebenarnya si pembuat kiasan. Agak sedikit berbahaya juga sih beberapa scene implisit dalam film Guardians of The Galaxy tersebut.

Balik lagi ke pembahasan sebelumnya, yaitu LGBTQ yang bakal menjadi masa depan bagi Marvel Studios. Kevin Feige mengatakan bahwa akan ada dua karakter yang akan menjadi bagian dari LGBTQ, dan dia mengatakan bahwa satu karakter merupakan karakter yang familiar, satu karakter lagi merupakan karakter yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Hmm ... Kalian punya tebakan atau analisis ? Atau teori untuk mencoba menebak dan mengetahui siapa karakter yang dimaksud oleh Kevin Feige ? Disini saya coba nge - breakdown satu persatu ya ... Mari simak !





Valkyrie

Pertama, saya akan membahas karakter perempuan yang baru muncul di film Thor Ragnarok, yaitu Valkyrie. Karakter perempuan ini memang sudah menunjukkan karakter seorang Bisexual. Bahkan sang aktris, Tessa Thompson juga merupakan seorang bisexual di dunia nyata. Bahkan ada satu cut scene yang menunjukkan Valkyrie merupakan sosok bisexual.



Yup ! Valkyrie merupakan karakter LGBTQ di Marvel Cinematic Universe pertama yang ditampilkan dalam layar lebar. Bahkan di komiknya, Valkyrie merupakan sosok lesbian. Dalam wawancara-nya bersama Rolling Stones, Tessa Thompson mengatakan bahwa ia tertarik memerankan Valkyrie karena Taika Waititi (sutradara Thor Ragnarok) memberitahu kepadanya bahwa Valkyrie merupakan bisexual. Sebelumnya, Waititi setuju memasukkan unsur adegan bisexual ke dalam film itu ; dimana adegan tersebut menampilkan sosok wanita yang meninggalkan kamar tidur Valkyrie. Tetapi, Taika memutuskan untuk memotong adegan tersebut karena dinilai terlalu eksplisit.








Lantas, Tessa Thompson pun kecewa akan hal ini, dan mungkin ini alasan mengapa karakter Valkyrie tidak ditampilkan dalam film Infinity War( masuk akal karena Tessa selaku aktris terlanjur kecewa ). Tapi, hal itu bukan berarti Valkyrie tidak akan ditampilkan dalam film MCU selanjutnya. Banyak misteri di film MCU ini dan selalu ada banyak kejutan, karakter penting lainnya seperti Lady Sif, Nakia, Ibunda T'Challa bahkan sama sekali tidak dimunculkan dalam film ini. So, masih ada peluang bahwa Valkyrie masih bisa dimunculkan di film selanjutnya. Apalagi Joe Russo (sutradara Infinity War) telah mengkonfirmasi bahwa Valkyrie masih hidup lewat sesi tanya jawab, ia mengatakan Valkyrie escaped the ship in a pod, dan mungkin inilah salah satu karakter LGBTQ yang dimaksud Feige.







HULKIN AND WICCAN

Hah ? Apaan ? Siapa tuh ? Pasti banyak orang yang belum kenal sama duo ini. Perkenalkan, dia adalah sepasang kekasih satu gender di komik Marvel, yaitu Hulkin and Wiccan. Dan mereka berdua merupakan anggota Young Avengers. Tunggu, Young Avengers kan belum ada ? Masa bisa masuk ? Oke, nih saya breakdown dulu satu per satu. Dikabarkan, Emma Furhman bergabung di cast untuk film Avengers 4 dan akan memerankan Cassie Lang remaja. Kalian yang sebelumnya udah pernah nonton Ant - Man and The Wasp pasti tahu dong karakter gadis cilik memorable satu ini. Sebelumnya, di film Ant - Man and The Wasp dia merupakan sosok gadis cilik, tapi di film Avengers 4 yang bakal tayang ini, dia bakal menjadi versi remaja dan akan memimpin sekaligus membuka portal bagi Young Avengers.



Nah, inilah kemungkinan hadirnya beberapa Young Avengers lainnya, termasuk Hulkin dan Wiccan yang bakal muncul di film Marvel Cinematic Universe. Mayoritas yang ngebaca ini pasti agak sedikit bingung sekaligus syok ya ? Kenapa tiba - tiba Cassie Lang jadi remaja ? Yaa namanya juga Marvel, hehe. Bukan Marvel namanya kalau gak nyimpen misteri, kita tunggu saja, mungkin bakal ada Time Skipping atau Time Travelling di film Avengers 4 nanti.





CAPTAIN MARVEL

Captain Marvel LGBTQ ? No in the comics, but in the upcoming films ? Might as well. Captain Marvel alias Carol Danvers bakal diperankan oleh Aktris yang sudah terbukti kualitas-nya lewat piala Oscar, yaitu Brie Larsson. Dan ada beberapa hal yang bisa saja MCU membuat Captain Marvel menjadi seorang lesbian, yaitu karena desakan SJW ( Social Justice Warrior ). Karena Captain Marvel versi SJW terkenal sekali, dan juga bisa jadi mengambil referensi Feige untuk menjadikan LGBTQ karakter yang akan mendatang.



Captain Marvel di komik-nya memang tidak menampilkan sesuatu yang berhubungan dengan orientasi sex Heterosexual, tapi, bukan berarti itu tidak akan dimunculkan dalam film selanjutnya. Kita tahu bahwa MCU memang senang merubah jalan cerita yang berseberangan dengan komik-nya. Sebut saja ; Civil War yang di komik dimenangkan oleh Iron Man nyatanya berbeda dengan versi film—Hela yang dikomiknya merupakan anak Loki, nyatanya berbanding 360° dengan versi filmnya—Thanos yang di komik motivasi-nya untuk mendapatkan cinta Ms. Death, nyatanya berbalik jauh dengan versi filmnya. Semuanya bisa berbeda, inilah MCU, dan kemungkinan menjadikan Captain Marvel seorang Heterosexual itu sangat mungkin.





STEVE ROGERS

What !? Captain America ? Yup, Inilah kandidat yang lumayan kuat untuk karakter yang bakal digamblangkan secara jelas love interest-nya di film MCU. Mungkin agak kaget juga ya Steve Rogers aka Captain America aka Nomad bisa menyimpang orientasi sexual-nya, padahal yang selama ini kita lihat orientasi sexual-nya straight. Jadi, Steve dan Bucky ( Winter Soldier / White Wolf ) merupakan sepasang yang sering digambarkan sebagai pasangan. Mengapa bisa begitu ? Padahal kita lihat di film - film sebelumnya duo ini hanya sekedar bromance saja, dan Steve Rogers kan punya love interest-nya tersendiri di beberapa film sebelumnya ? Oke, saya breakdown dibawah.

Spoiler for Petisi Captain America untuk menjadi Gay:


Diatas, sudah ada petisi fans MCU, bahwa sebagian fans MCU ingin Captain America dijadikan gay. Mengapa bisa begitu ? Kan itu baru petisi ? Kalo itu petisi berarti selama ini bisa kita simpulkan kalo Captain America itu straightdong !? Gini, pernah dengar pepatah "tidak ada api kalau tidak ada asap" ? Yang berarti tiap segala sesuatu pasti ada asal mulanya ...








Coba tonton ulang deh trilogy Captain America. Ngerasa ada yang janggal gak ? Atau keasyikan dengan action-nya sehingga gak sadar kalau banyak scene implisittentang keharmonisan Bucky and Steve. Steve di masa lalu terkenal suka dibully, dan Bucky selalu menolongnya—di poin ini, saya jadi ingat film biopik Alan Turning berjudul Imitation Game yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch ; dimana terjadi twist di akhir film dimana ternyata Alan Turning merupakan seorang gay dan mencintai teman-nya yang sering menolongnya saat ia dibully.



Dari kesimpulan diatas, kita sudah bisa melihat big pictures - nya kenapa Cap bisa saja menjadi gay. Kedua, banyak viewers yang bingung perihal Bucky dan Cap ini gay, dikarenakan Cap sudah punya Peggy Carter ( mantan yang meninggal ), dan di Civil War dia terlihat mencium Sharon Carter ( yang merupakan keponakan dari Peggy ) ; lagi - lagi, perihal itu, saya jadi mengingat film Imitation Game yang dibintangi Cumberbatch—dimana sepanjang film kita yakin bahwa Alan Turning menyukai Joan, tapi ternyata di ending kita jadi mengetahui bahwa selama ini Alan mempunyai kelainan orientasi sexual. Disini, saya melihat bahwa itu bisa saja terjadi dalam kasus Cap bersama Bucky, dimana Peggy dan Sharon digambarkan secara eksplisit ( sama seperti Joan di Imitation Game ) untuk menutupi love interest sebenarnya dengan Bucky yang digambarkan secara implisit.



Banyak beberapa scene dalam trilogy Captain America yang menjurus kesana dan digambarkan dengan implisit, bisa kita lihat dalam berbagai dialog dan scene by scene-nya, untuk lebih jelasnya, saya bakal memposting hal tersebut ( dialog dan scene by scene implisit ) di pertamax, karena jumlah karakter di thread saya ini sudah limit.



MENGAPA MARVEL MELAKUKAN ITU ?

Nah, ini bagian yang kita tunggu - tunggu ... Kenapa Marvel Studios ingin melakukan itu ? Apa yang menyebabkan MCU memasukkan beberapa selipan yang menjerumus ke ranah LGBTQ ? Satu kata ; karena SJW. Nih, saya breakdown dulu tentang SJW ini. Mari lihat spoiler gambar dibawah ini.

Spoiler for Perbedaan SJW:


Disini kita bisa lihat perbedaan yang cukup jelas antara SJWdengan Social Activist. Harus dibedakan sebuah komunitas / aktivis yang mencoba memperjuangkan kesetaraan gender, penghapusan Diskriminasi lewat penggolongan ras, orientasi sex, dsb. Simple - nya, SJW itu merupakan versi ekstrimis dari pejuang Hak Asasi Manusia, sama seperti komunis dan NAZI yang merupakan versi ekstrimis dari Sosialisme.

Nah, kaum SJW ini gembar - gembor dan meminta bahwa unsur SJW agar segera dimasukkan ke dalam film - film Marvel, terutama MCU. Karena apa mereka melakukan itu ? Karena mereka melihat "celah" dalam film MCU, mereka melihat "flaw" yang bisa ditanamkan benih SJW-nya. Sebelumnya, SJW juga berhasil memasukkan unsur - unsur tersebut ke dalam film garapan Disney lainnya, yaitu film - film Star Wars seperti Han Solo : A Star Wars Story dan The Last Jedi, dimana film tersebut benar - benar secara gamblang menyiratkan unsur - unsur SJW, bahkan film Han Solo tersebut sudah dikontrol penuh oleh politik SJW dimana hampir mempengaruhi seluruh jalan cerita, termasuk main dialog.






emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Design, Illustration and Written by claymite

3
18.8K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.